Pentingnya Self Care Agar Semakin Yakin Melangkah



“Nggak kelihatan ini…”

Kalimat di atas adalah salah satu alasan yang sering saya gunakan untuk menunda-nunda melakukan perawatan, yang paling sederhana sekalipun – seperti memakai body lotion. Hanya Karena saya memakai hijab dan jarang keluar rumah. Haha.. Alhasil, efeknya mulai terasa nih. Kulit kusam dan kering. Untungnya ngga sampai bersisik. Ngeri juga kalau sampai bersisik, ini orang apa ikan.. 

Ini tuh sebenarnya termasuk kesalahan fatal. Dan saya yakin banyak perempuan di luar sana yang beranggapan sama dengan saya. Padahalkan kalau rajin perawatan yang untung diri kita sendiri. Efeknya pasti jadi lebih percaya diri. Lebih semangat untuk menjalani hari. Terlebih untuk  hijabers yang ternyata lebih banyak tantangannya. Disinilah Pentingnya Self Care


Pentingnya Self Care Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan dua anak, saya merasa bahagia, tapi jujur lelah itu pasti ada. Kadang saya merasa waktu berjalan terlalu cepat, tapi juga terasa sangat lambat. Kadang juga saya merasa uring-uringan, bosan dengan semua rutinitas sehari-hari yang terkesan itu dan begitu saja. Dan yang paling sedih tuh, kok rasanya tak ada waktu untuk diri sendiri, sesederhana menikmati mandi secara layak. Bahkan pernah dikomentari suami “udah mandi kok masih ada asem-asemnya nih”. Hahhaa

Dari semua keluhan ini jelas saya orang yang mendesak untuk melakukan self care, karena sepertinya selama ini saya menganggap self care itu hal sepele.


Self care merupakan tindakan atau kesadaran  untuk merawat diri setiap hari baik secara fisik maupun mental (tubuh, pikiran, dan jiwa)sehingga hidup kita bisa seimbang dan berkwalitas.


Self care ini sendiri meliputi aspek spiritual, sosial, fisik, mental, dan emosional.  Intinya bagaimana membuat diri kita merasa lebih santai dan tetap bahagia. Entah itu beribadah lebih dalam, interaksi dengan sesama yang lebih intens, lakukan perawatan tubuh, selalu berusaha untuk berpikir positif, hingga kemampuan mengontrol diri dari semua rasa tidak nyaman. 

Self care membuat kita lebih menghargai diri sendiri setelah semua kelelahan yang kita lewati. Bahkan dapat membantu kita untuk tetap hidup bahagia, sehat serta tangguh dalam menghadapai berbagai persoalan.  

Dengan self care, kita bisa mengurai stress setelah seharian beraktivitas, dan siap untuk memulai hari baru dengan lebih semangat. Tidak terpaku pada rutinitas yang ada, self care memungkinkan kita untuk berkembang dan mencoba hal-hal baru. 

Besar sekali ternyata manfaat self care ini. Mulai sekarang nggak ada lagi alasan dong untuk mengabaikannya. 


#YakinMelangkah Bersama Nivea Hijab Series



Pandemi, satu kata yang tadinya begitu asing bagi saya, tiba-tiba berubah menjadi kata yang menakutkan. Serius deh, efeknya itu mengganggu secara jiwa raga. Udah gitu banyak hal yang tertunda karena pandemi ini tak kunjung selesai. Tapi hidup harus tetap berjalan, kan? Saatnya kembali melangkah. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan self care,kenali kebutuhan diri. Terutama para hijaber.

Kita tahu bahwa hijaber juga memiliki berbagai peran dalam kehidupan, namun tak jarang banyak yang lupa (termasuk saya nih..hikss) untuk melakukan self care, termasuk perawatan tubuh dengan dalih tak ada waktu. Padahal merawat tubuh merupakan salah satu bentuk syukur kita atas anugerah yang diberikan Yang Maha Kuasa. Selain bentuk syukur, merawat diri khususnya kulit tubuh dan ketiak juga merupakan bentuk self-care yang menurut penelitian, jika rutin melakukan self-care dapat membuat kita lebih sehat, bahagia dan tangguh dalam menghadapi segala situasi. 


Sejujurnya masukan tentang self care ini saya dapatkan setelah mengikuti acara NIVEA yang bertajuk "Cermat Memilih Perawatan Tubuh Untuk Hijabers Agar Semakin #YakinMelangkah Menyinari Dunia". Acara ini merupakan bagian dari World Hijab Day 2022.

Masih dalam rangkaian perayaan WHD tahun ini, secara khusus NIVEA juga menggelar inspirational online talk gratis bagi para hijaber di Indonesia dengan menghadirkan empat orang hijaber inspiratif yang akan membagikan kiat-kiat sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, mereka adalah:

1. Hamidah Rachmayanti dengan kelas #YakinMelangkah Berbagi Manfaat Melalui Bisnis dan Social Media; 

2. Dianty Annisa dengan kelas #YakinMelangkah Lebih Produktif dan Mindful Lewat Journaling; 

3. Annisa Steviani dengan kelas #YakinMelangkah Menjadi Pribadi Lebih Baik dengan Habit Keuangan yang Sehat; 

4. Xaviera Putri Tips dengan kelas #YakinMelangkah Meraih Beasiswa Impian.


Dalam kesempatan ini NIVEA mengajak para hijaber untuk Semakin #YakinMelangkah Menyinari Dunia dengan menjadikan situasi sulit termasuk pandemi ini sebagai kesempatan untuk lebih bersinar.

“Layaknya sinar cahaya yang dapat menyebar, NIVEA percaya bahwa kebaikan juga memiliki efek yang sama. Satu kebaikan dapat menularkan kebaikan lain. Bertepatan dengan momen WHD tahun ini, NIVEA ingin mengajak para hijaber untuk menghadapi situasi menantang yang membuat kita sulit merencanakan langkah ke depan, bahkan mungkin mulai ragu untuk terus melangkah ini dengan saling menguatkan sehingga bersama-sama kita dapat menyinari dunia dengan kebaikan. Agar dapat lebih percaya diri dalam melangkahkan kaki menyebar kebaikan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan self-care,” jelas Sabrina Diandra yang merupakan Senior Brand Manager NIVEA Hijab. 


Dalam melakukan self-care, hijaber perlu menyeimbangkan antara perawatan jasmani (fisik) dan rohani. Untuk perawatan fisik, salah satu yang dapat dilakukan adalah merawat kulit tubuh dan ketiak. NIVEA meyakini bahwa perawatan kulit tubuh dan ketiak merupakan salah satu perawatan tubuh yang paling mendasar dan sangat penting dalam meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan diri para hijaber.


Selain mendapat insight seputar self care dan dunia hijabers, di acara ini saya juga mendapat pencerahan tentang bagaimana cara merawat kelembaban kulit tubuh dan ketiak, terlebih sebagai hijaber yang pakaiannya serba tertutup bahkan kadang berlapis-lapis. 

NIVEA yang berpengalaman lebih dari 130 tahun di bidang perawatan kulit, selalu berupaya menghadirkan inovasi terbaiknya untuk memberikan perawatan kulit terbaik untuk konsumennya. Salah satu inovasi NIVEA terinspirasi dari wanita berhijab di Indonesia, sehingga pada tahun 2020 hadirlah rangkaian produk terbaru NIVEA Hijab Series yang terdiri dari NIVEA Hijab Fresh Deodorant dan NIVEA Hijab Cooling Body Serum yang diformulasikan secara khusus oleh para skin expert di laboratorium NIVEA untuk membantu menjawab kebutuhan kulit para hijaber. 

Pada tahun yang sama NIVEA juga menyelenggarakan kampanye  #YakinMelangkah untuk mengajak para hijaber agar lebih percaya diri dalam melangkahkan kakinya menggapai mimpi.



Tips Perawatan Kulit untuk Hijabers



Selaku dokter spesialis kulit dr  Ika Anggraini, Sp.DV mengatakan “Dari teman-teman Hijabers Community Official, kami mendapat insight yang cukup menarik: hijaber yang rutin menggunakan pelembap tubuh biasanya juga menggunakan deodoran. Sedangkan mereka yang rutin menggunakan deodoran, belum tentu menggunakan pelembap tubuh. Selain itu, masih ada hijaber yang mengaku hanya menggunakan deodorant saja dalam kesehariannya. Tak heran jika banyak diantara mereka yang mengalami kulit kering dan gatal.”

Lebih lanjut dr.Ika menjelaskan pakaian tertutup dan berlapis dapat membuat keringat terperangkap di bawah pakaian sekaligus meningkatkan potensi gesekan dengan kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan warna kulit lebih gelap, bau badan serta kulit menjadi kering, gatal dan mudah iritasi. 


Tips perawatan kulit dari dr.Ika :

1. Mandi 2x sehari dengan air biasa atau suam-suam kuku. Hindari mandi dengan air hangat terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

2. Gunakan sabun berpelembab dan sesuaikan dengan Ph kulit 

3. Langsung gunakan pelembab setelah mandi minimal 2x sehari

4. Gunakan deodorant yang tidak iritatif dan mengandung vitamin c untuk mencerahkan

5. Pastikan skin care yang kita gunakan halal dan 0% alcohol

6. Gunakan pakaian yang menyerap keringat seperti katun. Hindari bahan wol dan pakaian yang terlalu ketat

7. Hindari variasi suhu yang signifikan seperti terlalu dingin atau terlalu panas. 

8. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. 


Di tengah banyaknya produk perawatan tubuh yang ditawarkan bagi para hijaber, dr. Ika pun menyarankan agar para hijaber dapat lebih cermat dalam memilih produk yang tepat untuk merawat kulit tubuh & ketiaknya. Tak hanya melihat label halal saja, tetapi juga lebih memperhatikan bahan kandungan yang ada di dalam produk, diantaranya: pilih deodoran yang tidak mengandung alcohol serta memiliki formula extra care sehingga lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit, serta pilih pelembap tubuh yang memiliki formula yang cepat meresap kedalam kulit misalnya serum, sehingga tidak menimbulkan rasa lengket atau pun licin saat terkena air wudhu.


Hamidah Rachmayanti yang merupakan seorang Hijaber Influencer sekaligus Brand Ambassador NIVEA Hijab Series menambahkan, “Sama seperti hijaber lain, aku juga mengalami kulit kering. Selain itu, karena aku termasuk orang yang aktif bergerak, warna kulitku juga tidak merata terutama setelah beraktivitas di luar rumah, dan saat sedang berkeringat, aku pun khawatir akan bau badan.” 

Ketika mengalami permasalahan kulit, perempun yang biasa disapa Midah ini merasa kurang nyaman dalam beraktivitas. Ia pun menyambut dengan hangat kehadiran dari NIVEA Hijab Series ini dan mengaku rutin menggunakan NIVEA Hijab Series dalam keseharian. 


Senantiasa berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan para konsumen setianya,sebagai bagian dari NIVEA Hijab Series yang merupakan rangkaian produk pertama dari NIVEA yang diciptakan khusus untuk konsumen hijaber-nya, NIVEA Hijab Fresh Deodorant & NIVEA Hijab Cooling Body Serum hadir dengan bahan kandungan yang bermanfaat bagi kulit, mengandung 0% alcohol sehingga lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi, serta terjamin kehalalannya. Beberapa kelebihan lain dari NIVEA Hijab Fresh Deodorant & NIVEA Hijab Cooling Body Serum, diantaranya:


1. NIVEA Hijab Fresh Deodorant mengandung Vitamin C yang dapat mencerahkan kulit ketiak. Selain itu, diperkaya ekstrak Sakura yang membantu menjaga kesegaran sepanjang hari. Formulasinya juga memberikan proteksi selama 48 jam dari keringat berlebih dan bau badan.

2. NIVEA Hijab Cooling Body Serum mengandung Vitamin C dengan tingkat kemurnian 95% untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. 

3. Dilengkapi dengan UV Filter untuk melindungi kulit dari sinar UV dan diperkaya ekstrak lotus yang memiliki keharuman menenangkan. Dengan format serum yang teksturnya ringan dan cepat menyerap sehingga tidak menyebabkan lengket pada kulit. 

4. NIVEA Hijab Cooling Body Serum dilengkapi cooling technology yang merupakan perpaduan antara peppermint dan menthol, membantu memberikan sensasi segar dan menurunkan suhu kulit saat kita melakukan aktivitas di bawah terik matahari.



Pentingnya Self Care
NIVEA Hijab Series. sumber ig @nivea_id


“Dengan semua inisiatif yang dihadirkan NIVEA ini, kami berharap dapat membantu para hijaber dalam meningkatkan kepercayaan dirinya menghadapi setiap tantangan, alih-alih menghentikan langkah, kami harap para hijaber dapat Semakin #YakinMelangkah, menjadikan tantangan sebagai kesempatan untuk lebih berkembang dan bersinar dengan terus melakukan kebaikan yang bisa dilakukan, baik untuk diri sendiri maupun sekitar,”tutup Sabrina Diandra. 


NIVEA Hijab Fresh Deodorant dan NIVEA Hijab Cooling Body Serum kini sudah bisa didapatkan di toko-toko terdekat serta e-commerce favorit dengan kisaran harga Rp. 22.400 untuk NIVEA Hijab Fresh Deodorant Roll-On 50ml dan Rp.39.900 untuk NIVEA Hijab Cooling Body Serum. 


Akhir kata, ketika kita dihadapkan pada situasi sulit wajar jika kita merasa lelah dan ingin menyerah. Seperti halnya yang terjadi di masa pandemi ini. Tak apa jika kita ingin mengambil jeda sejenak, tapi jangan lupa untuk segera bangkit kembali. Lakukan self care agar kita bisa berpikir lebih jernih, tetap sehat, lebih semangat, kembali ceria, percaya diri dan terus menggali potensi diri. 


Salam sehat, semangat ya!


Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^