Sabtu, 15 April 2017

Pantau kehamilan dengan Hallo Bumil dari Prenagen



Setelah tahu hamil, hal yang sudah pasti harus dilakukan oleh setiap pasangan adalah memperhatikan tumbuh kembang si janin. Mulai dari asupan gizi seimbang yang di konsumsi oleh ibunya, menjaga mood dan emosi si ibu juga jadi faktor yang sangat penting. 

Tapi ternyata, mempersiapkan diri sebelum kehamilan juga merupakan salah satu faktor penting lho. Yang saya tahu, hal ini bertujuan untuk mendapatkan kehamilan yang optimal. Terutama konsumsi asam folat, dianjurkan sejak 3 bulan sebelum konsepsi untuk mencegah cacat tabung saraf (Neural Tube Defect).

Nah, dalam rangka mendukung terciptanya generasi platinum “Ibu Sehat Indonesia Sehat”, PRENAGEN sebagai Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui kembali mengadakan acara edukasi terlengkap “PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ)” – dengan tema Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & sekaligus Launch Pregnancy APPS, yang diperuntukan bagi para calon orang tua di berbagai kota di Indonesia. Acara ini mengulang kesuksesan yang sudah diraih ditahun – tahun sebelumnya, yang ternyata telah dilaksanakan sejak tahun 2011. 

Untuk tahun ini Jakarta merupakan Kota pertama tempat dilaksanaknyya PPEJ, dilaksanakan pada Sabtu (8/4/2017) lalu bertempat di Pullman Hotel -  Central Park, Jakarta. Dimana taun ini PPEJ mengambil tema “Terbaik Untuk Yang Teristimewa.

PPEJ, Meriah dan Bertabur Ilmu

Sebagai seseorang yang sedang menanti kelahiran buah hati, saya sangat antusias untuk mengikuti acara ini. Sebab dalam acara ini membahas banyak hal mengenai kehamilan dan tumbuh kembang anak yang sebagiannya belum saya ketahui. 

Acara yang dihadari oleh para orang tua dan calon orang tua yang datang dari berbagai daerah di sekitar Jakarta  ini terlihat semarak, apalagi dengan adanya berbagai booth, seperti konsultasi kehamilan dengan dokter, photobooth, pengenalan aplikasi Hallo Bumil, dapur sehat, dan booth produk prenagen dengan harga khusus.




Saya sendiri tidak mau melewatkan kesempatan untuk konsultasi kehamilan di booth yang telah disediakan. Merasa mendapat pencerahan setelah konsultasi, apalagi dokternya juga sangat ramah dan komunikatif. 

Dengan dresscode warna ungu, menjelang jam 10 para peserta dipersilahkan memasuki ballroom dan menduduki bangku yang telah disediakan. Antusiasme peserta terbaca tak hanya dari wajah-wajah sumringah mereka, tapi terlihat dari kursi-kursi terdepan yang telah dipadati dalam waktu dekat. Rupanya mereka ingin menyimak secara seksama dari dekat. Saya sendiri harus puas duduk di bangku agak belakang. Karena sebelum pintu dibuka, panggilan alam menggiring saya ke toilet sejenak. Hahha



Bertindak sebagai pemandu acara ada Mona Ratuliu, seorang artis, ibu dan mantan brand abassador Prenagen. 

Mona Ratuliu mengaku sudah berlangganan Prenagen selama 15 tahun, sejak kehamilan pertamanya pada usia 20 tahun. Usia dimana ia benar-benar buta dan tidak tahu apa-apa tentang kehamilan. Untunnya ada Prenagen yang mendampinginya selama kehamilan pertamanya yang pada dasarnya cukup rewel. Prenagen benar-benar membantunya mengatasi semua keluhannya selama kahamilan. Jadi wajar saja jika beliau berlangganan Prenagen hingga 15 tahun, ya.

Setelah acara dibuka, tampil sebagai pembicara pertama adalah Bapak Andi Wahyu yang mewakili PT.Kalbe Nutritionals. Beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh peserta, dan berharap apa yang dilakukan oleh Kalbe khsususnya Prenagen, memberikan dampak positif bagi yang hadir pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. 
Prenagen hadir untuk orang tua terbaik untuk yang teristimewa. Telah menemani selama 30 tahun.
Wah, nggak nyangka kalau ternyata Prenagen ini sudah usia 30 tahun ya. Lebih tua dari saya.

Perencanaan Kehamilan Untuk Generasi Emas Bangsa

Selanjutnya ada dr.Budi Imam Santoso, dari POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia). Beliau menyampaikan bahwa kehamilan itu melewati 3 tahap, yaitu:
Merencanakan kehamilan
Menyiapkan Kehamilan
Menjaga Kehamilan
Perencanaan ini dimaksudkan demi menghasilkan generasi emas untuk Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama, 1000 hari pertama bagi anak merupakan masa yang sangat penting. Sehingga penting bagi kita sebagai orang tua untuk benar-benar memperhatikan asupan gizi sehari-hari. Zat-zat yang sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui adalah zat besi, asam folat, Aha-DHA., dan lainnya.

1000 hari masa emas anak dimulai selama kehamilan 9 bulan dan 2 tahun pertama setelah kelahirannya. 1000 hari masa emas anak hanya terjadi sekali, karenanya berikanlah yg terbaik untuk anak kita.

Melanjutkan pemaparan di atas, dr Mulyono mengatakan bahwa untuk memenuhi semua kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui tersebut, bisa diperoleh dengan mengkonsumsi susu kehamilan karena didalamnya telah diberikan formula khusus untuk ibu hamil.  Kita tidak perlu khawatir mengkonsumsi Susu dari Prenagen, sebab kandungan lemaknya sangat rendah. Apalagi Saat ini prenagen sudah dilengkapi dengan PrenaPro yang baik untuk Ibu dan janin.

Dari PRENAGEN telah menyiapkan beberapa varian produk susu untuk mendampingi setiap tahapan bagi Ibu hamil dan menyusui. 

Kesehatan Ibu Berarti Kesehatan Janin


Menurut dr. Boy Abidin, SpOG ( K ) plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin yang dikandungnya. Selain itu plasenta berperan sebagai organ yang mempertahankan kelangsungan dan kesehatan kehamilan. Plasenta merupakan salah satu kompartemen kehamilan sehingga kesehatan organ ini harus diperhatikan karena akan memberikan dampak kesehatan jangka panjang terhadap si kecil.

Kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah SEMU. Plasenta merupakan organ nutrisi sehingga nutrisi dalam kehamilan adalah KEHARUSAN.

Mengapa dr Boy berkata demikian? Ternyata bukan tanpa alasan. Karena rupanya plasenta memiliki peran yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin.

” You are WHAT your mother eat ”.

Sebagaimana kita ketahui, plasenta berfungsi sebagai pendistribusi makanan untuk bayi. Biasanya plasenta cenderung menempel pada bagian perut Ibu yang mengandung banyak darah karena di daerah tersebut cenderung lebih banyak sari makanan.
Kwalitas sari makanan yang didistribusikan lewat plasenta ini sangat terpengaruh dari apa yang dikonsumsi oleh ibunya. Karenanya seorang ibu hamil harus benar-benar menjaga asupan makanannya agar seimbang.

Gangguan kehamilan dapat terjadi karena tidak seimbangnya asupan makanan si ibu, hal ini dapat berakibat terjadinya gangguan kesehatan jangka panjang dan terganggunya pembentukan kognitif atau kecerdasan pada anak,
Semua orang tua pasti berharap anaknya kelak sehat jasmani maupun jiwa-nya bukan.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ). Beliau berpendapat berpendapat bahwa keadaan tumbuh kembang bayi baru lahir sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi dimasa kehamilan & menyusui . Pemberian nutrisi seperti asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta kolin selama masa kehamilan & menyusui akan membantu pembentukan sistem saraf pusat .

Pada 2 tahun pertama si anak, nutrisi terbaik untuk bayi adalah ASI. Dalam ASI terkandung berbagai zat yang dapat membantu proses pembentuk sistem saraf pusat. Sebagai contoh laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. Kolostrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan mielin ( selubung penghantar impuls saraf ). Zat besi juga sangat penting untuk perkembangan otak . Anak yang kekurangan besi pada umur 6 bulan memperlihatkan mielin kurang sempurna sehingga perkembangan anak dapat mengalami keterlambatan.

Hallo Bumil Serta Dukungan Bagi Wanita Hamil dan Menyusui

Hadir dalam acara tersebut, adalah Andien. Artis ambassador terbaru Prenagen. Ternyata tahun lalu Andien mengikuti PPEJ, dan apa yang dia dapatkan dalam PPEJ tersebut sangat bermanfaat baginya selama kehamilan. 

Sebagaimana kita ketahui, baru-baru ini Andien telah melahirkan putra pertamanya. Andien mengatakan bahwa dukungan pertama yang dibutuhkan oleh seorang Ibu adalah suami siaga dan dukungan dari orang-orang terdekat. Andien salalu berupayan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang karena ia percaya, anak yang sehat berawal dari ibu yang sehat.


Nah, bicara tentang dukungan bagi wanita hamil dan menyusui, dalam kesempatan tersebut juga telah diluncurkan sebuah aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia “Hallo Bumil “ yang interaktif memberikan informasi kepada para calon Ibu yang sedang hamil dengan tepat waktu. Aplikasi HALLO BUMIL ini dapat di unduh di Android
Cara pemakainnya terbilang gampang. Kita tinggal download, install, dan sign in/daftar. Di dalam aplikasi ini terdapat 4 fitur utama, yaitu


1.       Timeline Kehamilan
Isinya tentang usia kehamilan, dan informasi terkait dengan perkembangan janin pada usia kehamilan tersebut.
Di sini ada semacam interaksi antara ibu dan anak, meski bisa dikatakan ini merupakan interaksi pasif, namun cukup membuat saya merasa seolah “ngobrol” dengan bayi saya. Dududu.. 


2.      Artikel
Nah, di bagian artikel ini, kita akan disuguhi artikel berdasarkan usia kehamilan. Rata-rata per tahapan usia (dibagi per minggu) disediakan 4-6 artikel. Jadi kita bisa menambah wawasan mengenai kondisi kehamilan pada usia tersebut.

3.      Kontrol Kehamilan
Masih dibagi perminggu. Jadi kita bisa mengontrol berat tubuh normal kita pada usia kehamilan yang sedang kita jalani.


4.      Album Foto
Kita bisa menyimpan foto kita per minggunya. Ini untuk melihat perkembangan kehamilan tiap minggunya. Allbum foto ini kelak bisa kita perlihatkan pada anak kita. Jadi bair dia tahu perkebangan tubuh si ibu selama dia di dalam perut. Sepertinya lucu juga ya.. hihhi

Oya, aplikasi besutan PT Cakra Radha Mustika ini sebelumnya diberi nama  ILUVUBABY dan kemudian berganti nama menjadi Hallo Bumil.

Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. sayangnya saya baru tahu ada aplikasi ini, padahal sejak awal kehamilan saya udah nyari di appstore aplikasi untuk ibu hamil, dan merasa belum ada yang cocok. Jadi buat ibu-ibu yang sedang mencari-cari, pas banget nih. Gak perlu pake muter-muter seperti saya waktu itu. Copot pasang beberapa aplikasi.

Senam Prenafit, Untuk Ibu Yang Ingin Selalu Fit!

Di akhir acara, PRENAGEN juga memperkenalkan olah raga baru untuk ibu hamil & ibu yang memiliki anak dimulai usia 4 bulan yaitu senam PRENAFit. Senam ini bermanfaat tidak hanya bagi si Ibu, melainkan juga bermanfaat bagi bayi kita.

Adapun manfaat Senam PRENAFit bagi si ibu adalah sbb
1/ membantu ibu lebih rileks ,
2/ mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan,
3/ meningkatkan stamina & kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan ,
4/ kemungkinan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional & tekanan darah tinggi pada saat hamil ,
5/ dapat mengurangi resiko risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata – rata / fetal macrosamia.


Senam ini sangat praktis dan hanya terdiri atas beberapa gerakan saja. Bisa dilakukan disela-sela kegiatan dan tidak harus keluar ruangan.

Sedangkan beberapa manfaat pada bayi dengan senam PRENAFit diantaranya
1/ menurunkan resiko obesitas pada bayi dikemudian hari ,dikarenakan ketika lahir, kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan ( Clapp, 1998 ) ,
2/ bayi lebih tenang ,
3/  memiliki skor kecerdasan umum yang kebih tinggi & kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai ke usia 5 ( Clapp,1998).

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa kepoin beberapa media sosial Prenagen berikut
Facebook : Prenagenworld
Instagram : @prenagenworld 
Twitter : @prenagenworld



5 komentar:

  1. lengkap informasinya
    meriah serba ungu y..ternyata udah lama produk ini menemani masyarakat indonesia

    BalasHapus
  2. Eh aplikasinya membantu para bumil itu, bisa kontrol dan samain dengan hasil cek ke dokter keknya.

    BalasHapus
  3. keren aplikasinya, ngebantu banget ya buat ibu hamil

    BalasHapus
  4. Wah iya mba asam folat bagus banget buat ibu hamil

    BalasHapus
  5. sangat membantu aplikasinya untuk para ibu hamil ......

    BalasHapus