Senin, 26 Desember 2016

Perempun adalah Kunci



Pernah dengar istilah “Perempuan adalah tiang negara?” Yang apabila perempuan itu baik maka baik pula negaranya, dan apabila perempuan itu rusak maka rusak pula negaranya. 

Mengikuti acara Gathering Serempak Three Ends Fun Walk 2016 yang diadakan di CFD Jakarta pada 20 Desember lalu, lagi-lagi membuka mata saya tentang peran penting seorang perempuan. Sayangnya, di tengah peran pentingnya itu, perempuan masih saja jadi sasaran kekerasan dan ketidak adilan. 

Jumat, 23 Desember 2016

Sebab Peran Ibu Tak Ada Liburnya



Saya selalu percaya bahwa setiap perayaan sejatinya merupakan momentum. Demikian juga halnya dengan perayaan hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember ini. Adanya hari ibu merupakan momentum yang tepat untuk menunjukkan kasih sayang, kepedulian, dan rasa cinta kita kepada sosok ibu kita.

Walaupun pada kenyataannya kasih ibu itu sepanjang masa. Tak terbatas waktu. Baginya setiap hari merupakan hari ibu. Tak ada liburnya. Karena setiap ia selalu mendedikasikan dirinya untuk anak, suami, dan seluruh tetek bengek yang berhubungan dengan rumah.

Jumat, 16 Desember 2016

Membaur, Menyelam dan Konservasi di Kepulauan Seribu



Meninggalkan pulau kelor, kami melanjutkan perjalanan menuju pulau Untung Jawa. Pulau dimana kami beristirahat sejenak, menikmati hidangan khas pesisir, dan teteup - menyusuri pulau. Sebab pulau ini terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Uhhuuyy

Kamis, 15 Desember 2016

Pesona Wisata Bahari Berbalut Sejarah di Kepulauan Seribu





Mendapat kesempatan menjelajahi kepulauan seribu bareng IdCorners dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu merupakan hal yang tidak saya duga. Karena jujur saja, saya memang sudah lama ingin menjelajahi kepulauan ini. Semacam dream come true, gitu lah. Haha 

Sebelumnya saya sudah pernah ke kepuluan seribu sekitar 2 tahun lalu, tapi hanya sebatas Onrust, Cipir dan Kelor. Dan saya merasa tidak puas, bawaannya pengen balik lagi dan lagi. 

Perjalanan kami dimulai dengan berkumpul di dermaga 16 Marina - Ancol. Sejak 1-2 hari sebelum hari H, Mba Donna selalu mewanti-wanti kami agar datang tepat waktu. Karenanya saya yang berangkat dari Bekasi, sejak subuh buta sudah menyusuri jalanan kota Bekasi. Niatnya mau naik kereta pertama, tapi pas sampai stasiun kereta pertama sudah berangkat. Di sana masih ada dua kereta yang sedang menunggu penumpang. Sialnya saya malah naik kereta ke-tiga. Sampai di lokasi teman-teman sudah banyak yang berkumpul. Saya lega karena tidak tertinggal.

Minggu, 27 November 2016

Eco And Compact Living, Solusi Hunian Modern Namun Tetap Ramah Lingkungan




Butuh solusi cerdas untuk mengatasi ketersediaan lahan dan ruang yang terbatas. Terlebih kehidupan urban yang lajunya semakin tak terkendali. Ketersediaan lahan semakin hari semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Lalu bagaimana cara kita menghadapinya?

Karena keterbatasan lahan dan ruang merupakan sesuatu yang tak bisa kita hindari, maka satu-satunya cara menghadapinya adalah semaksimal mungkin memanfaatkan lahan yang ada. 

Sabtu, 26 November 2016

(Review Film - Korea) Dont Cry Mommy : Ketika Hukum Tak Berlaku Bagi Pelaku di Bawah Umur


Review Film Korea : Dont Cry Mommy
Review Film Korea : Dont Cry Mommy. Via http://www.koreanfilm.or.kr


Sebenarnya saya tidak sengaja nonton film ini. Cuma karena lagi iseng, buka laptop dan liat folder film. Dan film Korea satu ini ada di urutan paling atas. Berhubung tidak ada kegiatan, dan dari pada bengong, jadilah saya klik film Dont Cry Mommy ini.

Rabu, 23 November 2016

Dukung Gerakan Indonesia Lawan Diabetes, Yuk!


Rasanya setiap orang berharap selalu sehat tanpa diganggu oleh penyakit apapun. Namun faktanya, kebanyakan penyakit bergerak diam-diam, dan tanpa gejala yang berarti. Sehingga ketika kita tahu bahwa kita sedang sakit, ternyata sakitnya sudah tergolong parah. Sama halnya dengan penyakit diabetes.

Selasa, 08 November 2016

TANGKAL Kolesterol Tinggi Bersama Nutrive Benecol

 
Bahaya Kolesterol via
www.astaqauliyah.com



Sekitar 5.000 orang memadati Ecovention Ocean Ecopark Ancol pada tanggal 30 Oktober lalu. Massa sebanyak itu hadir dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kehadiran mereka tak lain untuk meramaiakan acara yang bertajuk CHOLES TERROR FREE FESTIVAL yang tak lain untuk mendukung gerakan TANGKAL Kolesterol yang diprakarsai oleh Nutrive Benecol . Saya dan rekan-rekan blogger juga berkesempatan untuk menjadi saksi acara tersebut. Hadir dari berbagai wilayah, kami sampai di kawasan ancol sebelum jam 6 pagi. Demikian juga dengan peserta lainnya. Mereka terlihat sangat antusias untuk mengikuti gerakan Indonesia Tangkal kolesterol ini.

Senin, 24 Oktober 2016

Menguak Kemilau Mutiara Laut Selatan Indonesia

Kemilau Mutiara. via https://mutiarabertuah.wordpress.com


Banyak hal yang telah dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan hasil laut Indonesia. Tidak hanya sampai pada pemberantasan kapal-kapal pencuri ikan dan peningkatan kesejahteraan nelayan saja, tapi dengan mendukung berbagai lini yang berhubungan dengan kelautan. Salah satunya adalah dengan adanya Indonesian Pearl Festival, yang mana tahun ini merupakan perhelatan untuk yang keenam kalinya.

Beruntung saya dan teman-teman blogger diundang dalam Sarasehan pra event yang berlangsung di Ball Room Gedung Mina Bahari III KKP Gambir, Jakarta Pusat pada tanggal 12 Oktober lalu.

Minggu, 16 Oktober 2016

Sakit Memang Bukan Pilihan


Rasanya di dunia ini tak seorang pun yang berharap sakit. Karena ada begitu banyak hal yang tak bisa kita lakukan ketika sakit. Mulai dari pekerjaan di kantor maupun pekerjaan rumah. Bahkan quality time dengan teman jadi tidak berkwalitas ketika sakit itu datang tiba-tiba.

Jumat, 30 September 2016

MamyPoko Kampanyekan Manfaat Pelukan Bagi Perkembangan Anak





Kalau kita resapi, rasanya ada yang berbeda ketika dipeluk oleh orang-orang terdekat. Ada semacam perasaan tenang, aman, dan menyenangkan. Bahkan ketika kita sedih, jika dipeluk rasanya semua beban itu menjadi lebih ringan. Ini saya rasakan sebagi seorang dewasa. Nah, pastinya tidak jauh beda dengan pelukan yang diterima oleh anak kecil. Bahkan efeknya jauh lebih besar. Terutama untuk pada anak-anak golden age. 

Minggu, 11 September 2016

Me Time, Kembalikan Semangat yang Hampir Koyak



Me Time kembalikan semangat yang hampir koyak
Yeaaahh..mari terbang!


Adakalanya kita begitu lelah dengan rutinitas kehidupan sehari-hari. Kelelahan ini tak semestinya kita tumpuk, karena bukan tidak mungkin jadi cikal bakal timbulnya masalah. Baik itu masalah yang berhubungan dengan orang lain, atau dengan diri sendiri. Seperti stres atau bahkan menimbulkan masalah kesehatan.

Sabtu, 10 September 2016

Laporan Keuangan Bagi Blogpreneur



Yak, menjelang hari terakhir tantangan ODOP Agustus-September yang diprakarsai Teh Ani, tema kali ini adalah laporan keuangan bagi blogpreneur. Sebenarnya semua orang kalau ngomongin uang pasti deh matanya pada ijo royo-royo. Tapi nggak semua orang sadar tentang membuat laporan keungan bulanan. Nah karena saya bukan pakar keuangan ataupun blogpreneur, maka tulisan ini sebisa mungkin bakal saya sampaikan berdasarkan pengetahuan sederhana yang saya miliki. 

Yang Pasti Bagi Setiap Makhluk Hidup



Pemutus NIkmat Dunia
Kematian merupakan phemutus kenikmatan dunia via 
duniamuallaf.blogspot.com
  
Dalam film 5cm ada sebuah kutipan “Biarkan mimpimu menggantung dan mengambang 5cm di depan keningmu. Sehingga dia tidak akan lepas dari mata kamu...", tentu tidak ada yang salah mengenai mimpi. Hanya saja, ada satu hal yang ternyata begitu deakt dengan hidup ini, begitu dekat dengan kita, jauh lebih dekat dari 5cm di depan kening, yaitu kematian. Ya, karena kematian merupakan hal yang pasti bagi setiap yang hidup.

Kamis, 08 September 2016

Keindahan dan Pembelajaran di Balik Hari Raya Qurban


Semoga diberi kesempatan untuk mendatangi kota suci ini, aamiin. via www.beritamuslim.com

Tidak terasa Idul Adha tinggal menghitung hari. Perasaan baru kemarin lebaran, eh udah mau lebaran lagi. Sedihnya lagi-lagi lebaran kali ini nggak bisa merayakannya di kampung halaman. Karena keterbatasan waktu dan jarak yang tak dekat akhirnya saya dan suami memutuskan untuk lebaran di sini, Bekasi. Saya sendiri entah sudah berapa tahun tidak merayakan idul adha bersama keluarga. Terakhir kalinya sepertinya pas masih sekolah dulu.
Nah bicara tentang Idul Adha, sudah pasti tidak hanya sebatas hari raya. Karena faktanya ada keindahan dan pembelajaran yang terkandung di dalamnya. Apa saja sih? Yuk kita bahas..

Apa, Bagaimana, dan Mengapa Tax Amnesty?


Tax Amnesty via pajaktaxes.blogspot.com


Kebijakan pemerintah untuk menerapkan Tax Amnesty tak ayal menjadi perbincangan banyak orang dari berbagai kalangan. Kata amnesty membuat banyak orang yang memunculkan persepsi negatif. Entahlah, hanya saja mendengar kata amnesty itu sendiri kok terdengar horror gitu ya. Seolah-olah seorang pesakitan hingga harus dikasih amnesty segala. 

Lakukan dan Jangan Lakukan : Tentang Reunian

persiapan reunian
Reunian? Seru kali ya..^^ via www.kaskus.co.id


Yang ngehits di kalangan alumni sebuah sekolah atau perguruan adalah reuni. Siapalah yang tak senang bertemu kawan yang telah lama tak bersua

Saya sendiri belum pernah yang namanya ngikutin reuni sekolah atau pun reuni kampus. Kabar baiknya, almamater tingkat SMA saya, yaitu MAN 1 (Model) Bandar Lampung akan mengadakan reuni akbar bulan depan. Inginnya sih datang. Tapi entahlah, liat situasi dan kondisinya dulu. 

Selasa, 06 September 2016

Home Sweet Home : Sebab Rumah Tempat Pulang Paling Purna





Pulaaaang

Rumah adalah tempat kembali. Yang ketika kita ada di sana, ada perasaan yang tak terkatakan. Pokoknya rumah adalah seluruh kita. Tentang seluruh kenangan pahit dan manis di dalamnya. Sehingga rumah merupakan tempat yang takkan mudah terlupa, dirindu dan selalu terkenang. Salah satu faktor pendukung utamanya adalah masakan Ibu. Meski hanya masakan sederhana, tetap saja masakan ibu merupakan makanan paling nikmat. Iya ngga sih? :D 

Senin, 05 September 2016

Perlengkapan Ngeblog Yang Harus Dimiliki


Saat ini ngeblog bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat luas. Perkembangan dunia blogger bahkan melaju cukup pesat. Fenomena ini dikarenakan semakin banyaknya masyarakat yang menyadari kebutuhan ngeblog. 

Niat awal saya ngebelog dulu tak lain agar saya punya media untuk menuliskan apa yang saya lihat, rasa, dan dengar. Lebih tepatnya sebagi media curhat. Bentuk digital sebuah diary. Karena jaman sekolah, saya termasuk yang suka nulis diary. Nah setelah beberapa tahun buku diary saya dimakan rayap, lembab dan tak terbaca. Ada perasaan ngenes ketika pada masanya diary itu harus saya buang. Beda dengan diary digital, dia akan tersimpan rapi selamanya. Jadi selama kita bisa terhubung dengan internet ya tiggal buka aja. 

Minggu, 04 September 2016

Rupa-rupa Jajanan Masa Kecil Yang Membuat Rindu Masa Lalu

Ketika ditanya makanan favorit, sebagian kita pasti menjawab masakan ibu. Saya juga demikian. Walau sesederhana apapun makanan, jika itu masakan ibu pastilah yang terenak. Apalagi kalau lagi merantau, wuih, masakan ibu terngiang-ngiang. 

Ibu saya, sebagaimana ibu-ibu yang lain, kadang jika ada uang atau ada bahan sering membuatkan kue, makanan ringan tradisional. Diantara yang paling saya suka dan selalu bikin kangen untuk menikmatinya adalah Kue Lupis dan Klepon. Klepon di tempat saya disebutnya Andondeh. Makanya kadang saya salah tafsir kalau ada yang nawarin onde-onde, saya kira Klepon.

Sabtu, 03 September 2016

Menjelang Fajar



Menjelang Fajar. Gambar tanpa teks via binatang.net



Tadi malam, belum sempat kupejamkan mata karena terbawa rasa penasaran dengan buku yang sedang kubaca - hingga aku bertekad untuk merampungkan buku tersebut. Suara ayam berkokok berkali-kali memberi peringatan bahwa malam tak lagi muda - menjelang subuh. Aku terus membaca, mengabaikan kokok ayam yang mulai bersahut-sahutan satu sama lain, ditambah suara-suara alam lainnya. Suara gesekan - yang entah apa itu juga tidak kuhiraukan. Sederhana saja, jika sampai aku menghiraukan suara-suara tersebut aku akan berpikir macam-macam, yang ujungnya membuatku tidak punya nyali untuk berbuat apapun selain memaksa mata terpejam dan menarik selimut hingga menutup kepala.

Jumat, 02 September 2016

Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Rumah



Rumah impianmu seperti apa? Via http://www.wiraland.com
Benar adanya bahwa mencari rumah itu ibarat mencari jodoh. Susah-susah gampang. Gampang nunjuk yang disuka, tapi susah ketika liat harga. 

Sejak sebelum menikah saya dan suami sudah mengambil ancang-ancang agar setelah menikah sebisa mungkin segera memiliki rumah. Tak apa menahan keinginan untuk bersenang-senang, menahan diri untuk tidak membelanjakan uang jika memang kebutuhan itu tidak mendesak. Mungkin bagi sebagian orang terlihat berlebihan atau ngoyo atau apalah. Bagaimanapun inilah keputusan kami. 

Kamis, 01 September 2016

Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti Demi Masa Depan Anak dan Bangsa

Hormati guru sayangi teman salah dua wujud budi pekerti yang baik. via kumpulanartikelbahasajawa.blogspot.co.id


Generasi yang baik akan menghasilkan peradaban yang baik, semua itu dapat dicapai dengan memberikan pendidikan budi pekerta pada generasi muda, sedini mungkin.

Sekolah merupakan rumah kedua bagi seorang siswa. Tak jarang mereka menghabiskan waktu yang lebih banyak di sekolah dibandingkan di rumah, diluar jam tidur.
Maka sewajarnya jika sekolah memiliki andil yang besar dalam membentuk budi pekerti murid-muridnya.  Apalagi murid tingkat SD. Seperti kata pepatah, 

Rabu, 31 Agustus 2016

Cerita di Balik Buku Paket Era 90an



Buku paket era 90an via www.keepo.me


Ada yang khas setiap tahun ajaran baru dimulai. Selain siswa yang berebut tempat duduk pastinya. :D
Yaitu pembagian buku paket oleh pihak sekolah. Buku paket ini merupakan warisan turun temurun milik sekolah. Maka beruntunglah mereka yang mendapat buku warisan yang masih dalam keadaan baik. Sebab kebanyakan kondisi bagus hanya ada pada pengguna pertama atau kedua. Selanjutnya ya seadanya. 

Selasa, 30 Agustus 2016

Pengalaman Tak Terlupakan Dalam Rangkaian Mudik Perdana ke Wonogiri



Tahun ini untuk pertama kalinya saya tidak mudik ke kampung halaman sendiri. Melainkan ke kampung halaman suami. Rasanya? Gado-gado. Ada sedih namun ada senangnya juga.
Sedih, karena memang sebelumnya setiap lebaran saya selalu pulang. Senangnya, sebab bisa mengenal kampung halaman suami.

Sepenggal Kisah Masa Lalu Tentang Bacaan


Gambar tanpa teks via www.katalogibu.com


Sejak kapan teman-teman lancar membaca? Saya akui, saya baru lancar membaca menginjak kelas 3 SD. Dan sejak bisa membaca, tak ada filter bacaan yang ditentukan. Baik oleh orang tua maupun keluarga lain.

Saya ingat betul buku pertama yang saya baca waktu itu berupa novel, bukan kumpulan cerita pendek. Saking senangnya buku itu saya lahap dalam sehari. Judulnya Si Celung/Si Bungsu. Yang entah saya dapatkan dari mana. Tampaknya buku ini bukan buku populer. Karena sempat beberapa kali saya mencoba searching di google tapi tak mendapatkan hasil yang sesuai.

Senin, 29 Agustus 2016

Lagu Anak-anak dan Nasibnya Kini

Beberapa album idola cilik via florakuchiki.files.wordpress.com

Masih ingat betapa ngegemesinnya Tina Toon waktu menyanyikan lagu Bolo-bolo? Permainan mata dan lehernya yang patah-patah menjadi ciri khasnya kala itu. Atau sepenggal pengetahuan yang disampaikan Trio Kwek Kwek lewat lagu Katanya. Semua itu menjadi satu diantara banyak kenangan indah nan tak terlupakan bagi  anak-anak generasi 90an.

Walaupun saya besar di perkampungan terpencil dengan akses media yang terbatas, namun saya bersyukur masih bisa menikmati masa dimana lagu anak-anak mencapai puncaknya. Dengan menumpang di tetangga yang punya tv, kami berkumpul bersama untuk menikmati alunan musik dan mengikuti liriknya dengan gembira.
Nada dan lirik lagu yang gembira, pun makna lagu yang mengajarkan banyak ilmu, menjadikan lagu anak-anak jadi primadona bagi anak-anak kala itu.

[Resensi] Novel He Loves Me Not, He Love Me by Caludia Caroll





He Loves Me Not, He Love Me
Dia Benci… Atau Cinta


Data Buku :
  • Penulis : Caludia Caroll
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 448 halaman
  • Terbit: November 2010
  • Cover:
  • ISBN: 978-979-22-6326-8
  • No Produk: 40201100073 [Via gramediapustakautama]
(Dia Benci… atau Cinta)

Minggu, 28 Agustus 2016

Cara Membuat Profile Bisnis di Instagram


Cara Mengganti Profile Instagram Menjadi Profile Business
Gambar dari: blog.instagram.com

Inovasi. Itulah salah satu faktor yang membuat segala sesuatu dapat bertahan lama. Dalam hal ini yang berkaitan dengan teknologi. Instagram contohnya.

Nah, inovasi terbaru dari instagram kali ini adalah dengan menyediakan fitur terbaru dalam aplikasinya. Yaitu dengan adanya pilihan profile menjadi profil bisnis. Memang apa gunanya sih? 

Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara Membatasi Akses Teman Terhadap Wall FB Kita Tanpa Harus Memblokir




Halo! 

Sejauh ini, media sosial yang mampu bertahan dari berbagai serbuan media sosial lainnya adalah FB. Karena FB itu semacam all in one gitu deh. Mau bikin catatan, bisa. Bikin album, bisa bisa banget. Chatt apalah lagi. Jadi tidak heran kalau pengguna FB masih bejibun.

Tapi terkadang ada hal-hal yang diluar perkiraan dan diluar kuasa kita. Misal, pertemanan yang dulu erat mendadak jadi hambar. Atau adakalanya pengen bebas berekspresi tanpa harus takut ketahuan Bos atau keluarga. Haha
Nah, kali ini saya mau sharing cara ngebatasin keleluasaan friendlist Facebook (FB) kita atau orang-orang tertentu agar tidak melihat terlalu banyak apa yang kita bagikan di Facebook. Dosa ditanggung masing-masing pliss. #emotngakak#

Ada beberapa alasan kenapa seseorang mengaktifkan fitur ini, seperti yang sudah disebutkan di atas. Salah satunya mungkin karena risih, risih kenapa? Hanya orang-orang yang bersangkutan yang tahu. Atau mungkin ada hal-hal yang dia rasa si Anu tak perlu tahu dan tak ingin si Anu tahu. Dan bisa jadi ada sesuatu, something wrong, yang sekali lagi hanya dia yang tahu, sehingga baginya si Anu tak lagi berarti. Semacam itulah.

Namun agar tidak mencolok dan tidak terlalu brutal, maka pembatasan inilah yang jadi pilihan.


Apa yang dimaksud dengan daftar Dibatasi?
Menempatkan seseorang pada daftar Dibatasi berarti Anda masih berteman, namun Anda hanya berbagi kiriman dengan mereka saat Anda memilih Publik sebagai pemirsa, atau ketika Anda menandainya di kiriman. Misalnya, apabila Anda berteman dengan bos Anda dan Anda meletakkan mereka di daftar Dibatasi, selanjutnya mengirim foto dan memilih Teman sebagai pemirsa, Anda tidak berbagi foto tersebut dengan bos Anda, atau orang lain di daftar Dibatasi. Namun, apabila Anda menandai bos Anda di foto tersebut, atau memilih Publik sebagai pemirsa, maka mereka dapat melihat foto.[Sumber: FB]

Oke tak perlu banyak kata, mari kita mulai.

Pertama tentunya buka FB kita masing-masing. Di pojok kanan atas klik tanda panah, lalu pilih pengaturan. Seperti gambar:




Setelah itu pilih pemblokiran, lalu pilih daftar dibatasi. Gambar sbb:




Selanjutnya muncul kotak, yang mana di sisi bagian kirinya ada dua pilihan. Pilih “Teman”. Nah biar cepat tinggal ketik aja nama teman yang pengen dibatasi. Kalau udah selesai pilih-pilih teman yang mau dibatasi jangan lupa pilih “Selesai”.



Sudah, begitu saja. Selamat bersenang-senang. wkwk. Oya ini pengaturannya via PC/laptop ya. Via HP belum dicoba.


Ngomong-ngomong, selamat berakhir pekan.^_^

[Resensi] Novel Azure By Rahayu Lestari



Cover Novel. Sumber: http://divapress-online.com


Azure 
Kode               : 9786021913536
Oleh                : Rahayu Lestari
Harga              : Rp. 42000
Ukuran            : 12x19cm
Tebal               : 386 + ii
Terbit               : Mei 2012
Penerbit           : Safirah 


“Aku berharap dia bisa menjadi langit biru yang akan menghapus semua hitamku. Aku ingin dia juga menjadi biruku yang selalu kusuka dan kukagumi, warna yang selalu berhasil menenangkanku.”

Senin, 22 Agustus 2016

Pulau Pisang, Sepotong Syurga di Sudut Lampung




Bicara tentang pesona Indonesia takkan ada habisnya. Hamparan alamnya yang memesona, pantai yang membuat rindu serta pegunungan yang bak candu. Belum lagi khasanah adat budaya dari masing-masing daerah. Ditambah kekayaan kuliner yang selalu menggugah selera. Maka ada banyak alasan mengapa Lampung pantas bergelar The Treasure of Sumatera. 


Seperti semboyannya “Sang Bumi Khua Jukhai - Sang Bumi Rua Jurai”, yang berarti Satu Bumi Yang Serba Dua. Memiliki makna, Lampung memilik 2 Adat dan dua bahasa asli. Yaitu adat Lampung Pepadun dengan bahasa Lampung dialek O, dan adat Lampung Pesisir/Sai Batin dengan bahasa Lampung dialek “A”.  Selain itu Lampung terdiri dari dua macam penduduk, yaitu penduduk asli lampung, dan penduduk pendatang. Pendatang terbanyak dari Jawa, selebihnya dari pulau Sumatera sendiri. Palembang, Padang, Jambi, Medan, Aceh, Riau. Oya, ada juga dari Bali.

Merasakan Tuhan Di Ketinggian




Ada banyak hal yang bisa kita rasakan ketika berada di ketinggian. Salah satu yang paling menohok saya beberapa waktu belakangan ini adalah, bahwa Tuhan begitu dekat dan nyata ketika kita berada di ketinggian. Bukan berarti selama ini saya meragukan keberadaan Tuhan.

 Berada di ketinggian, Tuhan benar-benar terasa sangat dekat.

Sudah beberapa tahun saya tak begitu leluasa menikmati pemandangan langit lepas. Semenjak saya SMA. Atau entahlah, yang jelas kebiasaan memandang langit lepas itu saya lakukan di kampung halaman, dulu, waktu saya masih SMP, ketika masih di kampung.  Memandang langit lepas bukanlah hal yang sulit. Salah satu alasannya, karena di kampung tidak ada bangunan yang membatasi jarak pandang. Bisa dari teras rumah sebelum tidur atau menjelang fajar setelah sholat subuh. Atau di pantai, dengan hamparan laut lepas yang menyatu dengan langit.

Sabtu, 20 Agustus 2016

5 Alasan Kenapa Keberanian Alvin Nikah Muda Patut diacungi Jempol


Terlihat bahagia. [photo dari Fp Ust Arifin Ilham]

Menikah adalah hak setiap orang. Lagi pula sudah sunnatullah-nya begitu. Menikah berarti juga menyempurnakan separo agama kita - bagi yang Islam.

Pernikahan Muhammad Alvin Faiz/Alvin, putra pertama ustadz Arifin Ilham tanggal 6 Agustus silam sukses menyedot perhatian publik Indonesia. Eh, sepertinya ngga Cuma Indonesia ya? Pernikahan yang dilangsung secara sederhana itu menjadi topik hangat yang dibicarakan dimana-mana. Bahkan ianya sampai jadi narasumber di salah satu acara televisi swasta. Bagus dong, jadi terkenal. Hahha..

Selasa, 16 Agustus 2016

Aidijuma: Bawal Scarft Terdepan Malaysia yang Mencoba Mendunia



 Sejujurnya saya ini tipe cewek yang kurang melek dengan perkembangan dunia hijab beserta segala pendukungnya. Apa tah lagi sampai tahu brand dari negara tetangga. Sampai kemudian linimasa media sosial saya ramai mengabarkan tentang salah satu brand asal Malaysia yang sekarang sedang nge-hits di negara asalnya. Tak hanya itu, brand ini sekarang sedang gencar mengikuti berbagai fashion show dan pameran produk agar produknya dikenal lebih luas oleh masyarakat dunia. Dan, its work.

Aidijuma nama brand tersebut. Saya akhirnya mengenal produk Aidijuma lewat salah satu pameran produk yang diikuti brand ini, dalam pemeran yang bertajuk Indonesia Islamic Fesyen & Produk (IIFP) 2016.

Minggu, 14 Agustus 2016

Fase dan Prioritas Hidup


Tentukan Prioritas. [Gambar dari peringatandini.com]



Setiap kali kita memasuki fase baru dalam kehidupan, saat itulah prioritas hidup kita mulai bergeser.

Masa SD fase asik untuk bermain bersama kawan sepermainan. Tak ada beban pikiran yang perlu dikhawatirkan° (iya, sebagian kecil memang ada yang tak dapat menikmati masa ini. Tapi bukan itu fokus utamanya.

Memasuki SMP kita harus mulai serius belajar.
Tiba di SMA, hidup ternyata bukan tentang belajar saja. Kita harus punya tujuan. Setelah ini apa? Akan jadi apa?

Memasuki bangku kuliah kita semakin fokus dengan berbagai kegiatan akademik demi menunjang keberlangsungan hidup selanjutnya. Berbagai pandangan kehidupan mulai berganti arah.

Sabtu, 13 Agustus 2016

Green Belt untuk Muara Gembong





Jalanan yang tak mulus tidak sedikitpun menyurutkan semangat kami untuk mengunjungi daerah ujung Bekasi itu. Tak banyak yang mengetahui tempat tersebut. Atau lebih tepatnya tak banyak orang yang tahu kondisi daerah ini.


Adalah Muara Gembong atau biasa disingkat MUGO, merupakan daerah pesisir kota Bekasi – Jawa Barat. Dimana fasilitas umumnya tergolong sangat minim. Namun berkat sekelompok anak muda, kini Muara gembong sedang berbenah untuk menjadi salah satu tujuan wisata edukasi. 

Minggu, 03 April 2016

Langkah Mudah Miliki Barang Impian Dengan Arisan Mapan



Namanya hidup, pasti ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari sandang, papan dan pangan. Dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut tentu ada banyak cara. Beruntung bagi mereka yang memiliki materi yang berkecukupan. Lalu apa kabar dengan mereka yang penghasilannya pas-pasan? 

Minggu, 31 Januari 2016

Teruntuk Masa Kecil Yang Hangat






Jika cinta adalah waktu, maka dia adalah pagi – Tereliye


Tapi bagiku, jika cinta adalah waktu maka ia adalah sore. Senja dengan semburat jingganya yang menularkan berjuta  kehangatan hingga palung jiwa. Sebab bersama jingga aku bisa menyulam kembali remah-remah cinta yang mulai usang.

Aku mencintaimu sebagaimana aku mencintai senja. Bayanganmu Kubawa kemanapun aku menapakkan kaki. Kunikmati sesering yang aku mau.

Minggu, 17 Januari 2016

Pelaku Bom Thamrin dari Kacamata Driver Ojek Online





Banyak cerita hadir pasca kejadian bom yang terjadi di jalan MH Thamrin tempo hari. Saya siang itu sedang siap-siap pergi mengurusi pekerjaan jadi harap-harap cemas. Cemas kalau-kalau jalanan jadi macet di semua arah.

Bukan berarti saya tidk  peduli dengan tragedi memilikun tersebut. Tapi seperti yang banyak orang katakan, life must go on. Pekerjaan termasuk bagian dalam mempertahankan hidup, bukan? Haha.