Jumat, 14 Juli 2017

Cara Tepat Atasi Anyang-anyangan



Via thinkstockphotos.com

Pernah ngalamin susah buang air kecil gak? Susah buang air kecil biasa disebut anyang-anyangan. Anyang-anyangan bisa terjadi pada setiap orang, baik pria atapun wanita. Anak-anak maupun orang dewasa.

Anyang-anyangan merupakan kondisi dimana kita ingin buang air kecil tapi yang keluar sedikit-sedikit. Rasanya masih ada yang tertinggal. Sehingga yang ada kita jadinya bolak-balik kamar kecil, dan disertai rasa nyeri.

Mungkin kebanyakan kita menggapnya sepela. Tapi ternyata kita harus hati-hati dengan  kondisi tersebut. Sebab jika dibiarkan, susah buang air kecil atau anyang-anyangan ini bisa menimbulkan infeksi saluran kemih

Memang dibanding pria, wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Dan  menjadi dua kali lebih berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan masalah pada janin di dalam kandungannya.

Rasanya sudah jadi rahasia umum, ketika seorang perempuan sedang hamil, intensitas buang air kecilnya meningkat dari hari-hari biasa. Meningkatnya intensitas buang air kecil pada wanita hamil disebakan oleh pembesaran rahim selama masa kehamilan sehingga kandung kemih jadi tertekan. Selain itu karena merasa sulit atau capek bolak-balik ke kamar mandi, tak jarang mereka menahan hasrat buang air kecilnya. Maka tak heran jika mereka rentan terkena anyang-anyangan. 

Dan kalau tidak segera ditangani, bayi berisiko terlahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan kurang.

Penyebab Anyang-anyangan 

1/ Kurang Menjaga Kebersihan
Beberapa kasus terjadi karena hal sepele. Faktanya 80% kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri e-coli.

Kebersihan organ vital yang tidak terjaga saat buang air kecil atau ke kamar kecil membuat perkembangan kuman tidak terkendali dan akhirnya masuk ke saluran kemih.
Kebersihan bisa jadi merupakan faktor yang paling banyak menyebabkan terjadinya anyang-anyangan. Mulai dari toilet yang tidak bersih. Air untuk membasuh juga tidak jelas kwalitas kebersihan.

Nah arah pembersihan setelah BAB juga berpengaruh, lho. Sebaiknya lakukan dari depan ke belakang agar kotoran tidak mengenai kemaluan sehingga kuman pun bersrang di sana.

2/ Sering Menahan Berkemih
Bukan hanya Ibu hamil yang mulai lelah bolak-balik toilet saja, siapa pun kita nyatanya tidak boleh menahan buang air kecil.

3/ Keputihan
Bakteri masuk saluran kemih dengan mudah ketika wanita sedang mengalami keputihan. Dan ternyata keputihan tidak hanya jadi pemicu terjadinya anyang-anyangan pada wanita. Keputihan juga dapat jadi penyebab anyang-anyangan pada pria lewat hubungan badan, karena salah satu penyebab anyang-anyangan pada pria adalah faktor alergi.

4/ Dehidrasi
Ketika tubuh kita kekurangan cairan otomatis produksi urin pun menurun. Hal ini memicu sulitnya buang air kecil, sedikit, dan terasa perih.

4 poin di atas hal sepela yang sering menimbulkan anyang-anyangan. Namun masih ada faktor lain yang dapat sebabkan anyang-anyangan ini. 

Ketika kita sudah terkena anyang-anyangan, mengatasinya tidak cukup hanya dengan minum air putih saja. Kita dapat mengatasinya secara alami dengan minuman atau suplemen yang mengandung ekstrak cranberry. Mengapa cranberry?

Buah Cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika, efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih dan membuangnya bersama air kencing.
Buah cranberry tergolong tumbuhan semak-semakan pendek dan biasanya tumbuh liar. Buah  ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. 

Berhubung buah ini langka dan kalaupun ada pasti harganya mahal, namun bukan berarti kita tidak bisa memperoleh manfaatnya. Kita bisa memperoleh manfaat buah cranberry ini dalam Prive Uri-Cran.


Ekstrak cranberry dalam prive uri-cran, aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan kita dari gangguan anyang-anyangan. Kita tinggal pilih, mau yang berupa tablet atau serbuk.

2 komentar:

  1. gegara uricran ini, jadi penasaran sama buah cranberry :)

    BalasHapus
  2. Benar tu mbak cara cebok juga jadi salah satu penyebab. Bahkan anyang anyangan bisa jadi salah satu gejala infeksi saluran kencing, cukup berbahaya jika terus dibiarkan

    BalasHapus