Sabtu, 15 Desember 2018

Cara Tepat Merawat Kulit Bayi


Moms, apa jenis kulit bayi kalian?
Kenapa saya menanyakan jenis kulit si kecil? Karena ternyata, seperti halnya kulit orang dewasa, untuk memberikan perawatan yang tepat pada kulit bayi, terlebih dahulu harus tahu #ApaJenisKulitBayimu?

Meski kulit bayi terlihat bersih serta lembut, juga halus hingga bikin kita betah berlama-lama mengelusnya, ternyata kulit bayi itu sangat sensitive. Dan ada sebuah fakta yang harus kita ketahui bersama bahwa bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda. Kulit bayi rupanya cenderung kering.

Fakta tentang kulit bayi:
•    lapisan pelindung kulit belum terbentuk sempurna
•    Kulit bayi cenderung kering
•    Kekayaan sel (stem cell) kulit sangat tinggi, dan cenderung menurun drastis di usia 0-2

Melihat fakta di atas, berhubung kulit bayi ini pada dasarnya sangat rentan, penting bagi kita untuk memberikan perawatan sesuai jenis kulitnya.

Mengenal Jenis-jenis kulit bayi, yaitu:    
•    Kulit normal dengan ciri-ciri lembut, lembab dan bersih
•    Kulit kering dengan ciri-ciri kasar, bersisik dan kadang terkelupas
•    Kulit atopic dengan ciri-ciri sangat kering, gatal dan kadang ada bercak kemerahan

Oya, pengetahuan tentang fakta dan jenis kulit bayi ini saya peroleh ketika mengikuti talkshow yang diadakan Mustela Indonesia pada tanggal 1 Desember 2018 di IMBEX (Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo) di JCC – Jakarta. hadir sebagai narasumber saat itu ada dr. Raisa ( Dokter & Brand Ambassador Mustela ) dan Bapak Mochamad Nurhadi (Brand Manager Mustela)


Jenis Kulit dan Beberapa Permasalah  Kulit yang Pernah dialami Rayhan

Nah, berdasarkan jenis kulit dengan ciri-cirinya di atas, sudahkah moms tahu #ApaJenisKulitBayimu?

Dengan ciri-ciri di atas, dapat saya simpulkan bahwa jenis kulit Rayhan termasuk normal. Hanya saja, namanya kulit bayi ya, rentan dan mudah mengalami masalah. Beruntung masalah kulitnya tidak terlalu dominan. Dan terjadi hanya pada waktu-waktu tertentu saja. 

Ruam Popok:
Konon, penggunaan popok itu kadang cocok-cocokan. Kalau tidak cocok, ya bisa berakibat terjadinya ruam popok. Gonta-ganti berbagai merk popok juga dapat mempengaruhi muculnya si ruam ini.

Sekali waktu saya mencoba salah satu merk popok untuk Rayhan dan tidak lama muncullah si ruam. Awalnya saya kira semua akan baik-baik saja, dan saya terkesan mengabaikannya. Alhasil tidak lama kemudian, si ruam mulai meradang, kulit Rayhan mulai lecet. Jangan Tanya, paniknya seperti apa. Huhhu. Iya, saya tuh beneran deh, emak-emak panikan.

Kulit Punggung Terkelupas:
Meski Saya belum tahu apa penyebabnya, saya merasa tidak perlu membawanya ke dokter spesialis kulit, karena sejauh ini pengelupasannya tidak yang sampai ekstrim gitu.
Jadi kulit punggungnya itu terkelupas pada saat-saat tertentu. Seperti pada saat cuaca yang super panas, sehingga keringatnya sampai membasahi baju. Ya, mungkin karena bajunya lembab kali ya? Ah entahlah.

Awalnya kulitnya akan terlihat bercak-bercak merah, setelah beberapa hari, kulitnya jadi kasar dan lama-kelamaan akan terkelupas. Pada fase kulit kasar ini ngeliatnya nggak enak banget, moms.
Namun, sekali lagi saya bersyukur, bahwa fase ini terjadi hanya sesekali saja. Selanjutnya saya hanya perlu memberikan perawatan sesuai jenis kulitnya ini.


Berikan Perawatan yang Tepat Setelah Mengenal #ApaJenisKulitBayimu

Merupakan fitrah bagi setiap ibu dan orangtua pada umumnya untuk memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Termasuk dalam hal memberikan perawatan bagi kulitnya.

Dengan dua jenis gangguan pada kulit Rayhan di atas, meski saya terkesan santai, pada dasarnya saya tetap mencari dan mencoba semampu yang saya bisa untuk memberikan perawatan terbaik bagi kulitnya. 

Untuk masalah ruam popok, saya selalu memastikan tidak ada tanda-tanda bakal ruam di sekitar pantatnya. Jika ada, saya langsung memberikan cream anti ruam. Tidak lagi menunggu nanti atau besok. Begitu juga dengan permasalahan yang kadang timbul di bagian punggungnya. Yah, bukankah pengalaman adalah guru yang amat berharga?

Hal yang saya lakukan setelah mengetahui jenis kulitnya adalah memberikan perawatan sesuai jenis kulitnya. 

Alhamdulillah, Mustela Indonesia memberikan saya kemudahan untuk merawat kulit Rayhan. Oya, tidak hanya untuk kulit normal, rangkaian produk perawatan dari Mustela Indonesia ini juga dapat memberikan perlindungan dan merawat setiap jenis kulit bayi.



KENAPA MUSTELA? 

Sebelum memutuskan menggunakan suatu produk apalagi untuk anak, pastinya kita akan melakukan "riset" yang cukup mendalam. Mulai dari bagaimana keamanan bahannya, bagaimana produsennya, adakah kejadian luar biasa yang melibatkan produk tersebut. Apakah memiliki efek samping, dan hal-hal lain yang sekiranya dapat merugikan di masa yang akan datang.

Nah setelah memastikan hal-hal di atas, dan yakin akan manfaat dan keamanannya, saya semakin mantap untuk menggunakan rangkaian perawatan dari Mustela ini.

Berikut alasan spesifiknya:
✔Mustela telah teruji klinis dibawah pengawasan Dokter
✔Menggunakan bahan-bahan alami. Mustela terbuat dari 98% bahan alami
✔Formulasi hipoalergenik dan tanpa alkohol

Untuk Rayhan saya menggunakan rangkaian perawatan kulit normal. Bahan aktif Avocado Perseose yang terkandung di dalamnya memiliki sifat Biomimetic. Dimana strukturnya itu serupa dengan kulit bayi yang manfaatnya sangat dibutuhkan oleh kulit bayi.

Manfaat Avocado Perseose:
•    Melembabkan kulit bayi
•    Melindungi dan memperkuat kulit bayi
•    Menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi
•    Mendukung pertumbuhan kulit yang sehat


Produk Mustela Yang dipakai Rayhan dan Efeknya
 
1.    Mustela Gantle Cleansing Gel
Gel berwarna putih ini digunakan sebagai sabun sekaligus shampo. Busanya tidak terlalu berlimpah sehingga kehalusan kulit dan rambutnya lebih terjaga. Dan yang penting tidak pedih di mata. Bagi saya ini sangat penting demi lancarnya prosesi mandi si kecil.

Karena kalau pedih di mata ia akan sibuk menggosok-gosok mata sambil teriak, plus meper ke emaknya. Alhasil emak pun ikutan basah. Kan gak asik. Haha

2.    Mustela Barrier Cream
Selesai mandi, selanjutnya sebelum memakaikan popok untuk memastikan ruam tidak  menghampiri, saya oleskan barrier cream yang manfaatnya untuk mencegah dan mengobati kulit ruam.

3.    Mustela Hydrababe Body Lotion
Rayhan suka banget main di luar tak peduli matahari yang sedang terik-teriknya. Mengaplikasikan Hydrababe Body Lotion 2x sehari merupakan bentuk perlindungan saya untuk melindungi dan melembabkan kulitnya. Hasilnya, kulit Rayhan lebih lembut dan lebih halus.

4.    Mustela Bebe Massage Oil
Untuk memaksimalkan kelembutan dan menghaluskan kulit Rayhan, sesekali saya mengunakan Mustela Bebe Massage Oil. Minyak alpukat yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai pelindung kulit dan membantu proses regenerasi kulit.

Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah, tinggal semprotkn ke tangan lalu pijat tubuhnya perlahan. Dalam proses pemijatan ini, selain memberi manfaat bagi kulitnya, juga memberi dampak psikologis yang positif bagi si kecil.

5.    Mustela Hydrababe Facial Cream

Wajah pastinya juga butuh perawatan. Karenanya 2x sehari sehabis mandi saya mengaplikasikan  Hydrababe Facial Cream untuk wajah Rayhan. Bahan aktif alami Avokado Perseose langsung melembabkan dan menghaluskan kulitnya dan tahan lama.

Setelah pemakaian selama 2 minggu, hasilnya sangat signifikan. Kulitnya terlihat dan terasa lebih halus dan mulus. Rasanya pengen elus-elus terus. Wanginya juga sangat khas. Lembut dan tidak terlalu menyengat. Saya saja suka aromanya.

Nah, Moms, saya sudah tahu jenis kulit bayiku. Dan telah melakukan perawatan yang tepat sesuai jenis kulitnya. Bagaimana denganmu? Satu hal yang harus selalu kita ingat adalah, bahwa kulit bayi itu sangat sensitive. Karenanya kita tidak boleh salah dalam melakukan perawatan kulitnya. 
 

Oya, rangakaian produk perawatan Mustela ini dapat dibeli di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, orami.com dan JDID

Untuk informasi lebih lengkap bisa cek ke laman resmi Mustela Indonesia berikut:
Website    : www.mustela.co.id
Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar