Sabtu, 12 Mei 2018

Sambut Ramadhan dengan Membentang Kebaikan Bersama Dompet Dhuafa





“Indonesia tidak pernah kekurangan orang baik dan program baik. Kendalanya orang baik dan program baik ini kadang tidak dibarengi dengan perencanaan dan pendanaan yang mumpuni”, Urip Budiarto 


Ramadhan dirindu, Ramadhan dinanti. Karena ada begitu banyak keberkahan di dalamnya melebihi bulan-bulan lainnya. Bukan berarti bulan yang lain tidak mengandung keberkahan, lho. Hanya saja sebagaimana kita tahu, bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi kita sebagai ummat muslim.



Nah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan saya dan kawan-kawan blogger berkesempatan hadir dalam acara yang diadakan oleh Dompet dhuafa. Tepatnya pada hari Selasa, 8 Mei 2018. Acara ini diadakan di Graha Bhima Sakti – Pancoran, Jakarta. Dengan tajuk “Blogger & Media Gathering, 25 Tahun Membentang Kebaikan”.

Sebelum acara dimulai, Ahmad Faqih selaku pembawa acara mengajak kami yang ada di dalam ruangan, berkenalan dengan produk yang dihasilkan dari hasil pemberdayaan Dompet Dhuafa. Mulai dari buah-buahan, kopi, kerajinan tangan, serta berbagai olahan makanan.

Selanjutnya acara diambil alih oleh Diani Pratiwi selaku moderator. 





  
Dompet Dhuafa #25TahunMembentangKebaikan

Teman-teman pastinya tidak asing dengan Dompet Dhuafa. Sebuah lembaga kemanusiaan yang telah malang melintang di dunia filantrofi. Baik bergerak untuk kegiatan kemanusiaan di Indonesia maupun secara internasional. 

Dan saya sungguh terkejut saat mengetahui bahwa tahun ini Dompet Dhuafa telah memasuki usia 25 tahun. Hampir seusia saya. W.O.W!

Mengapa saya sebegitu kagumnya? Karena jujur saja, untuk bertahan serta konsisten dalam dunia filantrofi itu sungguh banyak sekali godaannya. Mulai dari managemen, penyaluran, hingga proses fundrising yang sesungguhnya tidak mudah.

Kenapa saya bisa mengatakan proses fundrising itu tidak mudah? Karena saya pernah menjadi bagian dari salah satu lembaga serupa. Mencari dana mulai dari pembuatan prosal hingga turun ke jalanan. Sekilas memang terlihat menyenangkan, tapi sungguh ketika proses itu telah dilalui namun dana yang terkumpul tidak seberapa, rasanya itu…periiiihh, Kaks!

Namun semangat berbagi Dompet Dhuafa nyatanya tak pernah surut. Buktinya diusia yang menginjak angka 25, salah satu lembaga filantropi terbesar di Indonesia justeru semakin melebarkan semangat berbaginya melalui gerakan #25tahunmembentangkebaikan bersama anda.

Hadirnya semangat tersebut menjadi gerakan yang tumbuh dari tahun ke tahun bersama para donatur, dalam membangun kesejahteraan masyarakat miskin dan dhuafa di seluruh Indonesia maupun belahan dunia. 

Dompet Dhuafa sendiri mengakui bahwa mengarungi perjalanan hingga 25 tahun ini tidaklah mudah karena begitu banyak ujian yang harus dihadapi. Sehingga terus membutuhkan kekompakan semangat dan kolaborasi bersama donatur untuk mengisi usia produktif lembaga.

Seperti halnya yang disampaikan oleh bapak Bambang Suherman, selaku Direktur Mobilizasi ZIS dalam kesempatan ini:

“Menginjak usia yang ke 25 Tahun, pada Ramadhan kali ini, Dompet Dhuafa ingin memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat di segala dinamika, situasi dan pekerjaan lembaga yang telah bergulir untuk masyarakat luas. Bertepatan dengan bertambahnya usia, Dompet Dhuafa mengusung tema 25 Tahun Membentang Kebaikan, mengandung pesan terkait banyak hal yang menjadi pekerjaan sehari-hari Dompet Dhuafa. Adanya perubahan seiring intervensi bersama masyarakat yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, banyak perluasan aktivitas dan isu-isu baru tentang kemiskinan maupun kemanusiaan. Hal tersebut juga kami jadikan sebagai bukti semakin matangnya aspek manajemen kelembagaan,”

Masih menurut bapak Bambang Suherman, Ramadhan merupakan momentum bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia untuk menggulirkan kebaikan. Untuk mendekatkan para muzakki, dompet dhuafa menyediakan layanan donatur sebanyak 70 konter yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek. 

“Dengan program Sahabat Berbagi Harapan, Parsel Ramadhan, dan Dai Ambassador, serta masih banyak program lainnya, mengukuhkan posisinya sebagai lembaga kemanusiaan di dunia, dengan melakukan respon-respon kemanusiaan. Tidak hanya dinamika yang terjadi di Indonesia, dompet dhuafa secara nyata merespons dinamika serta konflik  yang terjadi diberbagai  belahan bumi. 

Membangun jaringan permanen untuk memberikan bantuan, baik bersifat darurat maupun pemulihan dilakukan dengan harapan ketergantungan mereka (terdampak bencana/konflik) terhadap pihak lain menjadi lebih kecil. Hal ini juga merupakan proyeksi untuk menangani kemiskinan baik pelayanan, pengembangan, maupun pemberdayaan masyarakat miskin, dan Alhamdulillah sudah banyak yang berubah menjadi jauh lebih mandiri maupun mengelola dinamikan kehidupan mereka,” ujar bapak Bambang Suherman.


Dompet Dhuafa dan Bawaberkah.org 

Pernyataan bapak Bambang Suherman di atas juga diamini oleh bapak Urip Budiarto selaku GM Resources Mobilitation Dompet Dhufa sekaligus Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439 H. Bahwa untuk memberikan kemudahan bagi kita yang ingin berbagi, dompet dhuafa akan mendirikan 75 counter di berbagai tempat seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat umum bahkan tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan ecommerce.
 
Untuk  ketahui bersama, Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 25 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Dalam kesempatan tersebut bapak Urip Budiarto menyampaikan terimakasih atas peran serta dukungan penuh dari seluruh pihak yang telah membersamai dompet dhuafa hingga mampu bertahan, berkembang dan menebar kebaikan hingga mancanerga. 



Nah dalam acara kemarin, dompet dhuafa sekaligus memperkenalkan flatform foundrising Bawaberkah.org

Menurut bapak Urip, “Bawaberkah ini merupakan wadah untuk membantu mitra dan sahabat untuk menggalang dana secara luas, trasnparan dan terpercaya. Sehingga ke depannya kami akan melakukan aktivasi-aktivasi di berbagai kota untuk workshop di berbagai kota mengenai perencanaan proyek social dan pengelolaan kelembagaan dan juga bagaimana melakukan penggalangan dana secara konservatif 

Indonesia tidak pernah kekurangan orang baik dan program baik. Kendalanya orang baik dan program baik ini kadang tidak dibarengi dengan perencanaan dan pendanaan yang mumpuni. 



Dompet dhuafa merupakan lembaga penggalangan dana public sejak 1993 hingga sekarang, 100% dana yang digunakan untuk kegiatan kemanusiaan dompet dhufa berasal dari public. Tantangannya adalah bagaimana membangun kepercayaan, kejujuran, serta keamanahan sehingga akhirnya bisa didukung. 

Harapannya bawaberkah dapat memfasilitasi kegiatan yang tepat dan terpola. Dan semoga menambah khasanah digital fundrising Indonesia, digital inovatif Indonesia . memperluas pemahaman masyarakat tentang digital fundrising karena tentu penggalangan dana perlu perlu seni, kompetensi dan konsistensi. Tidak hanya sebatas komitmen.

Untuk menggunakan bawaberkah ini, kita cukup buka website bawaberkah.org, lalu daftar. Selanjutnya tinggal pilih apakah kita sebagai pengumpul dana atau pemberi dana. 





Ketika Ihsan Tarore Memilih Dompet Dhuafa

Belakangan banyak artis yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Terlepas dari  apapun wadah yang mereka pilih untuk berbagi kebaikan tentunya tak jadi soal. Selama itu untuk kebaikan, saya sih acungkan empat jempol.

Sebelumnya saya tidak tahu kalau di acara Blogger dan Media Gathering kemarin bakal ada Ihsan Tarore. So merasa serrprriisssee doong. W.O.W dah pokoknya. Duh plisss ini jawara Indonesian Idol gitu lho.. eh tapi berhubung saya bawa anak jadi malu atuh kalau keliatan pecicilannya. Haha

Ihsan sendiri mengatakan alasannya memilih Dompet Dhuafa untuk berbagi kebaikan karena sangat tertarik dengan program-program dompet dhuafa. 

Diantaranya, karena Dompet Dhuafa bukan hanya membantu orang-orang dengan donasi uang, tapi membantu masyarakat untuk meningkatkan kwalitas diri dari orang-orang yang dibantu. Misalnya petani dibantu dengan pemberdayaan sehingga petani berdaya dan berkembang. Bukan hanya membantu secara keuangan. Namun juga dengan ikut bersama untuk mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat. Ibaratnya dompet dhuafa tidak hanya membantu secara nominal tapi juga membantu meningkatkan kwalitas hidup masyarakat. 

Contoh lainnya, dompet dhuafa memberi kesempatan menempuh pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu, dengan begitu kedepannya, diharapkan si anak dapat menjadi tombak perubahan bagi keluarga tersebut. Baik dari segi pendidikan serta dari segi kesejahteraan. Minimal keluarganya tidak miskin lagi.



***

Dalam hal berpuasa, bapak M. Syafii El-Banatanie, Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan menyampaikan bahwa sejatinya bulan ramadhan merupakan sebuah perlombaan. Karenanya sudah seharusnya kita melakukan persiapan yang matang agar dapat memenang perlombaan tersebut.
Kalau dipikir, ya benar juga sih. Bukankah Allah SWT memerintahkan kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan?

Sedangkan dari segi kesehatan, ada dr. Reza Romadhoni, selaku dokter dari LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa. dr Reza menyarankan bagi siapa saja yang banyak berkegiatan di luar ruangan saat berpuasa agar benar-benar memperhatikan asupan cairan (air putih) agar terhindar dari dehidrasi. Bayangkan jika kita dehidrasi padahal kita sedang puasa. Keadaan dehidrasi ini dikhawatirkan membuat puasa kita tidak afdol karena pasti menimbulkan perasaan tidak tenang. 



So, teman-teman sudah siap berpuasa? Memasuki bulan suci Ramadhan? Serta berbagi berkah, membentang kebaikan bersama dompet dhuafa?
Yuk,ah!


2 komentar:

  1. Berbagi dibulan ramadhan memang banyak pahalanya, bisa melalu dompet duafa ya.

    BalasHapus
  2. Yuk ah berbagi kebaikan selama kita hidup. Hal ini berguna untuk bekal di hari akhir

    BalasHapus