Lakukan dan Jangan Lakukan : Tentang Reunian

persiapan reunian
Reunian? Seru kali ya..^^ via www.kaskus.co.id


Yang ngehits di kalangan alumni sebuah sekolah atau perguruan adalah reuni. Siapalah yang tak senang bertemu kawan yang telah lama tak bersua

Saya sendiri belum pernah yang namanya ngikutin reuni sekolah atau pun reuni kampus. Kabar baiknya, almamater tingkat SMA saya, yaitu MAN 1 (Model) Bandar Lampung akan mengadakan reuni akbar bulan depan. Inginnya sih datang. Tapi entahlah, liat situasi dan kondisinya dulu. 


Sebelumnya beberapa kali saya dan teman-teman SMA merencanakan reuni. Meski hanya sekelas, sampai saat ini rencana itu tidak pernah terrealisasi. Peurih sih. Susah banget ternyata ngumpulin teman-teman yang sudah punya kehidupan masing-masing, yang tinggalnya entah di mana saja.

Meskipun saya belum pernah yang namanya ikut acara reunian, setidaknya saya bisa merasakan dan tahu bagaimana rasanya bertemu dengan teman yang sudah lama tidak dijumpai. Karena saya pernah bertemu dengan kawan lama meski hanya beberapa. Perasaan sureprise ketika melihat wajahnya yang tak seculun dulu. Takjub dengan pencapaian-pencapaiaannya yang luar biasa meski waktu sekolah dulu dia termasuk siswa yang biasa saja. Dan berbagai cerita menarik tentang kehidupannya sekarang.

Baca juga :  Sebab Rumah Tempat Pulang Paling Purna

Hal yang mungkin saja terjadi diantara kita dan teman-teman ketika reunian adalah ; lupa nama tapi ingat wajah. Atau lupa wajah tapi ingat  nama. Hal ini dikarenakan terpisah cukup lama sehingga ketika bertemu kembali malah jadi pangling. Iya nggak sih? :D


Nah, berhubung saya belum pernah ikut acara reunian, saya hanya bisa memberi beberapa masukan buat kawan-kawan yang akan mengikuti reunian. 

1.       Jangan memaksakan diri
Memaksakan diri datang ketika ada undangan reuni itu semacam cari masalah buat diri sendiri. Memaksa diri namanya ketika lokasi reunian jauh dari tempat kita berada saat ini. Jarak yang jauh tentu memerlukan waktu yang lebih banyak. Begitu juga dengan pengeluaran.
Jangan memaksakan diri. Bertemu teman lama tentu menyenangkan. Tapi jangan membuat susah diri sendiri jika untuk menghadirinya kita mesti minjam uang sana-sini. Yang ujungnya malah bikin susah diri sendiri.

2.      Jangan Pamer
Menurut saya pribadi, orang-orang yang suka pamer itu norak. Dan saya rasa banyak orang di luaran sana yang sependapat dengan saya. Apa sih untungnya pamer? Biar orang tahu kalau kamu sekarang udah jadi orang hebat? Jadi orang penting? Jadi hartawan? Bisa ini dan itu?
Hellooww. Percayalah, orang-orang tidak akan terkesan. Justru malah bisa jadi pintu petaka. Sebab siapa yang dapat menebak hati seseorang. Teman yang kita temui di reunian bisa jadi bukan lagi teman kita beberapa tahun yang lalu.
Jadi stop pamer. Nggak ada kerennya sama sekali.

Baca juga:  Pentingnya Pendidikan Budi

3.      Jangan terlihat frustasi jika kamu lagi banyak masalah
Seiring berjalannya waktu maka semakin banyak hal yang kita temui dan lihat, pun semakin banyak persoalan hidup yang menyertai langkah kita. Menghadiri reuni sekolah dan semacamnya dapat kita manfaatkan untuk sejenak mengalihkan pikiran kita.

Persiapan Reunian
Banyak kenangan semasa sekolah, sehingga selalu rindu untuk bisa bertemu kembali.

4.      Isi dengan nostalgia
Dari pada memperlihatkan wajah frustasi lebih baik nikmati acara reunian tersebut dengan bernostalgia bersama kawan-kawan lama kita. Manfaatkan waktu tersebut karena kesempatan bertemu dengan mereka pasti sulit sekali mengingat kita pasti sudah sama-sama sibuk dengan prioritas hidup masing-masing.
5.      Jangan Mengada-ada
Nah, yang ini serupa tapi tak sama dengan dengan poin kedua. Bedanya, mengada-ada berarti mengakui sesuatu yang tidak ia miliki. Omong besarlah ya istilahnya. Jangan rusak moment kebersamaan kita dengan para sahabat dengan kebohongan macam apa pun. Karena dengan begitu bukan tak mungkin malah jadi boomerang bagi kita. Akibatnya teman bisa saja menjauh dan jadi tidak resfek lagi.

6.      Tampil Beda
Ngga ada yang salah dengan mereka yang tampil beda untuk acara langka nan istimewa semacam reuni ini. Sah-sah saja kok. Ya siapa tahu dengan tampil beda di acara reunian nanti bakal jadi pintu masuknya jodoh. Wkwk 


Itulah hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan ketika menghadiri acara reunian, versi saya. Ada yang mau menambahkan? Atau seperti apa sih keseruan acara reunian yang pernah teman-teman hadiri? Sharing yuk!

4 komentar

  1. Susah-susah gampang emang mengumpulkan teman lama, apalagi kan mereka ada yang tinggal di luar kota. Mau nggak mau kudu dibentuk panitia sukarela, untuk menghubungi mereka.

    Do and don't-nya udah pas banget, hmmm apa lagi ya? *kok nanya balik* haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba nining.
      Pasti punya cerita seru ya mengenai reunian?

      Hapus
  2. kudu inget, "yang lalu biarlah berlalu", jgn baper ;p #eh *bukancurhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhaayy.. Ciieee.
      Pasti deg-degan deh ketemu dia yg istimewa di masa lalu.. Wkwk

      Hapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^