Permen Karet Membasmi Karang Gigi?

Karang gigi itu lapisan yang menempel pada gigi dan terutama berisi bakteri. Karang gigi menyebabkan dua penyakit mulut yang utam : gangguan pada gusi dan gigi berlubang.
Bakteri karang gigi mengolah karbohidrat yang tertinggal di mulut setelah kita makan, terutama gula. Dalam kegiatannya, karang gigi ini mengeluarkan asam yang dapat menyebabkan melembeknya email gigi dan menyebabkan timbulnya lubang. Kira-kira sepuluh menit setelah kita makan yang manis-manis, tingkat keasamannnya sudah cukup untuk merusak email gigi.

Permen karet menetralkan asam yang menimbulkan karang gigi. Memang itu benar, kata konsultan yang meneliti kebenarannya. Tapi permen karet apa saja, asalkan tidak manis, juga akan memberikan efek yang sama, tambahnya.
Hal ini karena mengunyah itu merangsang produksi air liur. Dengan banyaknya air ludah, sisa-sisa makanan yang manis akan hanyut dan dibersihkan. Selain itu air ludah mengandung bahan-bahan kimia yang sifatnya menetralkan asam.

(Jangan pernah berhenti berharap karena dengan tetap berharap, sesuatu yang tadinya mustahil berubah jadi ‘tidak mustahil”. Kita hidup di dunia yang segala kemungkinan bisa saja terjadi).

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^