Minggu, 30 September 2018

Hati-Hati! Jangan Sampai Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini Ketika Bepergian

(sumber : backpackertravel.org)
Ketika hendak mencoba hal baru, tentu akan ada kesalahan yang mengikuti di belakang. Begitu pula sewaktu Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata seorang diri tanpa bantuan agen, pasti akan ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan, baik disengaja maupun tidak.
Nah, untuk menghindarinya, Anda bisa memperhatikan lima kesalahan yang umum dilakukan backpacker pemula ketika memulai perjalanan baru.

1.    Malas Mencari Referensi
Akibatnya bisa fatal jika seorang yang hendak mendatangi tempat baru terlalu malas mencari informasi. Tidak hanya akan kebingungan ketika sudah sampai di tempat tujuan, tersesat pun dapat terjadi. Terlebih ketika Anda tidak mengetahui sama sekali jalan menuju destinasi yang ingin dituju. Anda hanya mengandalkan sekelumit informasi dari rekan-rekan yang pernah mengunjungi. Dijamin, bingung dan takut akan menguasai. Alhasil, perjalanan tidak terjadi sesuai rencana. 

Contoh kecil saja, ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata di Kediri. Tanpa referensi apa pun, dijamin waktu, tenaga, dan biaya Anda hanya akan terbuang percuma untuk jalan-jalan tidak jelas tanpa tujuan. 

2.    Terlalu Mementingkan Kemewahan Dibanding Kepuasan Berwisata
Ketika bepergian, Anda pasti menginginkan kenyamanan tempat menginap. Namun, kenyamanan tidak selalu berbanding lurus dengan kemewahan. Kenyamanan bisa juga dari hal-hal sederhana, seperti mencari hotel dengan bujet miring tapi memberi fasilitas lengkap yang memanjakan tubuh. 

Layaknya hotel-hotel dalam jaringan Airy Rooms yang dapat menyediakan fasilitas lengkap dengan harga yang tidak akan menguras kantong. Anda tetap dapat merasakan mandi di bawah guyuran shower air hangat yang dapat melepas penat dalam sekejap, beristirahat ditemani hiburan dari berbagai saluran televisi, atau menikmati akses internet secara gratis. 

Maka dari itu, hindari mencari hotel mewah yang akan membuat kantong jebol. Lebih baik uangnya dipakai untuk mengunjungi destinasi lain ketika waktu masih ada atau membeli suvenir khas yang dapat dibagikan pada kerabat. Hal ini lebih menguntungkan dan mengesankan dibanding bermewah-mewahan dalam penginapan.  

3.    Boros dan Mudah Tergiur untuk Membeli Barang yang Tidak Terlalu Penting
Membeli suvenir dan barang-barang khas daerah yang menjadi tujuan wisata boleh-boleh saja. Asal tidak terlalu boros dan menghambur-hamburkan uang. Anda dapat memilah barang-barang mana saja yang sekiranya penting dan layak dibeli dengan membuat daftar. Memprioritaskan oleh-oleh untuk orang terdekat dibanding ingin membelikan semua orang tapi kehabisan uang di perjalanan. 

Akan sangat merepotkan nantinya apabila bekal telah habis sebelum waktu pulang tiba. Tidak akan ada orang yang dapat membantu ketika bepergian seorang diri, dan hasilnya hanya akan menyulitkan diri sendiri dan banyak orang nantinya. 

4.    Abai dengan Nasihat Teman Seperjalanan
Bepergian bersama teman, tentu Anda harus mengesampingkan sikap egois dan mengedepankan sikap saling peduli. Sebab, hanya temanlah yang akan membantu ketika kesusahan terjadi. 

Maka dari itu, ketika teman memberikan nasihat dan saran untuk tidak terlalu boros atau menyibukkan diri dengan sesuatu hal yang tidak terlalu penting, sebisa mungkin Anda mematuhinya. Jangan sampai karena hal sepele, pertengkaran terjadi dan Anda berpisah dengan teman perjalanan. 

5.    Terlalu Berlebihan dalam Membawa Barang
Boleh-boleh saja menyiapkan banyak bekal. Asal tetap memperhitungkan beban yang harus dibawa. Salah-salah, Anda akan kerepotan karena harus membawa banyak tas yang sebenarnya isinya tidak terlalu diperlukan. Maka dari itu, buatlah daftar barang-barang penting yang harus dibawa untuk mempermudah pengepakan. 

Meski belum berpengalaman dalam melakukan perjalanan wisata seorang diri, tetapi jangan sampai Anda melakukan lima kesalahan di atas. Persiapkan semua termasuk melakukan pemesanan hotel murah di Kediri dengan aplikasi Airy Rooms sebelum berangkat. Selamat berlibur.

17 komentar:

  1. Menurut sampean gimana caranya menghadapi ketika kita di perjalanan kehilangan barang bawaan terkait komunikasi pak?? apa yang harus kita lakukan pertama??

    BalasHapus
  2. Duh, itu yang nomor lima kayaknya aku banget. Kadang suka kepikiran kalau barang yang aku bawa itu kurang loh, padahal pas nyampe lokasi kadang malah enggak kepake sama sekali. Harus lebih woles nih, thanks buat pengingatnya mbaak

    BalasHapus
  3. Ini catatan penting banget mbak saat kita travelling padahal kalo terlalu anggap sepele malah kita juga yang repot kalau sampai ada apa2. TFS yaa mbak

    BalasHapus
  4. Saya pernah ngalamin yang nomer 1, jadinya sia-sia gak bisa mampir ke tempat yang hits.
    Sama nomer 5 kalau bepergian sering banget bawa barang yang akhirnya gak kepakai juga hahaha

    BalasHapus
  5. Aku juga setuju nih kalo lebih baik nginep di hotel Airy Room karena biayanya terjangkau dan ramah di kantong.

    BalasHapus
  6. Mba terima kasih sudah mengingatkan. PAling utama tuh memang jangn sampai deh nggak nyari referensi ya mba. soalnya bisa bikin rencana wisata berantakan

    BalasHapus
  7. Saya kayak ya yg no 3 tuh masih dilakuin. Habis liatnya lucu dan aji mumpung. Sampe di rmh baru mikir.. ini buat apaa?

    BalasHapus
  8. Kelebihan membawa barang bukan hanya jadi merepotkan, tapi sekaligus malah jadi nambah biaya juga gara-gara over bagasi 😂

    BalasHapus
  9. Kesalahan berpergian dengan bawa barang banyak akan membawa dampak kelelahan akhirnya minta di pijitin.

    Terima kasih atas masukannya

    BalasHapus
  10. nah nampak sederhana kalo dibaca pelan-pelan tips nya ngena banget nih.... hihihi nomor 5 aku banget. kalau jalan-jalan udah kayak mau pindahan mba.

    BalasHapus
  11. Jadi kapan kita traveling niih? Di Airy Room murah2 ya hotelnya?

    BalasHapus
  12. Waktu pergi rombongan sama teman nomor 4 terasa banget. Ada yang ngambek, marah, kesal...enggak mau capek, dikasih saran susaaah kwkwwk
    Bener-bener musti mengesampingkan ego
    Hotel di Airy Rooms di Kediri? aku tahu itu tempatnya...itu kampung halamankuuuu:)

    BalasHapus
  13. Penting banget memang mencari referensi sebelum bepergian. Supaya kita bisa buat itinerary yg efektif selama backpackeran. Yes aku juga kalau jalan2 ga terlalu suka yang mewah-mewahan

    BalasHapus
  14. paling terakhir itu penting banget, jangan bawa barang kebanyakan,

    tapi ya dasar emak-emak biasanya pasti kalo bepergian bawaannya pengen bawa semua barang.

    BalasHapus
  15. Duh note dbanget semua poin2nya ya mom. Penting bgt cari referensi, plus menahan diri. Dan tentunya kepuasan is number one upon others yaa

    BalasHapus
  16. Huwaaaa ini aku banget soal bawaan yang segudang. Pengen light traveling tp ujung2nya kuwatir sendiri nanti baju anak-anak kurang. Akhirnya kelebihan juga sih seringnya ealah ��

    BalasHapus
  17. Thanks for sharing mba. Kebetulan ada rencana mau long trip akhir pekan ini. Jadi bisa langsung dipraktekkan saran-sarannya nih ^^

    BalasHapus