Rabu, 13 Juni 2018

Sentuhan Cinta Ibu Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil


Setelah memiliki bayi, saya berjanji pada diri saya sendiri untuk membatasi diri menghadiri berbagai acara di luar sana. Terlebih kebanyakan acara diadakan di Jakarta. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain demi menjaga waktu berkwalitas bersama si kecil, jarak Cikarang – Jakarta, pada kenyataannya cukup melelahkan bagi saya. Apalagi buat bayi. Apes kalau jam berangkat atau pulangnya berbarengan dengan jam sibuk (jam pergi atau pulang para pekerja).


Tapi Sabtu (05/06/2018) lalu saya nekad untuk menghadiri undangan dari teman-teman yang tergabung dalam “The Urban Mama”. Selain karena saya ingin terlibat adalam acara yang diadakan The Urban Mama (kali pertama nih), saya juga sangat tertarik dengan tema acara yang diangkat. Yaitu Pentingnya Sentuhan Cinta Ibu Demi Tumbuh Si Kecil.

Sebagai seorang new mom, yang fakir ilmu dan minim pengalaman, tentu tema ini sangat menarik bagi saya. Saya rasa ketertarikan saya murni sebagai bentuk naluri keibuan saya. Selain karena ingin menambah wawasan saya juga berniat untuk membagikan informasi terkait pentingnya sentuhan cinta pada bayi agar semakin banyak orangtua yang lebih peduli.  Lagi pula, ibu mana sih yang nggak mau buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan optimal? 



Sampai di lokasi acara yang bertempat di Gudang Gudang Yoga - Kemang, saya mendapati teman-teman blogger yang sudah sampai duluan. Setelah saling sapa dan mengobrol sebentar, kami dipandu untuk memasuki ruangan di mana acara akan segera dimulai.

Acara yang dipandu oleh Ibu Cisca Becker, yang cantik, baik hati, dan rajin menabung (hahhaa) yang sedang hamil anak ke-3, berjalan dengan lancar dan ceria. Sebagai seorang ibu, beliau mengakui manfaat pijat bayi untuk mengatasi masalah kurang tidur maupun kolik pada anak pertama dan keduanya. Ibu Cisca juga ternyata sangat bersemangat mengikuti acara kemarin karena ada sesi demo pijat bayi, sebagai persiapan untuk memijat anak ke-3 yang tidak lama akan segera lahir, katanya.


Alasan Pentingnya Sentuhan Cinta.

Sekitar  70.000 bayi di Indonesia kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari.

Fakta di atas berdasarkan data WHO pada tahun 2015. Data tersebut menyatakan bahwa angka kematian pada masa neonatal (28 hari pertama kehidupan bayi), ternyata masih terbilang tinggi. Kurangnya pengetahuan orang tua menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit  bayi selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Wine Lukman selaku brand Manager Johnsons Baby. Tak ingin kejadian ini berlanjut maka  JOHNSON’S® sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, meluncurkan inisiatif terbarunya, “Sentuhan Cinta”. Kali ini JOHNSON® bekerja sama dengan Save the Children, Alfamart dan Tokopedia.

Dengan ini diharapakan dapat mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sebab semua bayi memiliki hak yang sama untuk tumbuh sehat, berkembang dan mencapai impiannya. Tugas kita sebagai orangtua adalah membuka jalan bagi mereka.

Apalagi jika melihat bonus demografi  yang diperkirakan akan dialami oleh Indonesia selama periode 2020 – 2030, jumlah orang di usia produktif akan mencapai sekitar 70 persen dari populasi.

“Ini artinya jika bayi memiliki kesempatan untuk tumbuh, mereka akan dapat meraih impian mereka di beberapa dekade ke depan dan memberikan kontribusinya pada pembangunan negara. Oleh karena itu, hal ini adalah tanggung jawab kita sebagai orangtua untuk menjaga kesejahteraan bayi”, kata ibu Wine.

Kita, ibu-ibu yang tersebar di seluruh Indonesia ini, bisa banget lho ikut berpartisipasi. Agar inisiasi yang JOHNSON® lakukan berhasil danmemiliki dampak bagi anak-anak yang kurang beruntung yang tersebar di berbagai pelosok negeri. Harus ada yang memulai langkah ini. Harus ada yang bergerak untuk memberi tahu manfaat Sentuhan Cinta Ibu kepada bayinya. Serta bagaimana cara melakukan sentuhan cinta yang tepat.

Agar semua bayi ini kelak dapat tumbuh sehat, berkembang, danmencapai apapun yang mereka impikan.
Cara untuk ikut berpartisipasi dalam program ini gampang banget,hanya dengan membeli produk Johnsons Baby dengan jumlah transaksi minimal Rp. 25.000,- kita sudah  otomatis menyumbang Rp 500,- untuk program Sentuhan Cinta. Belinya bisa di Alfamart atau JOHNSON’S® Baby Care Collection di Tokopedia.
Dengan program program Sentuhan Cinta, JOHNSON’S akan memulai perjalanan dan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara. Oya salah satu bagian dari tim ini ada Mba Grace Melia. Uwooo..idolakuuh.


Bagaimana Sentuhan Cinta Memengaruhi Optimalnya Tumbuh Kembang Si Kecil

Sentuhan Cinta, selain membantu anak melewati masa neonatalnya, ternyata sentuhan cinta dari orang tua berdampak sangat besar baik secara fisik maupun psikis anak.

Menurut dr. Matahari Harumdini, SpA, manfaat pijatan pada bayi selain menjadi momen berharga untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak, pijatan pada bayi ternyata juga dapat memperlancar aliran darah. 
Dan yang tak kalah penting adalah stimulasi sensori yang dialami si kecil saat dipijat dapat memberi dampak positif demi tumbuh kembang yang optimal bagi anak. Kelak selain menyehatkan tubuhnya, anak juga tumbuh dengan pribadi yang ceria dan percaya diri percaya diri.

Tehnik memijat ini bisa kita lakukan pada 6 area tubuh anak:
1.    Pijatan wajah
2.    Pijatan  dada
3.    Pijatan Perut
4.    Pijatan Tangan
5.    Pijatan Kaki, dan
6.    Pijatan Punggung

Bisa dilakukan setiap hari hingga bayi berusia 6 bulan dengan durasi kurang lebih 15-20 menit saja. Dilakukan dengan sisi kanan terlebih dahulu, baru kemudian bagian kiri tubuh bayi. Oya, setiap bagian cukup lakukan 6 kali gerakan saja dengan 8 ketukan.

Berhubung pijatan ini tujuannya untuk membangun bonding, maka sebaiknyalakukan dengan suasana yang menyenangkan. Jangan ada paksaaan diantara kita. Hahha..
Kalau anak nggak mau, nangis, yaudah, jangan diterusin yak. 



Fakta tentang sentuhan cinta pad asi kecil:
  • Kontak fisik adalah ikatan emosional pertama bayi dengan ibu mereka. Hal tersebut membantu mereka untuk merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi serta pembelajaran.
  • Sentuhan sederhana penuh cinta seperti yang dilakukan melalui ritual pijat dan mandi dapat menjadi waktu yang tepat untuk membangun ikatan ibu dan bayi.
  • Kegiatan penuh cinta ini juga dapat memicu stimulasi multisensorik yang membantu perkembangan psikologis dan emosional bayi serta melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan sistem imunitas tubuh bayi.

Karena begitu besarnya dampak sentuhan cinta ini, maka kita sebagi orang tua seharusnya tidak ada kata tidak untuk memberikan pijatan secara khusus pada bayi-bayi kita.

Karena ternyata manfaat sentuhan dan pijatan halus pada bayi, terutama bayi pada fase neonatal hingga 6 bulan itu sangat berpengaruh untuk memberi harapan bagi pertumbuhannya di masa depan. Tidak hanya selama dia masih bayi dan anak-anak, sentuhan kasih sayang di awal kehidupan seorang anak akan membentuk siapa dirinya di masa depan.

Info lebih lanjut:
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter @johnsonsbaby_id
Facebook https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

1 komentar:

  1. Wah jauh juga tinggalnya Mba di Cikarang. Mumpung acaranya bermanfaat banget ya untuk anak, jadi sayang kalau nggak ikut. Pijat bayi, dulu saya pun pikirnya, emang bayi ngapain sih sampe pegel2 dan butuh dipijat? haha... Dan ternyata berguna juga untuk kenyamanan dan bounding ke bayi ya. :)

    BalasHapus