OBAT SULIT TIDUR

Sekujur badan terasa letih. Anda membaringkan diri di tempat tidur. Berbagai posisi berbaring tak ada yang terasa enak, sampai akhirnya anda bangkit duduk karena jengkel. “kalau bagini terus kapan saya bisa tidur?!”
Tenang. Anda tidak sendirian. Sebuah survey menunjukkan sekitar separyh dari orang yang berusia lima belas tahun ke atas pernah mengalami sulit tidur. Satu dari tiga orang AS berkali-kali mengalami sulit tidur, bahkan sekitar 15% menderita sulit tidur kronis.

Untuk mengatasi sulit tidur, ada beberapa langkah yang dapat anda coba :
• Pergi tidur hanya sudah mengantuk
• Jangan membawa masalah ke tempat tidur
• Jika merasa sulit tidur, bangunlah, pergi ke ruangan lain dan membacalah sampai anda mengantuk.
• Kalau anda masih juga belum bisa tidur, bangunlah Dari tempat tidur, tak peduli betapa pun larutnya
• Pasang alarm beker pada jam yang sama setiap pagi dan bangunlah jika mendengar beker berbunyi, tak peduli betapa sedikit tidur anda semalam.
• Jangan tidur siang.

Makan besar sebelum tidur membuat orang semakin sulit tidur.
Anehnya ada orang yang justru mudah tidur jika mendengar bunyi-bunyian tertentu. Dengan mendengarkan bunyi-bunyian tertentu mereka seolah-olah terhipnotis sampai jatuh tertidur..
Ada pula kemungkiana otot teganglah yang menyebabkan anda sulit tidur. Ada orang yang suka berolahraga sebelum pergi tidur, agar merea mudah tidur, tapi sebenarnya kegiatan fisik siang atau sore hari pun dapat membantu anda gampang tidur. Selain itu cobalah dengan sengaja mengendurkan semua otot, terutama otot rahang.
Bagaimanapun, anjuran yang terbaik adalah lupakan pil tidur. Yang satu ini hanya boleh digunakan bila sangat terpaksa dan tentunya harus di bawah pengawasan dokter.
Moteda yang anda pun mungkin sudah tahu adalah menghitung sambil membayangkan biri-biri seekor demi seekor di padang hijau yang luas. Memang membosankan, tapi konon ada benarnya juga. Lama-kelamaan anda terlelap. Selamat tidur….


(Apapun itu,,tetaplah berharap. Tak ada yang percuma untuk sebuah usaha yang telah dijalani dengan sungguh-sungguh).

1 komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^