BALITA JUGA PERLU BELAJAR BAHASA

Pintar berbahasa berarti pintar berkomunikasi. Hal ini perlu disadari oleh semua orang tua. Orang tua yang terjun di bidang kebahasaan tidak otomatis mempunyai anak yang mumpuni dalam berbahasa. Untuk itu, pembelajaran bahasa kepada anak sudah semestinya ditanamkan sejak dini sebab semakin dini anak diberikan pembelajaran tentang berbahasa dengan maka hasilnya akan semakin baik.
Secara genetik anak mempunyai alat perekam bahasa yang peka dan kuat. Namun, bila anak tidak mendapat input yang memadai untuk direkam oleh alat tersebut, tidak akan optimal pula kemampuan berbahasa anak tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai penentu keberhasilan anak belajar bahasa ;
• Komunikasi efektif. Tetap luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak, karena itu menjadi input yang sangat baik untuk perkembangan keterampilan berbahasa anak-anak.
• Cari pengasuh yang terampil berbahasa.
• Bila anda merasa kurang terampil berbahasa, carilah pasangan yang mempunyai kemampuan sebaliknya. Setidaknya, apabila salah satu orang tua memiliki bakat berbahasa yang kuat, besar kemungkinan bakat tersebut akan menurun pada anak-anak kita.
• Pemenuhan gizi untuk pembentukan kecerdasan anak. Anak cerdas akan dengan mudah memahami setiap input bahasa yang ia terima serta akan lebih mudah menerapkankannya dalam berkomunikasi.

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^