Be A Writer



-->
Tuliskan apa yang ingin kau tulis, jangan pikirkan bagus atau tidaknya tulisan mu sebab bagian terpentingnya adalah menorehkan apa yang terbersit dalam pikiran.
Beberapa Tips atau langkah untuk menulis :
  1. Punya motivasi kuat untuk memulai dan menyelesaikannnya.
  2. Mulailah dengan tulisan bebas, ringan-ringan dulu, misalnya dengan munulis apa yang anda pikirkan,lihat,ingat,rasakan dan seterusnya.
  3. Jangan terpaku dengan aturan-aturan menulis yang baku. Menulislah sesui dengan keainginan anda . biarkanlah ide-ide anda men galir secara liar.
  4. Perkaya bahan dan referensi dengan menggali dari berbagai sumber informasi,dari surat kabar,radio,majalah,buku hin gga narasumbernya langsung.
  5. Rajin mengamati sekitar (entah peristiwa besar maupun kecil)
  6. Fokus pada apa yang ingin ditulis. Tentukan tema,karakter tokoh dalam novel,jalan cerita dan sebagainya.
  7. Menguasai bahasa dengan baik dan benar. Bila menulis dalam bahasa Indonesia miliki Kamus Bahasa Indonesia dan pelajari dengan benar gramatikalnya.
  8. Jangan putus asa jika hasil tulisan anda belum bagus,karena seorang penulis besarpun mengalami fase ini dulu sebelum akhirnya mahir. Jika stuck di tengah jalan coba recharge pikiran Anda dengan melakukan hal yang menyenangkan,biasanya ide dan semangat akan muncul kembali.
  9. Cari gaya bercerita sendiri.
  10. Perlihatkan hasil karya anda pada lingkungan terdekatan Anda dan mintalah komentar dan kritiknya.
  11. Latihan,latihan dan latihan J
Coba juga cara ini :
  1. Tentukan cerita utamanya
  2. Buat garfik emosi ; pembukan,menaik,puncak (konflik utama),menurun,menanjak sedikit, lalu penutup.
  3. Buat penggalan-penggalan cerita (plot) yang merupakan rangkaian cerita besar dalam grafik emosi tadi.
  4. Buat garis waktu (time line),lalu tempatkan penggalan peristiwa yang sudah dibuat kedalam time line.
  5. Buat penggalan peristiwa pendukung yang memaniskan cerita (subplot) pada interval plot
  6. Buat time schedule,kapan novel ini akan selesai. Memang seperti membuat jadwal kerja. Satu atau dua jam sehari, misalnya. Atau satu minggu harus menyelesaikan satu bab.
JANGAN TAKUT
Buku yang laris terjual alias best seller,tak lantas identik dengan karya yang berkwalitas (berbobot atau serius). Sebaliknya, tak selamanya karya yang menurut sebagian kalangan hebat,lantas laku di pasaran. Jadi jangan bebani pikiran anda dengan kekhawatiran yang tidak perlu. Mmisalnya takut dianggap dangkal,terlalu ringan,dianggap bodoh atau apalah. Banyak factor yang mempengaruhi laris tidaknya sebuah buku di luar isi. Misalnya kemasan,promosi dan selera pasar. Anda sendiri perlu rajin “menjual diri”,misalnya dengan produktif berkarya,memanfaatkan jaringan pertemanan langsung atau memanfaatkan media virtual seperti blog dan mailing list.

-->Orang yang sukses adalah dia yang tak takut gagal..

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^