Jumat, 01 Juni 2018

Cara Tepat dan Cepat Atasi Ruam Popok



Bun, baby kalian pernah kena ruam popok ga?

Rayhan sih sering, dan yang paling parah saat itu terjadi ketika rayhan berumur sekitar 6 bulanan.

Biasanya cuma merah dan bintik-bintik kecil doang, nah waktu itu kulitnya sampai mengelupas. Lecet gitu. Penyebabnya karena emaknya telat gantiin popoknya. Dientar-entarin. Hiks.


Dan menjadi parah karena dibiarkan saja, telat ditangani. Memang tidak terjadi peradangan, tapi tetap saja rasanya bikin nyut-nyut ulu hati. Apalagi saat mendengar kerewelannya setiap kali bagian yang ruam ini tesentuh saat pipis, poop atau setiap kali ganti. Waktu itu bisa dikatakan wawasan saya mengenai ruam popok dan cara menanganinya masih sangat minim. 

Nah beruntung hari Sabtu (26/5/2018) saya berkesempatan mengikuti Blogger Gathering bersama Kumpulan Emak-emak Blogger dan 3M. Di sini dibahas tuntas deh tuh tentang ruam popok.


Lindungi Bayi Anda dari Ruam Popok

Dalam acara yang dilaksanakan di Ocha Bella Restaurant yang terletak di Jl KH Wahid Hasyim, hadir dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K), seorang dokter spesialis anak di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo). 

Di kesempatan tersebut dr. Rina menjelaskan jenis ruam popok berdasarkan penyebabnya. Ada yang disebabkan oleh terlalu seringnya kena gesekan dari diapers, Impetigo, Intertigo,Seborrhea, dan Yeast Rush.  

Ruam popok sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada kulit di sekitar alat kelamin akibat terpapar urin atau feses secara berulang.


Penyebab Ruam Popok
1.     Iritasi akibat kulit terpapar air kemih atau tinja terlalu lama. Nah ini nih penyebab yang sering terjadi. Rayhan juga penyebabnya gegara ini. Huhhu
2.   Gesekan dan kulit yang sensitive terhadap bahan kimia. Kalau dipikir sih ya gimana ga kena ruam, Rayhan pakai popok itu 7x24 jam.
3.  Perubahan bentuk makanan. Yang tadinya ASI doang lalu dikasih makanan pendamping (MPASI). Tepat banget, waktu itu parah pas Rayhan usia 6 bulan, masa awal MPASI.
4.     Infeksi bakteri atau jamur.
5.     Atau saat si baby sedang mendapat terapi antibiotik.

Nah, baby kalian penyebab ruam popoknya kenapa, Bund?


Narasumber


Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati.

Meski bukan penyakit parah, saat bayi kena ruam popok tetep aja bikin gemes sama si ruam ini. Karenanya dari pada repot sendiri atau menyesal di belakang, sebaiknya kita melakukan pencegahan. 

Berikut langkah-langkah pencegahan yang bisa kita lakukan agar si kecil jauh dari ruam popok:

1.     Jagalah kulit si kecil agar tetap bersih dan kering
2.     Jangan suka menunda mengganti popok si kecil. Ganti aja sesering mungkin apalagi jika udah ada indikasi penuh atau sudah melewati batas maksimalnya yaitu sekitar 3-4 jam.
3.     Saat mengganti popok, bersihkan kulit bayi menggunakan air hangat
4.     Gunakan krim yang dapat memberikan perlindungan dari gesekan dan paparan lembab berlebih.
5.     Pastikan kulit bayi kering sebelum memakaikannya popok. Bisa dilap dengan handuk atau kain lembut.
6.     Beri kesempatan kulit untuk “bernafas”. Biarkan bayi tidak menggunakan popok 2-3 jam dalam sehari. Tambahan cucian? Gak seberapalah ya dibanding anaknya kena ruam.
7.     Sesuaikan ukuran popok dengan bayi. Jangan gunakan ukuran yang kekecilan karena akan membuat kulit terdesak, panas dan lembab. Dan kalau kebesaran akan membuat fungsi popok itu tidak maksimal.


Kalau langkah-langkah pencegahan sudah dilakukan tapi apes, si ruam masih menyerang gimana? Ya mau gak mau kita harus melakukan perawatan agar si ruam tidak menggila. 

Caranya dengan mengganti popok sesegera mungkin. Bersihkan dengan air hangat bila perlu gunakan sabun cair. Sekali lagi, pastikan ya bund, sebelum memakaikan popok kulit bayi harus benar-benar kering. Selanjutnya oleskan krim, salep, atau lotion khusus pengusir ruam. Jika perawatan ini tidak manjur, ya segera bawa ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih tepat.
Menurut dr Rina, prinsip penanganan ruam itu adalah dengan CPR

Cleance – hilangkan iritasi dari kulit,
Protect – gunakan pelindung pada kulit agar tidak terjadi sentuhan secara langsung antara kulit dengan urin atau feses,
Restore – pulihkan, tetap gunakan krim anti ruam bila perlu.




3M Cavilon –  Cara Tepat dan Cepat Atasi Ruam Popok

Sebagai mana disebutkan di atas, salah satu cara mengatasi ruam popok adalah dengan menggunakan produk yang dapat memberikan film/barrier, antara kulit dengan popok serta urine dan fases.
Nah satu-satunya produk yang mengandung barrier (film/pelindung) yang saya tahu sejauh ini adalah salah satu produk 3M, yaitu Cavilon.

Karena keampuhannya dan terbukti efektif-lah yang menjadi alasan dr. Sony Wijaya, Sp.B menggunakan 3M dalam mengatasi ruam pada pasien-pasiennya di RS Premier Jatinegara – Jakarta. dr. Sony ini merupakan seorang dokter bedah. Pasiennya kebanyakan orang-orang dewasa.

Kebayangkan kalau orang dewasa kena ruam popok dan sampai harus ditangani oleh seorang dokter bedah? Pastinya sakitnya serius.
Sebab itu beliau tidak mau coba-coba dalam menggunakan suatu produk. Kita juga sebagai masyarakat awam dalam menggunakan produk kesehatan tidak boleh sembarangan. Gunakan produk yang memang direkomendasikan oleh para tenaga kesehatan.

Cavilon ini akan membentuk lapisan pelindungan antara bahan perekat dan kulit manusia, sehingga ketika lapisan perekat ini dilepas yang tercabut adalah barrier filmnya bukan lapisan epidermis kulit.



Nah, berikut alasan dr Sony memilih 3M Cavilon:
1.     Terbukti melindungi kulit dari kerusakan
2.     Compatible dengan CHG dan PV.
CHG ini dapat bereaksi dengan bahn anionicmenjadi tidak terlarutdanmenyebabkan hilangnya daya antimikroba.
3.     Steril,sesuai dengan beberapa guideline untuk beberapa tindakan yang membutuhkan teknik aseptic
4.     Cepat kering dan tidak lengket
5.     Tidak sitotoksik dan hipoalerginik, tidak mengganggu proses penyembuhan apabila kulit rusak
6.     Anti air
7.     Tidak menyengat dan nyaman bagi pasien dengan kulit rusak
8.     Cost efectif, lapisan film dapat bertahan selama 72 jam

Perkemasan isi 28ml harganya Rp 180.000,-. Dan satu botol bisa untuk 140x semprotan.

Oya perlu diingat bahwa cavilon ini masuk dalam kategori alat kesehatan ya. Jadi tetap gunakan krim anti ruam. Dan Cavilon akan melindungi krim tersebut agar tidak mudah terkikis oleh gesekan popok, ketika pipis bahkan pup.

Cavilon sudah bisa didapatkan di ecommerce seperti Lazada dan Shopee.


Tentang 3M

Awalnya 3M merupakan sebuah perusahaan pertambangan (mining) namun setelah berdiri 100 tahun berkembang menjadi perusahaan raksasa. Produknya bisa kita temui dimana-mana. Bahkan sampai ada pepatah “dalam radius 10 meter dari kita pasti ada produk 3M”. Termasuk HP, bisa jadi sparepartnya ada yang merupakan produk 3M. Di setiap rumah, mulai dari kabel dan sebagainya.



3M merupakan perusahaan yang terus berinovasi.  Terbukti dengan luasnya penyebaran produk 3M yang dijual di 200 negara. Di Indonesia sendiri ternyata 3M udah ada sejak 40 tahun lalu. 

Ibu Sita sebagai Bisnis Manager 3M Indonesia, mengakui bahwa 3M ini perusahaan yang sangat epik. Cara berbisnisnya sangat etis, mereka sangat menghindari yang namanya pelanggaran. 3M sangat mematuhi setiap peraturan yang berlaku, imbasnya produknya juga menjadi kepercayaan bagi masyarakat luas.
101 tahun berturut-turut perusahaan membagikan deviden kepada pemegang sahamnya. Jadi tidak mengherankan jika 3M sering mendapatkan penghargaan di tingkat dunia. 

52 komentar:

  1. kalau prabu penyebab ruam nya karena aku sering lupa cek popoknya, pas banjir baru deh ganti, sekarang gak lagi2 deh sedih liat anak kena ruam popok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga salah satu penyebabnya ya itu mba..

      Hapus
  2. Kasihan kalau sampai ruam popok, perih dan bikin rewel. Memakai dalam keadaan kering. Catat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mpok. Kasian si anak bayik. Makanya bnr2 diperhatikan sekarang

      Hapus
  3. Dulu waktu Key masih pakai popok sekali pakai, saya juga rajin Mba olesin krim di daerah sekitar pemakaian popok. Jadi sebelum ruamnya bertambah, sudah dicegah terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga sih mba. Tinggal pintar2 kitanya aja sebagai orang tua

      Hapus
  4. masalah semua bayi ya ruam popok. apalagi buat bayi kulit sensitif kayak anakku. sedih deh dulu, pake berbagai macam obat dan treatment buat ruam popoknya. sekarang enak kalo ada obatnya, cavilon, biar ruam popok bayi hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. Solusi banget nih biar ruamnya nggak makin menjadi. Atau klw udah keburu parah ya biar ga meradang

      Hapus
  5. Ga mau ah bayiku kena ruam popok.

    BalasHapus
  6. Aku baru tau klo 3M ini punya produk baby carenya, harus punya nih karena anakku kulitnya super sensitif dan sering ruam walaupun gak terlalu parah sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tahu mba.
      Alhamdulillah kalau kena ruam, sekarang setelah dikasih krim anti ruam ku semprot pake ini untuk ngasih film/pelindung si ruam biar ga kegesek. Jadi obatnya bisa kerja maksimal.

      Hapus
  7. Puk..puk ya ampu Reyhan, ga bisa ngebayangin iritasi yg dialaminya pasti parah bgt. Untunglah saat ini sudah ada produk ini, sehingga masalah ruan bisa diatasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak parah banget sih. Cuma ya kasian. Apalagi sebelum tau produk ini

      Hapus
    2. Nggak parah banget sih. Cuma ya kasian. Apalagi sebelum tau produk ini

      Hapus
  8. Anakku dulu ruam popok. Penyebabnya ya karena selalu pake diaper. Harusnya dilepas sesekali biar kulit bebas bernapas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama si Rayhan juga gitu mba. Emaknya rada malas banyak cucian. Wkwk

      Hapus
    2. Sama si Rayhan juga gitu mba. Emaknya rada malas banyak cucian. Wkwk

      Hapus
  9. Wah Amma blm Punya bayi. Tapi kalau untuk Ruam yg lain bisa jg Kali ya. Misal di dawrah daerah lipatan. Itu Kan suka Ruam jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa jadi mba. Soalnya ini gak cuna buat anak bayik

      Hapus
  10. Wah..praktis ya cavillon mengatasi ruam popok pada bayi. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal semprot pada bagian ruam yang udah diolesin krim anti ruamnya ya mba. Biar pengobatannya maksimal jugak

      Hapus
    2. Tinggal semprot pada bagian ruam yang udah diolesin krim anti ruamnya ya mba. Biar pengobatannya maksimal jugak

      Hapus
  11. sebenernya masih penasaran sama produk ini tpi karena sudah menjelang maghrib jadi ditahan dulu pertanyaannya, seru ya mak acaranya

    BalasHapus
  12. Mantap banget acaranya, berbobit. Aku baru tau ada Cavilon buat ruam kulit

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah anakku sudah sudah sembuh ruam popok nya mbak. Pakai cavilon ga rewel lagi dan lebih cepat proses sembuh nya

    BalasHapus
  14. Aku jarang sekali pakein popok ke anakku popok sekali pakai karena takut ruam.Kasihan kan kalau debay ruam popok, ga tega pastinya.

    BalasHapus
  15. Anakku jg pakai popok, ya betul harus diperhatiin timing pemakaiannya jgn kelamaan. Kayaknya menarik diapers ini

    BalasHapus
  16. Akhirnya daku tahu juga apa itu 3M, hehehe. Pasti nggak nyaman banget sama yang namanya ruam, apalagi kalau yang kena adalah anak kecil. Kita yang orang dewasa aja, nyeri sama ruam.

    BalasHapus
  17. Anakku juga pakai diapers, iya benar harus diperhatiin timing pemakaiannya, anakku biang keringat yang sampai merah gitu cavilon ini bisa Bantu gak ya??

    BalasHapus
  18. Kalau anakku kena ruam juga biasanya popoknya aku lepas mbak, pakai celana biasa.
    Skrng kalau udah terlanjur ruam, pengobatan ruamnya jauh lbh cepet kalau pakai pelindung Cavilon ini ya.

    BalasHapus
  19. Aku baru tahu ternyata 3M sudah ada produk buat baby yaitu Cavilon, tahunya 3M produknya kayak scoth it sama scoth brite.. hehe Cavilon bisa jadi recommend buat saudara2 aku yang punya baby mengalami hal seperti ini..

    BalasHapus
  20. Aku baru tahu ternyata 3M sudah ada produk buat baby yaitu Cavilon, tahunya 3M produknya kayak scoth it sama scoth brite.. hehe Cavilon bisa jadi recommend buat saudara2 aku yang punya baby mengalami hal seperti ini..

    BalasHapus
  21. Yang paling penting adalah harus jeli dalam memilih popok perekat atau celana. Pahami kondisi kulit anak. Pemakaian Popok terlalu lama dengan isi pipis yang terlalu banyak dapat menyebabkan ruam popok. Beruntung sekali Ibuk jaman now sudah banyak solusi bagi ruam popok. Thanks for sharing Mbak.

    BalasHapus
  22. Nah mbak anakku yg pertama sempet ruam popok disekitaran anus nya, sampe kemerahan sedih banget liatnya. Ini solusi terbaru ya buat nyembuhin ruam popok. Thanks loh mbak

    BalasHapus
  23. Cavilon pas banget untuk baby yang kulitnya sensitif, suka kasian kalo liat baby kena ruam popok. Pasti perih dan bikin nggak betah.

    BalasHapus
  24. Anak aku sering banget ruam popok padahal aku sering juga hanti pampers kalo udah penuh. Kasian seringnya nangis karena gatal. Jadi pengen nyetok ini kak.

    BalasHapus
  25. anakku pernah ngalamin ruam popok parah, duhhh panik campur takut karena sampe merah ngelupas gitu, rewel juga kan jadinya

    waktu itu dikasih salep khusus sama dokter anak, enak ini ada cavillon, jadi lebih cepat sembuh ya

    BalasHapus
  26. wahhh enak ini tinggal semprot-semprot, enggak takut bakal kena oles biasanya kan sakit klo kena tangan

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah anakku sih gak pernah ruam popok, tp jangan sampe deh kasihan lihatnya. Bagus ya fungsi cavilon, kayaknya setiap emak yg punya bayi harus nih punya ya

    BalasHapus
  28. wah sudah terbukti ya kualitas dan produksinya terjamin, insyaaAllah jading khawatir pilih produk ini. wishlist klo nanti punya bayi niii

    BalasHapus
  29. Ternyata MPASI jg menyebabkan ruam popok ya, baru tau bgt nih aku. Tapi sekarang ada Cavilon yah. Jd iritasi kulit akibat ruam popok bisa teratasi

    BalasHapus
  30. Jadi dia covering luka yg diobati yaa.. bukan buat obat. Cavilon ini bisa dipakai orang dewasa juga ga?

    BalasHapus
  31. Anakku yang paling kecil (sekarang 4 thn) dulu juga pernah kena ruam popok. Kira-kira dia umur 4 bulan. Gara-garanya, emaknya sibuk ngurus pendaftaran kakaknya yang mau masuk SMP. Jadi kelamaan gak diganti popoknya..kasih banget, coba dulu udah tahu cavilon ya..

    BalasHapus
  32. Kasian anak2 kalau sampai kena ruam popok. Syukurnya sekarang ada obat yg bisa meredakan ruam popok, botolnya pun praktis dibawa kemana aja

    BalasHapus
  33. iya kebersihan anak memang harus nomor satu
    apalagi waktu bayi
    rentan banget ruam jika ga telaten
    alhamdulillah waktu bayi anak sy urus sendiri
    jadi sering ganti diapers sehingga ga kena ruam
    sekarang ada cavilon ya..sangat membantu banget nih bagi ibu yg anaknya kena ruam

    BalasHapus
  34. Jadi fungsi cavilon ini serupa plaster luka ya, bedanya bentuknya spray jadi lebih mudah mengikuti lekukan luka. Ada ada aja inovasinya

    BalasHapus
  35. nah ini nih, kayaknya aku perlu stok cavilon dirumah.. soalnya anak ketiga masih pakai pospak! buat jaga2 kalau kena ruam popok, moga sih jangan ya.. :D

    BalasHapus
  36. Wajib punya kalau punya anak bayi yang kulitnya masih tipis dan sensitive ya mba. Biar mereka tidak mengalami masalah ruam karena diapers yang mereka pakai.

    BalasHapus
  37. Untuk ibu yg masih punya baby, wajib nih punya di rumah.

    BalasHapus
  38. Dulu anak-anak saya kena ruam popok juga.
    Dulu tidak begitu banyak pilihan produk untuk mengobati ruam popok. Alhamdulillah sekarang sudah ada altenatif lain, seperti Cavilon ini, ya.

    BalasHapus
  39. Aku Udah coba pake Cavilon buat anakku, produk bagus dan rekomended banget

    BalasHapus