Sariawan, Tak Seremeh yang Dikira


KOMPAS.com - Sariawan merupakan suatu kelainan pada selaput lendir mulut, yang ditandai adanya bercak luka berwarna putih pada dinding mulut atau bibir. Meski kecil dan letaknya tersembunyi di rongga mulut namun sariawan bisa menimbulkan rasa nyeri hebat.


Menurut drg. Ratu Mirah Afifah, GCCLindent, MDSc, staf pengajar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, Bandung, di dalam rongga mulut banyak terdapat bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan sariawan.


Sariawan juga bisa disebabkan karena gangguan keseimbangan tubuh akibat stres, kurang vitamin C, kurang tidur. Faktor lain yang menyebabkan sariawan antara lain kesalahan menggosok gigi, apalagi jika menggosoknya serampangan dan tak hati-hati. Luka di seputar mulut akibat tergigit atau terjatuh juga bisa menyebabkan infeksi dalam bentuk sariawan.


"Pemakaian gigi palsu atau kawat gigi yang tidak pas juga akan membuat jaringan lunak teriritasi sehingga timbul sariawan," papar Ratu. Sebatang rokok juga bisa merusak vitamin C yang ada dalam tubuh, akibatnya seorang perokok lebih mudah terkena sariawan.


Sariawan yang disebabkan oleh faktor lokal infeksi biasanya akan sembuh dalam waktu dua minggu. Akan tetapi, bila luka mirip sariawan tetap menetap hingga berbulan-bulan, bisa jadi itu merupakan tanda penyakit serius, seperti HIV/AIDS atau kanker mulut. "Penyakit gangguan kekebalan tubuh seperti HIV bisa menyebabkan tubuh mudah terserang infeksi, terutama luka dalam mulut," kata Ratu.


Karena itu bila Anda mengidap penyakit sariawan yang tak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Ada beberapa cara yang bisa mencegah sariawan, misalnya makan dengan tenang agar bibir atau lidah tidak tergigit. Luka di kedua tempat itu lambat penyembuhannya sehingga mudah terkena infeksi bakteri atau kuman di mulut. Pastikan gigi dan mulut selalu terawat, berkumurlah dengan antiseptik jika ada gangguan sariawan, serta hindari stres.


Perbanyak pula sayuran dan buah-buahan karena banyak mengandung vitamin C, B2, B5, dan asam folat yang sangat bermanfaat mencegah sariawan.


Tips :
Saya sudah membuktikan berkali-kali, bahwa getah tanaman lidah buaya sangat ampuh meredakan pedih karena luka sariawan. Oleskan saja getah daun lidah buaya pada luka sariawan. dalam waktu sangat singkat ( sekitar 5 menit ), rasa pedih akan mereda. Ulangi beberapa kali dalam sehari. Dalam waktu 2 hari, luka menutup. Apa lagi kalau lukanya masih kecil, bisa lebih cepat menutup. Perlu diketahui, olesan getah daun lidah buaya pada luka sariawan ini sama sekali tidak menimbulkan rasa pedih seperti misalnya olesan ALBOTHYL. Silakan mencoba.




Sumpah deh sariawan itu gak enak banget, tersiksa. Rasa sakitnya itu bisa merambat ke gigi, kepala, perut, semuanya berasa. Dan anehnya dia datang secara rutin,bahkan lebih rutin dari pada tamu bulanan. ;Aaaaaaaa….:
Sariawan ini rutin menyerang sejak rhinitis alergi perlahan-lahan menguasai keseimbangan imunitas tubuh. ;Aaaaaaa;
à lagi… :D

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^