Bintang Pelajar

6 Bule Amerika Kunjungi MAN 1 (Model) Bandar Lampung

SABTU, 7 Februari 2009, sebuah acara talkshow bahasa Inggris yang sangat meriah digelar di MAN 1 Bandar Lampung. Acara ini diselenggarakan Master Conversation Course (MCC), sebuah lembaga pendidikan bahasa Inggris di madrasah itu.

Lembaga tersebut menitikberatkan penguasaan keterampilan speaking (berbicara) bagi para siswa dalam program pembelajarannya.

Acara dimulai tepat pukul 10.00, dibuka resmi H. Jamsari, Kepala MAN 1 (Model) Bandar Lampung.

Dalam kesempatan yang penuh dengan kegembiraan itu Pak Jam, sapaan akrab H. Jamsari, meminta para siswa MAN 1 Bandar Lampung bisa mengambil manfaat dari acara yang bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Kehadiran beberapa bule asal negeri pimpinan Barack Obama itu diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa menggunakan bahasa Inggris sehari-hari.

Selain itu, kata Pak Jam, untuk mendukung tercapainya tujuan MAN 1 Bandar Lampung yang sedang berbenah diri menuju madrasah nasional yang bertaraf internasional. Sekadar informasi, mulai tahun ajaran 2008--2009 MAN 1 (Model) Bandar Lampung telah membuka satu kelas rintisan madrasah bertaraf internasional.

Iis Sholihah S., Ketua MCC, mengatakan acara tersebut kegiatan rutin tahunan yang selalu ditunggu-tunggu dan talkshow yang sekarang merupakan ketiga kalinya.

Bu Iis, sapaan akrab wanita cantik berkacamata ini, menambahkan acara ini digelar untuk meningkatkan kemampuan para siswa MAN 1 Bandar Lampung dalam berbahasa Inggris yang sebenarnya sudah cukup baik untuk lebih meningkat lagi, dengan kata lain perlu sedikit sentuhan lagi.

Acara yang diselenggarakan di GSG (Gedung Serbaguna) MAN 1 Bandar Lampung itu dihadiri enam bule keren asal Amerika, yaitu Mr. dan Mrs. Mays sebagai pendamping dan Mr. Jamey, Mr. Mickey, Miss Vallery dan Miss Kimserly sebagai pembicara.

Dalam presentasinya, mereka berempat bercerita tentang diri dan pekerjaan masing-masing, juga memotivasi siswa untuk tak kenal lelah dalam berlatih menggunakan bahasa Inggris. Sebab, praktek adalah kunci sukses dalam belajar bahasa, practice makes perfect.

Yang paling menarik perhatian dalam acara itu adalah penampilan Miss Vallery yang dengan sangat memukau menunjukkan permainan biolanya kepada pada hadirin. Dia mengibaratkan belajar bahasa seperti halnya berlatih bermain biola.

Butuh latihan yang terus-menerus dan lama sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dia mengaku memerlukan waktu yang tidak sebentar alias bertahun-tahun untuk menghasilkan permainan biola yang begitu indah dan menyihir audiensi, begitupun dengan belajar bahasa, pesannya.

Miss Kimserly yang cantik menceritakan pengalamannya berkeliling dunia. Ia ingin merasakan sesuatu yang lain dari kehidupan sehari-harinya yang penuh dengan fasilitas dan kemudahan yang biasa ia rasakan. Ia ingin mengalami sensasi menjadi bolang (bocah petualang), ujarnya.

Ditanya apa misi yang diembannya mengunjungi berbagai negara di belahan dunia, si manis yang menempuh pendidikan tingginya di jurusan international bisnis itu menjelaskan misinya berkeliling dunia tak lain dan tak bukan untuk menolong/membantu sesama yang membutuhkan. Sungguh mulia cita-cita si pirang yang satu ini.

Para siswa menyambut positif kegiatan ini. Mereka merasa senang dapat bertemu dan berinteraksi langsung melalui tanya jawab dengan para bule keren itu.

Dapat berbicara langsung dengan para penutur asli bahasa Inggris yang memang untuk ukuran Lampung belum begitu mudah menjumpai bule yang berkeliaran dan bisa diajak berkomunikasi adalah suatu kebanggaan. Kegembiraan siswa bertambah-tambah manakala door prize dibagikan sebagai bentuk penghargaan bagi mereka yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan para native speakers itu.

Acara bertambah heboh ketika para siswa diberi kesempatan jeprat-jepret kamera, numpang mejeng dengan mereka. Sampai-sampai para bule kesulitan menghentikan request berfoto yang deras mengalir dari para siswa. "Pokoknya asyik deh," komentar anak-anak gaul bahasa Inggris itu.
sumber : Lampung Post

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^