Sabtu, 30 Oktober 2010

9 Matahari




“ Impianku… oh aku sudah memberikannya nyawa. Aku menghidupkannya dalam hari-hariku. Ketika membuka mataku saat mengawali hari, aku menyapanya. Seperti aku menyapa matahari. Ketika beraktivitas, aku biarkan dia menyelusup ke dalam hatiku, mengintip perasaanku, dan membiarkannya berteriak bahwa ia menungguku. Aku meletakkannya dalam takhta tertinggi di pikiranku. Mengalirkan lewat darahku. Membiarkan semua partikel dalam tubuhku merasakan sensasinya. Aku biarkan tanganku meraba sebentar seperti apa wujudnya. Merasakan setiap detail keindahannya. Aku biarkan hasratku berkembang pesat.
Tumbuh…tumbuh menjulang tinngi
Menyentuh langit, mendekati matahari
Impianku seperti pohon yang menjulang tinggi. Puncaknya menembus awan. Tapi akarnya menancap tanah. Aku membiarkan impianku itu tertanam jauh dalam hatiku. Ragaku ada di bumi, tapi kubiarkan jiwaku melesat, bersamanya jauh… kuikuti ke mana pun ia bermain.
Terbang…terbanglah melayang tinggi…
Seperti layang-layang yang diulur dan menari di atas sana
Kubiarkan dirimu meliuk dilihat semua mata…sampaikan bahwa aku ada ! “
9 Matahari : hal 39-40


Lalu, yang ini ada di halaman 296 :
“ Tar, semua orang pasti tahu angka sepuluh adalah angka tertinggi. Tapi buat gue, sembilan itu angka yang pas buat diri gue melambangkan betapa bernilai dan berharganya sesuatu itu buat gue. Angka itu berada di atas rata-rata, tapi masih menyisakan satu ruang untuk terus mencapai kesempurnaan. Angka 9 masih terus mencari perbaikan diri untuk menjadi 10. Itu yang akan membuatnya terus bergerak, melakukan hal yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dari bentuknya , angka 9 lebih menawan. Kalau lu perhatiin angka 8 itu membuat dua bulatan yang tertutup. Sementara angka 9, bagian atasnya membentuk sebuah lingkaran yang menurut gw itu adalah ruang pribadi bagi setiap orang. Seperti sebuah tempat untuk menyimpan keyakinan yang tidak akan terganggu. Sementara buntut di bawahnya adalah ruang terbuka, tempat orang itu bisa terus mengasah dirinya untuk menerima wawasan dan pengetahuan baru, serta akhirnya membuat dirinya terus menerus termotivasi untuk bisa lebih baik lagi. Dan, sembilan itu adalah nilai buat seorang yang terus membawa impiannya dengan semangat matahari,.... “


Ya, itu merupakan dua kutipan yang ada dalam novel luar biasa ini. Saat membaca novel ini, banyak sekali hikmah yang dapat dipetik. Salah satunya adalah tentang proses manusia menuju kesempurnaanya yang dilambangkan dengan angka 9. Sungguh memberdayakan diri saat membaca kalimat-kalimat itu. Semoga semangat yang ada dalam kalimat-kalimat itu dapat kita unggah dalam kehidupan sehari-hari.
Novel ini mencoba menceritakan perjalanan seseorang mencari impiannya. Mengajak kita untuk terus bersemangat dalam menggapai cita-cita jika ingin sukses.


Penulis : Adenita
Penerbit : Grasindo
Tebal : xiv + 360 hal
Kategori : Novel

"Keberhasilan bagi setiap orang adalah dirinya sendiri, seberapa besar usahanya menuju sukses.
Kehancuran bagi setiap orang adalah dirinya sendiri, seberapa dalam dia menapaki jalan yang nyata salah baginya.
Kekalahan bagi setiap orang adalah dirinya sendiri, terhentikah langkahnya setelah terantuk kerikil yang sejatinya penghantar pada tapakan yang lebih tinggi.
Obat bagi setiap orang adalah dirinya sendiri, seberapa besar keinginannya untuk mendapatkan sembuh."

 


Hidup "Anugerah dan Masalah"


Hidup adalah anugerah sedang jalan hidup itu pilihan.


Hidup adalah hidup,, dimana ada berbagai gejolak yang mengiringinya.

Hidup adalah masalah,, :D
yahh karena apa-pun yang kita lewati setiap hari tidaklah statis, tidak semua hal yang kita inginkan bisa kita dapatkan.


Hidup adalah masalah,,
yupsS karena hidup tanpa masalah itu bukanlah hidup.
Ga mau ada masalah...?? Ga usah hidup aja..  :mrgreen:


Masalah adalah anugerah..
hmmm... karena dengan masalah kita akan terbiasa menghadapi masalah, terbiasa menghadapi masalah berarti banyak juga hal yang dapat kita lakukan.


Masalah adalah anugerah...
Karena dengan masalah kita dapat melangkah, menapakkan kaki pada pijakan yang lebih tinggi.


Masalah adalah Cinta...
iyaaa...
Dengan masalah Allah menunjukkan Cinta-Nya pada qt.


Analisanya:
UjianNya berhubungan dengan sahabat,..
disana teruji ketulusan, benar ga sehh qm peduli+sayang+pokok'e semua yeng berhubungan ma persahabatan dehh.


Kehilangan anggota keluarga...
Dia ingin mengingatkan kita bahwa hidup tidaklah selamanya. Ketika Anggota keluarga kita "dipanggil", katakanLah AYAH qt yang dipanggil. Saat itu yang terpikir adalah bahwa kita kehilangan seorang kepala keluarga,tumpuan keluarga. AyahLah si pencari nafkah. Dan pada saat seperti itu pulalah Allah ingin menyadarkan qt, Bahwa semua makhlukNya ada digenggaman. Bahwa Rejeki itu Dia yang mengaturnya.


Kehilangan Barang berharga/barang kesayangan...
Katakanlah kehilangan HP (Pengalaman Pribadi nehh,,huhhuu ^_^).
Dimana ada qt disana ada si dia/HP.. sedih bangett dehh wkt dia dah ga ada.
Disini qt diingatkan tentang kewaspadaan/kehati-hatian/jangan ceroboh.


Kehilangan kesehatan...
Allah berikan cintanya melalui sakit, Dengan sakit kesabaran dan Ikhlas qt diuji. Ketika qt ikhlas dan sabar maka sungguh besar ganjaran cinta-Nya untuk qt.


Bermasalah dengan usaha/pekerjaan...
Bisa dari manajemen...bisa jg dari Lain-lainnya.
Allah mengingatkan qt untuk saling berbagi,Rejeki qt rejeki mereka juga. Cinta-Nya akan melimpah jika qt mau berbagi...
Iya ga....?? ^_^he


SEKARANG....Lupakan semua itu, kunci utamanya IKHLAS.....
Bangkitkan semangat mu,Refresh otak n refresh semangat yuks..




  1. Ambil posisi yang menurut mu nyaman.

  2. pejamkan mata lalu tarik nafas perlahan-lahan

  3. perlahan-lahan, sambil BAYANGKAN bahwa masalah itu qm tarik bersama tarikan nafasmu perlahan dari ujung jari kaki, seluruh tubuh hingga ke kepala. Tarik semua masalah dan berbagai kepenatan mu (Apapun itu), lalu tahan di kerongkongan..
    (bukan di hidung yahh,klw dihidung itu mahh namanya dah dihembuskan alias ga nahan nafas lagi.. ;)

  4. Tahan sesaat Lalu hembuskan dengan penuh perasaan (whahhaa,.. bahasa mu nakk).
    BAYANGKAN bahwa semua masalah itu sudah kamu BUANG bersama hembusan nafas mu.

  5. Ulangi sampai beberapa kali, makin sering lebih baik.


Kuncinya Gunakan KEKUATAN PIKIRAN.

"Mudah-mudahan Manfaat yahh" :)

Hidup "Anugerah dan Masalah"


Hidup adalah anugerah sedang jalan hidup itu pilihan.


Hidup adalah hidup,, dimana ada berbagai gejolak yang mengiringinya.

Hidup adalah masalah,, :D
yahh karena apa-pun yang kita lewati setiap hari tidaklah statis, tidak semua hal yang kita inginkan bisa kita dapatkan.


Hidup adalah masalah,,
yupsS karena hidup tanpa masalah itu bukanlah hidup.
Ga mau ada masalah...?? Ga usah hidup aja..  :mrgreen:


Masalah adalah anugerah..
hmmm... karena dengan masalah kita akan terbiasa menghadapi masalah, terbiasa menghadapi masalah berarti banyak juga hal yang dapat kita lakukan.


Masalah adalah anugerah...
Karena dengan masalah kita dapat melangkah, menapakkan kaki pada pijakan yang lebih tinggi.


Masalah adalah Cinta...
iyaaa...
Dengan masalah Allah menunjukkan Cinta-Nya pada qt.


Analisanya:
UjianNya berhubungan dengan sahabat,..
disana teruji ketulusan, benar ga sehh qm peduli+sayang+pokok'e semua yeng berhubungan ma persahabatan dehh.


Kehilangan anggota keluarga...
Dia ingin mengingatkan kita bahwa hidup tidaklah selamanya. Ketika Anggota keluarga kita "dipanggil", katakanLah AYAH qt yang dipanggil. Saat itu yang terpikir adalah bahwa kita kehilangan seorang kepala keluarga,tumpuan keluarga. AyahLah si pencari nafkah. Dan pada saat seperti itu pulalah Allah ingin menyadarkan qt, Bahwa semua makhlukNya ada digenggaman. Bahwa Rejeki itu Dia yang mengaturnya.


Kehilangan Barang berharga/barang kesayangan...
Katakanlah kehilangan HP (Pengalaman Pribadi nehh,,huhhuu ^_^).
Dimana ada qt disana ada si dia/HP.. sedih bangett dehh wkt dia dah ga ada.
Disini qt diingatkan tentang kewaspadaan/kehati-hatian/jangan ceroboh.


Kehilangan kesehatan...
Allah berikan cintanya melalui sakit, Dengan sakit kesabaran dan Ikhlas qt diuji. Ketika qt ikhlas dan sabar maka sungguh besar ganjaran cinta-Nya untuk qt.


Bermasalah dengan usaha/pekerjaan...
Bisa dari manajemen...bisa jg dari Lain-lainnya.
Allah mengingatkan qt untuk saling berbagi,Rejeki qt rejeki mereka juga. Cinta-Nya akan melimpah jika qt mau berbagi...
Iya ga....?? ^_^he


SEKARANG....Lupakan semua itu, kunci utamanya IKHLAS.....
Bangkitkan semangat mu,Refresh otak n refresh semangat yuks..




  1. Ambil posisi yang menurut mu nyaman.

  2. pejamkan mata lalu tarik nafas perlahan-lahan

  3. perlahan-lahan, sambil BAYANGKAN bahwa masalah itu qm tarik bersama tarikan nafasmu perlahan dari ujung jari kaki, seluruh tubuh hingga ke kepala. Tarik semua masalah dan berbagai kepenatan mu (Apapun itu), lalu tahan di kerongkongan..
    (bukan di hidung yahh,klw dihidung itu mahh namanya dah dihembuskan alias ga nahan nafas lagi.. ;)

  4. Tahan sesaat Lalu hembuskan dengan penuh perasaan (whahhaa,.. bahasa mu nakk).
    BAYANGKAN bahwa semua masalah itu sudah kamu BUANG bersama hembusan nafas mu.

  5. Ulangi sampai beberapa kali, makin sering lebih baik.


Kuncinya Gunakan KEKUATAN PIKIRAN.

"Mudah-mudahan Manfaat yahh" :)

Ayahku Taqdirku


Tiba-tiba aku rindu,, dan aku selalu rindu



Aku rindu…


Pada lelaki yang memberikan cintanya dalam bahasa yang kadang tak kumengerti. Bukan dengan ungkapan sayang bersayap retorika. Bukan dengan belaian mesra dan air mata cinta seperti yang ibu berikan. Sulit sekali kuungkapkan. Tapi sangat bisa kurasakan. Sederhana, namun dalam.
Mungkin karena aku perempuan. Bahasa cinta kami boleh berbeda. Tapi cinta tetaplah cinta, karena ia mengalir....


Aku pun kembali rindu…

Pada senyum tulus yang membelah kerutan di wajahnya. Pada kesederhanaan di balik wajah tua miliknya, di mana aku merasa nyaman bersembunyi di dalam mata teduhnya. Pada parau suaranya yang bijaksana,.
Aku tak pernah tahu bagaimana perasaannya ketika melihatku lahir ke dunia, kapan pertama kali ia menggendongku, hingga waktu terus berlalu, dan aku mulai bersekolah, bermain bersama teman-temanku, hingga kemudian aku sudah mulai bisa membantah, dan perlahan hanya sedikit waktuku untuknya .


Masih terselip rinduku di sana..

Pada dinding-dinding rumah yang merekam semua cerita kita.
Pada sinar mentari pagi yang mengajarkan kesetiaan.
Pada kicau burung yang menitip pesan untuk terus bergerak melawan hari.
Hingga embunpun rela mengalah demi jenak-jenak keringat yang menitikkan arti sebuah tanggung jawab.
Bagaimana mungkin aku menggadaikan semua kenangan itu demi suatu kesemuan dan ketidakpastian? Atas nama keegoan…


Hanya sebuah keinginan untuk meluahkan kenangan ini ke dalam kata-kata, menyimpannya dengan baik dalam sel memori, mendekapnya erat dalam ingatan, agar ia jauh sejauh-jauhnya dari lupa,Cukup hanya jasad mu yang terenggut dalam ketiadaan. Dan biarlah rindu ini menjadi salah satu tujuan ku. Sebuah rindu yang dijejali dengan perasaan penuh salah..




Bagi ku dia ayah terbaik di muka Bumi ini. Karena Dialah ayah yang Engkau taqdirkan bagiku, bagi kakakku dan adik ku. Bahkan ketika dia telah tiada dia tetap hidup dalam khayal ku. Aku ingin dia tetap ada, tapi engkau telah meniadakannya dalam kerapuhan ku.


Tempatkanlah dia disebaik-baik tempat di sisi Mu ya Rabb...Amieeen



Dirimu kekuatanmu


Ketika kau putuskan untuk bertahan,
maka cukuplah itu sebagai bukti kekuatan mu.


Sebab dalam hal mencoba selalu ada kemungkinan berhasil dan gagal.
Dan bukankah segala yg kau ketahui sekarang berawal dari keadaan yg tidak kau mengerti..??!


Kemampuan mu untuk bertahan,,sudah cukup sebagai bekal mu dalam melangkah.
Jika-pun ini terpaksa ku katakan bahwa kau tak butuh orang lain sekedar untuk menguatkan mu. sebab menaruh harapan pd seseorang bisa jd menimbulkan kekecewaan.
Sungguh kekuatan itu ada dlm diri mu sendiri.,tentunya tanpa menafikan SANG MAHA


Selama kau masih punya alasan untuk bertahan maka bertahanlah,, setidaknya hingga apa yg kau tuju tuntas kau dapatkan.




Musuh terbesar bagi seseorang adalah dirinya sendiri



Konsistensi Profesi

Mbah Maridjan yang selama ini dikenal sebagai abdi dalem yang juga juru kunci Merapi memiliki kepribadian yang patut dijadikan teladan. Betapa tidak, begitu taatnya Mbah Maridjan terhadap Sultan Hamengkubuwono IX hingga ia menolak untuk mengungsi walaupun diperintahkan oleh HB X. Padahal kondisi Merapi sudah sangat berbahaya. Semburan awan panas alias Wedus Gembel sudah mulai menyusuri daerah sekitar yang berjarak maksimal 10 kilometer. Semua warga yang lain sudah beranjak dari desanya menuju tempat yang aman. Mencari keselamatan untuk bisa mempertahankan kehidupan. Namun Mbah Maridjan masih dengan tenangnya berdiam (stand by) diri di kediamannya.


Tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa Mbah Maridjan adalah orang yang loyal, berdedikasi tinggi terhadap suatu titah yang agung. Walaupun kematian mengancam tidak menjadi masalah yang berarti. Kepatuhan terhadap perintah dan kesadaran untuk mengabdi demi kepentingan orang banyak menjadi komitmennya. Kematian adalah tempat peristirahatan bagi orang-orang mukmin. Setelah purna menyelesaikan tugasnya Mbah Maridjan menenui ajalnya. Mungkin ini adalah kenyataan yang pahit, terselubung kesedihan. Sepeninggal beliau tentu menyisakan pekerjaan yang tidak mudah. Akan sulit mencari sosok yang tepat menggantikan posisi beliau. Namun setidaknya kita wajib memberikan apresiasi kepadanya atas segala pengorbanan dan jasanya.


Semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi bangsa, khususnya bagi para politisi. Kehidupan dunia yang melenakan bukanlah tujuan utama. Bekal amal kebaikan adalah prioritas demi menuju singgasana Tuhan. Menuju keabadian yang dihadapkan pada dua kenyataan. Baik amal yang dilakukan maka balasan kebaikan pula yang akan didapatkan dan sebalinya. Kesederhaan yang ditampilkan oleh Mbah Maridjan menunjukan bahwa kesuksesan itu bukanlah bangga terhadap pencapain hidup namun bagaimana manusia sadar akan siapa dirinya sesungguhnya. Pantaskah bermewah-mewahan di tengah-tengah kehidupan bangsa yang berjuta rakyat miskin bertebaran. Layakkah berkunjung –jika tidak patut dikatakan plesiran- di saat bangsa ini dirundung duka nestapa. Selamat jalan Mbah Maridjan. Semoga rahmat-Nya senantiasa mengiringi kepergianmu menuju alam baka. Amin


Rabu, 27 Oktober 2010

Lara Sang Pertiwi diakhir tahun




Puluhan rumah hanyut dan beberapa keluarga kehilangan sanak-saudaranya akibat banjir bandang yang terjadi di Wasior, ibu kota Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, Senin (4/10/2010) pagi. Warga hingga kini mengungsi ke tempat-tempat tinggi di perbukitan karena air dilaporkan.






Belum lagi bencana wasior pulih Gunung Merapi pun menunjukkan kegarangannya. Dan Gempa yang disusul Tsunami di Mentawai memporak-porandakan daerah tersebut. Belum lagi banjir yang menggenangi berbagai daerah di Nusantara.




Bencana yang datang seakan tak pernah berhenti. Tak bisa diramal, terlebih dicegah. Manusia hanya bisa pasrah. Memang kita bisa menyiapkan berbagai peralatan pemantau bencana, namun jika Sang Pencipta berkehendak, maka yang harus terjadi, terjadilah.


"Kita harus membenahi diri. Zaman sudah tua, orangnya sudah tak karu-karuan. Sudah banyak maksiat di mana-mana, mungkin ini teguran," ujar Anwar, warga, menanggapi bencana yang terjadi belakangan ini.


Warga lain berpendapat, bencana sebaiknya bisa menjadi bahan instropeksi diri. Sebab, boleh jadi bencana yang ada bukan sekadar musibah tapi merupakan peringatan untuk manusia.


Minggu, 24 Oktober 2010

Rinitis Alergi


Ini dia musuh utama kekebalan tubuh ku saat ini. Awalnya hanya Flu biasa. Dan biasanya kalau kena flu diawali sakit kepala dan panas dingin. Hanya saja waktu itu ngga pake panas dingin. Anehnya bersin-bersin, hidung gatal dan tersumbat malah berkepanjangan. 1-2 minggu, kemudian 1 bulan hingga sampai sekarang.Paling sering timbul pagi hari ketika bangun tidur dan sore hari. Usut punya usut ternyata nih penyakit namanya Rinitis Alergi.




Pdpersi, Jakarta - Rinitis Alergi (RA) adalah inflamasi mukosa saluran hidung dan sinus yang disebabkan alergi terhadap partikel, antara lain: debu, asap, serbuk/tepung sari yang ada di udara. Gejala utama pada hidung yaitu hidung gatal, tersumbat, bersin-bersin, keluar ingus cair seperti air bening. Seringkali gejala meliputi mata, yaitu : berair, kemerahan dan gatal. .


RA merupakan penyakit umum dan sering dijumpai. Prevalensi penyakit RA pada beberapa Negara berkisar antara 4.5-38.3% dari jumlah penduduk dan di Amerika, merupakan 1 diantara deretan atas penyakit umum yang sering dijumpai. Meskipun dapat timbul pada semua usia, tetapi 2/3 penderita umumnya mulai menderita pada saat berusia 30 tahun. Dapat terjadi pada wanita dan pria dengan kemungkinan yang sama. Penyakit ini herediter dengan predisposisi genetic kuat. Bila salah satu dari orang tua menderita alergi, akan memberi kemungkinan sebesar 30% terhadap keturunannya dan bila kedua orang tua menderita akan diperkirakan mengenai sekitar 50% keturunannya.


Bagaimana pun juga, RA harus dipikirkan sebagai keadaan yang cukup serius karena dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita akibat beratnya gejala yang dialami dan juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Penderita akan mengalami keterbatasan dalam aktifitas sehari-hari, sering meninggalkan sekolah atau pekerjaannya, dan menghabiskan biaya yang besar bila menjadi kronis. RA juga dipengaruhi lingkungan dari faktor allergen. Penyakit ini masih sering disepelekan, untuk itu perlu diberikan beberapa informasi agar penderita tidak terlalu meremehkan dan dapat mengetahui berbagai upaya untuk mengurangi gejala dan mencegah komplikasi. .



Penyebab
Alergi terhadap partikel yang pada individu umum, tidak membahayakan dan tidak menimbulkan respon imun tetapi pada penderita alergi, kontak dengan partikel tersebut (yang disebut allergen) menyebabkan sistem imun tersensitisasi. Reaksi yang terjadi menghasilkan antibody terhadap allergen dan mengakibatkan pelepasan zat yang disebut histamine (dan beberapa jenis lain) ke dalam darah. Zat tersebut menimbulkan reaksi gatal, pembengkakan jaringan yang berkaitan, sekresi selaput lendir seperti air, dan kemerahan serta gejala lainnya bergantung kepada individu yang alergi.
RA sering dibagi berdasarkan penyebab menjadi 2 tipe yaitu :




  1. RA musiman (Hay Fever) umumnya disebabkan kontak dengan allergen dari luar rumah seperti benang sari dari tumbuhan yang menggunakan angin untuk penyerbukannya dan spora jamur. Alergi terhadap tepung sari berbeda-beda bergantung geografi dan jenis tanaman yang ada, juga jumlah serbuk yang ada di dalam udara. Udara panas, kering dan angin mempengaruhi banyaknya serbuk di udara bila dibandingkan dengan saat udara dingin, lembab dan hujan, yang membersihkan udara dari serbuk tersebut. Jenis ini biasanya terjadi di Negara dengan 4 musim

  2. RA yang umumnya terjadi terus menerus (perennial) diakibatkan karena kontak dengan allergen yang sering berada di rumah misalnya kutu debu rumah, kecoa, tumbuhan kering, jamur, bulu binatang atau protein yang dikandung pada kelenjar lemak kulit binatang. Protein ini dapat tetap berada di udara selama berbulan-bulan setelah binatang itu tidak ada diruangan.


Diagnosis
Biasanya memperikirakan seorang menderita RA tidak sulit bila diperhatikan riwayat perjalanan penyakit dan umumnya orang tua anak atau penderita sudah mengetahuinya.
Kadang-kadang diperkirakan sebagai penyakit flu yang berkepanjangan, tetapi pada pengamatan lebih lanjut dapat diperhatikan beberapa hal untuk memastikannya antara lain:




  • Gejala kambuh pada musim tertentu.

  • Geografi tempat tinggal:
    Lingkungan rumah misalnya ada karpet, binatang peliharaan misalnya kucing, anjing atau ayam. Pada lingkungan yang kurang bersih mungkin terdapat kecoa dan tikus.

  • Terjadi saat dalam atau di luar rumah.
    Apakah orang tua atau keluarga ada yang alergi misalnya asma, eksem, urtikaria.


Gejala karakterisktik RA adalah :




  • Bersin berulang-ulang sering kali pagi dan malam hari (umumnya bersin lebih dari 6 kali).

  • Hidung mengeluarkan secret cair seperti air (runny nose). Penderita sering mengeluh menghabiskan tissue hingga 1 box per hari.

  • Terasa cairan menetes ke belakang hidung (post nasal drip) karena hidung tersumabat. Hal ini sering menimbulkan batuk kronis.

  • Pada keadaan lanjut dapat menyebabkan gejala hidung tersumbat.

  • Hidung gatal dan juga sering disertai gatal pada mata, telinga dan tenggorok.

  • Badan terasa lemah.


Gejala dapat pula disertai mata berair, suara serak dan gangguan penciuman. Sering dijumpai sakit kepala pada daerah sinus dan telinga tersumbat.
Pada pemeriksaan fisik dijumpai :




  • Selaput lender hidung bengkak, basah (sereous, mengkilat), mukosa konka pucat atau keunguan karena pelebaran pembuluh balik (vena).

  • Tenggorok meradang dan tampak tonjolan-tonjolan folikel limfoid (cobblestones or granular pharyngitis); Dapat pula dijumpai pembengkakan kelopak mata, kemerahan mata, dan daerah di bawah kelopak mata bawah tampak lebih gelap karena bendungan darah vena serta lipatan kelopak mata bawah berlebih.


Pemeriksaan penunjang :




  • Pemeriksaan alergi dengan tes kulit (tes cukit) terhadap berbagai allergen mungkin dapat menunjang penegakan diagnosis RA.

  • Bila hasil belum dapat mengetahui mungkin diperlukan tes alergi intra dermal.

  • Pemeriksaan kadar lgE di darah meningkat (tidak spesifik).

  • Pemeriksaan terhadap lgE spesifik terhadap alergent tertentu.





Komplikasi

  • Radang telinga tengah akibat sering tertutupnya saluran antara hidung dengan telinga. Komplikasi ini sering terjadi pada anak.

  • Infeksi sinus karena terganggunya drainase sinus.

  • Gangguan pertumbuhan muka akibat sering bernafas melalui mulut dalam waktu yang lama.

  • Gangguan tidur dan dapat mengakibatkan gangguan belajar.


Pengobatan
Tujuan pengobatan adalah menguragi gejala dan mencegah komplikasi. Pengobatan yang utama adalah menghindari atau meminimalkan kontak dengan allergen.

Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain bagi penderita alergi terhadap serbuk sari dari luar rumah dapat menutup jendela rumah dan menggunakan air condition atau mengurangi kegiatan di luar rumah pada musim tertentu.


Bila allergen diperkirakan ada di rumah maka dapat mengganti alat-alat dari bahan alami misalnya bantal dan kasur dengan bahan sintetik. Menjaga kebersihan rumah dan menghindari memakai alat atau bahan yang mudah menyimpan debu misalnya karpet. Bila diperkirakan alergi dengan bulu atau protein hewan, menghindari memelihara hewan tersebut. Dapat juga menggunakan filter debu udara di rumah.


Untuk dapat menghindari kontak dengan alergem tentu saja perlu pengamatan yang teliti dalam menentukan allergen tersebut. Bila belum dapat memperkirakan dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga pengobatan atau pencegahan dapat efektif.


Kadang-kadang diperlukan terapi medikamentosa baik yang diminum atau dalam bentuk spray hidung antara lain: antihistamin dan obat-obat yang mengurangi pembengkakan selaput lender hidung.

Pengobatan lainnyang adalah imunoterapi yaitu memberi allergen dalam jumlah kecil bertahap dengan harapan tubuh menjadi kurang sensitive sehingga reaksi yang terjadi berkurang. Pengobatan ini ditujukan bila penderita tidak responsive dengan pengobatan medikamentosa, atau mengalami komplikasi misalnya radang sinus dan telinga yang sering kambuh. Atau penderita menolak minum oabt-obatan dalam jangka waktu lama.


Meskipun demikian pengobatan ini tidak selalu berhasil dan sering kali kambuh setelah beberapa tahun tidak timbul gejala alergi.




Satu hal lagi yang saya alami setelah terkena Rinitis Alergi ini, setelah agak lama mata pun ikut bermasalah. Mata sering berair ga jelas padahal tidak sedang menangis. Pantas kadang teman ngatain "kamu kenapa kok nangis?". Jawaban yang keluar  "Saya bukannya nangis, cuma keluar air mata saja". Padahalkan kalau nangis pasti keluar air mata..?? :mrgreen:



Baca juga disini

 

Galeri Peringatan 1 Tahun SBY-Boediono


Tepat satu tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono. Di Jakarta, ada lebih dari 10 titik yang akan menjadi tempat konsentrasi massa untuk menggelar aksi unjuk rasa.


Informas yang dihiimpun dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Rabu (20/10/2010), dua tempat yang terus ramai dikunjungi massa sejak pagi hingga sore adalah Istana Negara Jalan Merdeka Utara, Jakpus dan Bundaran Hotel Indonesia (HI).


Orasi juga gelar di depan Kantor Menakertrans, Jalan Gatot Subroto Jaksel pada jam yang sama. Massa melanjutkan aksinya ke Bundaran HI, Depan Kedubes Korsel dan Kedubes Jepang di Jalan MH Thamrin, Patung Kuda Jalan Merdeka Barat, dan berakhir di Istana Negara.Kantor Mahkamah Agung di Jalan Merdeka Utara, juga tak luput dari kepungan massa.
Di saat yang hampir bersamaan, tiga aksi demo lainnya juga berlangsung di Kantor Disnakertrans DKI Jakarta, Jalan MPrapatan 52, Jalan Baru Petronas, Lenteng Agung, dan Depan Gedung Joeang 45 Jalan Menteng Raya Jakpus. massa lalu bergerak ke Bundaran HI dan Gedung DPR.


Unjuk rasa memperingati satu tahun kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono juga dilakukan ratusan mahasiswa, aktivis, dan buruh di Gedung Sate, Jln. Diponegoro Bandung, Rabu (20/10) dan berlangsung ricuh. Dua orang pengunjuk rasa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) sempat diamankan petugas. Namun setelah diberi pengarahan, keduanya dilepaskan.

Polda Metro Jaya sendiri telah menyiapkan 19 ribu personel pengamanan yang disebar ke lokasi demo. Namun, mereka akan diterjunkan secara bertahap.
Adapun satuan yang dilibatkan meliputi Satuan Brimob, Samapta, Dalmas dan Satuan Reserse. Selain itu, polisi juga menyediakan kendaraan taktis serta kawat berduri di sejumlah titik yang rawan seperti di depan kawasan Istana Merdeka dan gedung DPR/MPR.


Namun rupanya pengamanan yang dilakukan tidak bisa menghindarkan Aksi demonstrasi dari kericuhan,karena aksi kaliini menimbulkan korban jiwa. Seorang perwira polisi di Lamongan, Jawa Timur, meninggal dunia karena aksi demo. Dan seorang mahasisma UBK yang bernama farel terkena timah panas hingga harus menerima perawatan yang cukup serius di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.



Pada dasarnya setiap orang pasti ingin melakukan yang terbaik,apalagi mereka mengemban amanah rakyat. Tapi saya secara pribadi tidak terlalu puas terhadap kinerja Sby. Terlalu banyak persoalan yang dibuat berbelit-belit :D