Senin, 18 Desember 2017

Menyemai Asa Bersama 60 Tahun Astra



Menjelang akhir tahun 2017, Badan Pusat Statistik (BPS)  mengeluarkan hasil survey terkait tingkat kebahagiaan masyarakat Indonesia. Dari hasil survey tersebut didapatkan sebuah data dimana pada tahun 2017 Indeks Kebahagiaan masyarakat Indonesia ada pada kisaran angka 70,6 dengan skala 0-100. Angka yang cukup menggembirakan dibanding hasil survei pada tahun 2014 yang hanya ada pada kisaran 68,28.

Adapun konteks penilaian yang digunakan dalam mengukur Indeks Kebahagiaan ini menggunakan 3 dimensi, yaitu kepuasan hidup, kepuasan perasaan dan kepuasan makna hidup.


Sejatinya kepuasan hidup masyarakat pastinya dipengaruhi oleh berbagai hal. Seperti tingkat pendapatan, 
Dari hasil survey yang cukup menggembirakan tersebut saya meyakini di dalamnya pasti ada andil besar dari grup Astra. Bagaimana tidak, sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, Astra telah memberikan begitu banyak kontribusi bagi masyarakat Indonesia bahkan tidak lama setelah kemerdekaan.


Sebagaimana diketahui PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Dengan nilai kapitalisasi pasar Astra pada tahun 2016 sebesar Rp335,0 triliun. Tak diragukan lagi, sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia Astra telah berhasil menyemai asa bagi negara dan banyak masyarakat Indonesia di tengah himpitan kebutuhan hidup yang kian meningkat. Baik dari segi pendapatan, pelayanan sosial, bahkan pendidikan.

Astra sensiri telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari:
1. Otomotif,
2. Jasa Keuangan, 
3. Alat Berat dan Pertambangan, 
4. Agribisnis,
5. Infrastruktur dan Logistik,
6. Teknologi Informasi dan 
7. Properti.

Dengan cakupan bisnis yang beragam, Astra telah menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat lewat produk dan layanan yang dihasilkan. Karena memang produk dan layanan yang dihasilkan bersinggungan langsung dengan kehidupan sehari-hari. 

Dengan begitu banyak segmen perusahaan yang digarap oleh grup Astra, secara nyata membuat masyarakat Indonesia tak ragu untuk menyemai asa bersama Astra group. Sebab Astra sendiri telah berkomitmen untuk  menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang pada aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui program tanggung jawab sosial yang berkelanjutan di bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) serta kesehatan.


4 Pilar Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) Astra

Sejalan dengan filosofi perusahaan, Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk bangsa Indonesia terhitung sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957. Tidak hanya mengejar keuntungan perusahaan, Astra secara nyata memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. Baik yang bersinggungan langsung dengan Astra maupun tidak.
Pihak yang bersinggungan langsung di sini, seperti karyawan dan masyarakat yang letaknya satu lingkungan dengan Astra.

Lewat 4 Pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR), Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.



1. Astra Untuk Indonesia Sehat/Kesehatan

2. Astra Untuk Indonesia Cerdas/Pendidikan

3. Astra Untuk Indonesia Hijau/Lingkungan

4. Astra Untuk Indonesia Kreatif/UMKM

Astra turut berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.
Dari segi pendidikan, ada banyak anak bangsa yang menyemai dan tersemai asanya berkat program pendidikan dari Astra. Cita-cita yang tadinya terkesan mustahil, menjadi mungkin. Di negeri ini ada banyak asa anak bangsa yang tergadai sebab ketidakmampuan ekonomi. Karenanya program ini pastinya menumbuhkan harapan tunas bangsa untuk lebih dekat dengan impiannya.

Astra telah mengadakan beberapa program untuk meningkatkan pendidikan serta melakukan beberapa pelatihan demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Diantaranya dengan Program-program seperti :
Rumah Pintar
Pendidikan Daerah Pra-Sejahtera
Pemberian Beasiswa dan Bantuan Fasilitas Pendidikan

Manusia dan lingkungan pastinya dua elemen yang tak terpisahkan. Ada siklus saling membutuhkan yang tak bisa kita abaikan. Astra lewat CSRnya, seperti ASTRA Forest, Astra Green Lifestyle (AGL), merupakan salah satu wujud cinta bagi kelangsungan hidup dan kelestarian alam.

Dari semua program CSR yang dibuat oleh Astra dapat disimpulkan bahwa Astra telah bersungguh-sungguh untuk ikut andil dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia. Namun demikian Astra pastinya masih menyimpan asa yang lebih besar lagi untuk memberikan kontribusi yang lebih maksimal.

Karenanya tidak salah jika banyak elemen yang turut serta menyemai asa seiring bertumbuhnya Astra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar