Sabtu, 15 April 2017

Atasi Sariawanmu Tanpa Rasa Perih


Rasanya tak seorang pun senang ketika sariawan menyambangi. Namun apa mau dikata ketika ia datang rutin selayaknya tamu bulanan. Ya, itu terjadi dengan saya. Bingung dan kehabisan akal harus dengan apa saya mengatasinya. 


Penyebab Sariawan

Dalam kasus saya ada beberapa penyebab terjadinya sariawan. Perlu dicatat, bahwa timbulnya sariawan bukan hanya karena kurang bersihnya rongga mulut. Tapi bisa juga terjadi karena tergigit ketika sedang makan. Pernah ngerasain ga? Gimana “aaawww” rasa sakitnya ketika tergigit itu? Yang pasti sakit bangetlah ya. Haha
Selain itu, meski belum memeriksakan diri secara khusus, saya memiliki indikasi sakit “sinus”. Efek sinus bagi kesehatan jika tidak diatasi secara benar dan cepat, maka penderitanya riskan mengalami komplikasi. Entahlah, saya merasa gampang flu, panas dalam yang memicu sariawan, bau mulut, dan semacamnya.

Yang Terjadi Ketika Sariawan

Efek utama yang ditimbulkan sariawan itu susah makan dan minum. Tak jarang kadang mempengaruhi mood. Terlihat cemberut dan seolah aura gelap mengelilingi. Mau ini itu jadi males. Iya gak sih? Kalau saya begitu. 

Cara Mengatasi

Sepertinya sudah jadi kebiasaan nih, sesuatu akan sangat berarti jika ia telah hilang. Termasuk kesehatan rongga mulut. Kesehatannya baru benar-benar terasa sangat penting ketika sariawan melanda. Maka ada baiknya sebelum sariawan itu bersemayam dalam rongga mulut, kita melakukan pencegahan yang ternyata sederhana banget. Sbb:
1/ bersihkan mulut. Sikat gigi yang rajin.
2/ Hindari makan-minum terlalu terburu-buru
3/ Kurangi konsumsi makanan yang terlalu pedas atau manis.
4/ Jika ada indikasi sariawan, segera obati. Jangan menunggu berlubang dan sakit parah

Aloclair Atasi Sariawanmu Tanpa Rasa Perih

Nah, dari 4 poin pencegahan sariawan di atas, kita, atau katakanlah, saya, sering lalai di poin ke 4. Kadang saat indikasi sariawan itu sudah muncul, saya menganggapnya sepela, ngobatinnya ntar dan besok aja. Besoknya udah parah, dan butuh pengobatan ekstra.
Berkawan dengan sariawan, membuat saya mengenal beberapa jenis obat sariawan. Salah satu obat yang pernah saya pakai berupa obat tetes, dan rasanya itu perih hingga ke ubun-ubun. ((perih sampe ubun-ubun)). Nyiksa banget. Saking merasa tersiksanya kadang saya pasrah sariawanan aja deh, dari pada saya kejer keperihan seperti cacing kepanasan.

Nah obat alami juga ada, getah daun jarak. Rasanya sepet-sepet gimana gitu. Perih, tapi nggak seperih obat tetes tadi. Masalahnya susah sekali menemukan tanaman ini di perkotaan, Kaks. Saya pake getah daun jarak ini kalau kebetulan lagi pulang aja.

Bersyukur, belakangan ini ada Aloclair. Meredakan nyeri secara cepat dan membantu proses penyembuhan ulkus rongga mulut. Tidak perih, bekerja secara cepat membantu penyembuhan, bebas alkohol. Mengandung aloe vera dan Asam hialuronat.

Belakangan suami saya juga sering sariawan. Rasanya ada kesel kessel gimana gitu kalau dia udah sariawan. Mukanya gak enak banget diliat, ditekuk dan cemberut. Padahal kan yang salah bukan saya yak.. salahnya sendiri sariawanan. Haha

Anehnya setiap kali dia sariawan, saya bawaannya ikut mendung. Rasanya #CantSmileWithoutYou. Kalau dia nggak bisa senyum, saya pun ikutan nggak bisa senyum.
Untuk memperpendek siklus cemberutnya, saya olesin Aloclair ini. pas diolesin dianya anteng karena nggak perih. Selain itu cara pemakainnya juga sangat mudah, tinggal keluarkan 1 - 2 tetes gel sampai menutupi lobang sariawannya. 

Alhamdulillah, obat ini bekerja maksimal buat kami. Jadi acara cemberut-cemberutannya bisa diperpendek. Dan kami bisa tertawa kembali.

1 komentar:

  1. Sekarang kalau sariawan sudah ga perlu galau ya mba

    BalasHapus