Jumat, 21 September 2018

Inilah 5 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Bali yang ga ada matinya. (via pixabay)

Pulau Dewata memang masih menjadi tempat favorit banyak orang untuk berlibur. Tak hanya oleh wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan mancanegara juga senang berlibur ke Bali. Bali memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik, terutama pantainya yang menyajikan pemandangan menakjubkan untuk menikmati sunset, sunrise, maupun aktivitas bahari lainnya, seperti selancar, snorkeling, diving, dll. Selain itu, Bali masih menyimpan banyak spot wisata menarik lainnya. Sehingga rugi sekali jika selama liburan di Bali hanya Anda habiskan di penginapan dan sekitar pantai saja. Karena tempat wisata di Bali selain pantai juga tidak kalah menarik.

Selain memiliki tempat wisata bahari yang memikat, Anda juga bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata kesenian dan budaya di Bali yang masih terjaga dan dilestarikan hingga saat ini. Bahkan Bali juga memiliki beberapa cagar alam dan tempat penangkaran yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Nah, berikut beberapa destinasi wisata di Bali yang bisa Anda kunjungi selain pantai, antara lain:

1.    Pura Uluwatu.
Saat di Bali, Anda bisa mengunjungi salah satu wisata budaya Bali yang sudah terkenal, yaitu Pura Uluwatu. Pura ini berada di lokasi bertebing. Anda akan merasakan nuansa religius saat tiba di Pura Uluwatu. Untuk memasuki area pura, pengunjung diwajibkan untuk mengenakan sarung dan selendang sebagai simbol penghormatan. Anda tidak hanya bisa menyaksikan keindahan pura yang kental dengan nuansa religi, namun lebih dari itu juga bisa menyaksikan panorama sekitar yang memikat. Terutama di sore hari, pemandangan sunset-nya tidak kalah indah dengan sunset di pantai-pantai Bali lainnya.

2.    GWK (Garuda Wisnu Kencana).
Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu tempat wisata di Bali selain pantai yang wajib Anda kunjungi. Patung ini merupakan salah satu karya dari I Nyoman Nuarta yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain bisa menikmati keindahan karya seni patung besar ini, pengunjung bisa menyaksikan tarian dan kesenian Bali yang diadakan tiap harinya.

3.    Monumen Bajra Sandhi.
Di Bali juga terdapat monumen yang maksudkan sebagai monumen perjuangan rakyat Bali. Dinamakan Bajra Sandhi karena memiliki bentuk bajra yang mana digunakan oleh pendeta Hindu saat mengucapkan Weda dalam upacara keagamaan. Monumen yang dibangun pada tahun 1987 ini bisa Anda masukkan dalam agenda saat berlibur ke Bali. Disini nantinya Anda bisa melihat kisah perjuangan rakyat Bali dari zaman prasejarah hingga perjuangan merebut kemerdekaan.

4.    Taman Kupu-kupu Bali.
Jika Anda penyuka hewan cantik seperti kupu-kupu, maka jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Taman Kupu-kupu Bali yang terletak di daerah Tabanan. Menariknya, selain sebagai tempat wisata, taman ini juga sebagai edukasi dan penelitian kupu-kupu yang terbesar di wilayah Asia Tenggara. Anda bisa melihat berbagai macam spesies kupu-kupu setiap harinya dengan jam kerja mulai dari pukul 08.00 s.d 17.00 WITA.

5.    Arung Jeram di Sungai Telaga Waja.
Untuk Anda pecinta kegiatan ekstrem dan menguji adrenalin, ada salah satu tempat wisata di Bali selain pantai yang bisa Anda kunjungi, yaitu Arung Jeram di Sungai Telaga Waja. Air sungainya masih sangat jernih. Selain itu pemandangan din sekitarnya juga masih sangat asri dengan udara yang masih bersih. Selesai menikmati arung jeram akan ada bonus yang menanti Anda di akhir berupa treking mendaki gunung. Untuk Anda yang tidak takut lelah, ini bisa menjadi aktivitas liburan yang bisa Anda coba. Namun untuk persiapkan stamina tubuh dengan baik terlebih dahulu.
Ada baiknya untuk membaca referensi agar liburan Anda semakin seru melalui travel blog yang Anda percayai.

1 komentar:

  1. Wuah cuma pernah mampir ke kawasan pura uluwatu tapi ga masuk :D

    BalasHapus