Rabu, 05 Desember 2018

Cara Bijak Siasati Godaan Promo Tahun Baru.

Cara Bijak Menyiasati Godaan Promo Tahun Baru.
Cara Bijak Siasati Godaan Promo Tahun Baru. (via pixabay.com)

Salam, kawan-kawan!
Apakabar kalian? Apakabar resolusi kalian tahun ini? Sudah rampung, malah udah nyiapin resolusi tahun depan? Atau sebagian mandek, lalu malah stress karena ternyata pergantian tahun sudah di depan mata. Haha 

Yaudahlah ya. Jangan dibawa stress, happy aja shay. Ya, anggaplah resolusi itu sebagai reminder kita selama satu tahun. Senggaknya selama satu tahun ini kita punya tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Sehingga kita tidak menyia-nyiakan hari demi hari tanpa harapan dan tanpa tindakan yang nyata.
 
Nah, untuk mengurangi stress kalian (dan saya..wkwk), jangan lupa bahwa akhir dan tahun baru adalah syuurga belanja. Yippy. Lupakan segala penatmu, mari bersenang-senang sejenak. Menjelang tahun baru, artinya ada banyak promo yang siap kita samperin. 

Ngomong-ngomong kalian lebih senang belanja online atau offline? Menurut saya keduanya memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Belanja Offline

Kelebihan:
  • Dengan belanja secara offline, kita bisa melihat, memegang dan mencoba barangnya secara langsung.
Kekurangan:
  • Membutuhkan waktu yang relative lebih lama. Mulai dari perjalanan hingga waktu yang digunakan untuk mendatangi toko satu per satu. 
  • Lebih Melelahkan. Jujur sekarang saya nggak kuat ngiderin toko satu demi satu. Masalahnya nggak cukup satu atau dua toko doang.

Belanja Online
Kelebihan:
  • Hemat waktu dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Bisa sambil nonton atau sambil ngemongin anak.
  • Lebih leluasa memilih barang yang diinginkan. Dengan catatan tidak perlu khawatir diomeli karena tidak jadi beli. Wkwk
  • Relative lebih murah. Ini karena penjual online tidak perlu membayar sewa toko, belum lagi rentetan biaya operasional yang lumayan tinggi.
  • Pilihan metode pembayaran yang beragam.
Kekurangan:
  • Barang tidak bisa dilihat dan dicoba secara langsung
  • Biaya kirim dan pengiriman butuh waktu.
  • Riskan terhadap penipuan. Barang tidak sesuai dengan pesanan atau yang lebih parah barang tak kunjung dikirim.
Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan di atas, akhirnya kalian lebih pilih belanja online atau offline? Kalau saya lebih memilih belanja offline untuk keperluan yang sifatnya urgent seperti kebutuhan sehari-hari seperti gula, sabun, beras, dll. Nah untuk barang-barang yang kebutuhannya tidak terlalu mendesak seperti popok, baju, dan mainan, saya lebih memilih belanja online saja.

Kembali ke promo menjelang tahun baru nih, sebagaimana kita ketahui bersama, tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk belanja. Entah itu belanja secara offline atau online. Pasalnya, di akhir dan awal tahun biasanya banyak sekali brand atau toko yang memberikan promo yang menggiurkan. Selain harus kuat iman, kita juga harus kuat-kuat ngekepin dompet.

Saking menggiurkannya, terkadang kita seperti terhipnotis dan terbawa suasana. Mentang-mentang lagi promo, lantas main beli saja. Padahal belum tentu barang yang dibeli itu sesuai dengan kebutuhan. Sayangkan ya kalau sampai nggak terpakai. Lebih baik uangnya kita gunakan untuk keperluan yang lain. 

Cara Bijak Menyiasati Godaan Promo Tahun Baru.
Jangan kalap dengan tulisan diskon. Ingat masih ada hari esok, masih ada kebutuhan yang lain. (via pixabay.com)

Bijak Siasati Promo Tahun Baru

Nah, sebelum beras menjadi bubur dan sebelum promo akhir tahun membuat petaka bagi isi dompetmu, kita harus bijak menyiasatinya.

1.    Budget yang masuk akal
Jadi kita tentukan sebesar apa dana yang boleh kita belanjakan untuk menghadapi badai promo menjelang akhir tahun ini. Jangan sampai kita terbawa arus hingga kemudian hanyut tak punya pegangan. Jangan mengada-ada dan jangan memaksakan diri.

2.    Wish list
Buat daftar barang yang memang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Hal ini untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkendali.

3.    Belanja hanya di online shop terpercaya, jika memungkinkan pilih ecommerce yang telah terferivikasi.

4.    Bandingkan harga dan lokasi pengiriman
Belanja online memberi kita keleluasaan untuk membandingkan harga antar toko. Selain membandingkan harga, lokasi pengiriman juga perlu kita pastikan terlebih dahulu agar waktu pengiriman tidak terlalu lama. Dan yang pasti untuk meminimalkan ongkos kirim.

5.    Review barang dan seller
Sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya kita mencermati deskripsi produk termasuk jaminan garansinya, terutama untuk pembelian barang elektronik yang harganya cukup mahal.

Jadi gimana? Sudah punya incaran barang yang ingin dibeli? Kalau memang butuh barangnya, eksekusi saja shay. Dan siap-siap deh mendapat kejutan Promo Tahun Baru Online 2019 di situs-situs kesayangan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar