Aidijuma: Bawal Scarft Terdepan Malaysia yang Mencoba Mendunia



 Sejujurnya saya ini tipe cewek yang kurang melek dengan perkembangan dunia hijab beserta segala pendukungnya. Apa tah lagi sampai tahu brand dari negara tetangga. Sampai kemudian linimasa media sosial saya ramai mengabarkan tentang salah satu brand asal Malaysia yang sekarang sedang nge-hits di negara asalnya. Tak hanya itu, brand ini sekarang sedang gencar mengikuti berbagai fashion show dan pameran produk agar produknya dikenal lebih luas oleh masyarakat dunia. Dan, its work.

Aidijuma nama brand tersebut. Saya akhirnya mengenal produk Aidijuma lewat salah satu pameran produk yang diikuti brand ini, dalam pemeran yang bertajuk Indonesia Islamic Fesyen & Produk (IIFP) 2016.


 ***
Berangkat dari rumah jam 12:30, harapan saya dengan berangkat di jam tersebut saya masih punya cukup waktu untuk mengelilingi area pameran. Namun harapan tinggal harapan. Karena ternyata saya malah terlambat 1 jam dari acara yang dijadwalkan jam 15:00.
Namanya jalanan, nggak pernah bisa diprediksi ya. Entah itu karena mobil yang ditumpangi mogok, kereta yang telat atau bahkan anjlok, bahkan bisa jadi karena salah turun stasiun karena selama di kereta asik bermimpi. Hahha

Jadi hari itu orang Bekasi (baru) ini, menyambangi Jakarta (lagi) untuk pertama kalinya setelah resmi diboyong ke Bekasi, dalam rangka mengikuti acara blogger. Senang banget dapat kesempatan ikut acara yang diadakan oleh Aidijuma dalam perhelatan Indonesia Islamic Fesyen & Produk (IIFP) 2016.

Dcronys (sebutan untuk member grup Blogger Crony) diundang dalam acara tersebut. Diantara rangkaian acara yang dilakukan adalah dan melihat langsung fashion show. Wah kapan lagi dapat kesempatan istimewa seperti ini!

Sayangnya karena telat saya tidak bisa mengikuti rangkaian acara Aidijuma dari awal. Tapi semua itu terobati dengan tetap bertemunya saya dengan rekan-rekan blogger dan tentunya dengan pemilik brand itu secara langsung.

 ***
Beberapa pilihan motif dan warna Aidijuma [dari www.aidijuma.com]
 

Perjalanan Bisnis

Nama lengkapnya Datin Norjuma Binti Habeb Mohamed, pendiri sekaligus CEO brand Aidijuma yang dirintisnya sejak  tahun 2012. Anggapan dari lingkungannya yang menganggap hanya berjualan scarf tidak akan membuat kaya, tidak membuatnya patah semangat. Hal tersebut justru memicu semangatnya untuk memaksimalkan kreatifitasnya. Baik dibidang produk maupun strategi pemasaran. Bagi Datin,sesuatu yang dipakai di kepala itu seharusnya menjadi sesuatu yang paling berharga
Hingga saat ini, Aidijuma memiliki 20 outlet, dan masih akan bertambah. Sasaran pasar yang  dituju adalah Brunei Darussalam, Turki, Inggris dan Indonesia. Berkat media sosial, produk Aidijuma lebih gampang dipasarkan.

Fokus produk Aidijuma ini berupa Scarf atau lebih dikenal Bawal scarf. Kain yang digunakan lembut, mudah dibentuk, tidak mudah kusut. Ciri khas scarfnya full colour, tapi bukan warna yang ngejreng. Warna yang digunakan tetap warna-warna yang soft, sehingga akan selalu terlihat sejuk dipandang. Motif dan hasil print 2 sisi (bolak-balik dengan motif berbeda) yang dihasilkan tidak mudah luntur. Sehingga cocok digunakan dalam bebagai suasana, baik santai maupun formal. Untuk mendapatkan hasil print yang maksimal, Datin sampai berburu mesin print hinggi ke Turki. Hal ini dilakukannya demi kepuasan pelanggan, tentunya. 



Selesai mengikuti acar fashion show, selanjutnya kami melipir ke Plaza Senayan untuk buka puasa bersama. Buka puasa, berjalan sebagaimana umumnya.
Yang tidak umum dan sejujurnya membuat saya takjub adalah, seorang CEO dari sebuah brand nomor 1 di negaranya, bergabung dengan kami tanpa sungkan. Tanpa perlakuan khusus. Membaur dalam obrolan yang hangat. Sukses brand Aidijuma, pastinya tidak lepas dari pribadi humble seorang Dajin Darojatun.



Kesimpulan
Untuk memulai usaha, terkadang kita dihadapkan dengan berbagai rintangan. Dan salah satu rintangan yang paling berat adalah cibiran dari orang-orang sekitar. Tapi, semua itu dapat dilewati selama keyakinan kita lebih besar daripada rasa pesimis. Hal yang orang lain anggap kecil akan menjadi besar manakala ditekuni dengan sungguh-sungguh. Semoga kita semua bisa sukses. Aamiin :D

 
Me with Aidijuma bawal scarft ^_^


2 komentar

  1. Bagus-bagus banget mbak scraftnya, pengen punyaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba. Mudah dibentuk dan ga licin. Rocommended bangetlah. Aku cuma punya satu, pengen punya lagi..wkwk

      Hapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^