Kamis, 18 Oktober 2018

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Liburan Bersama Si Kecil


Seorang Ibu butuh piknik untuk menjaga pikirannya tetap waras.

Moms, kapan terakhir kali kalian liburan? Dan apa saja sih yang harus diperhatikan jika hendak berlibur bareng si kecil? Jujur, sejak punya bayi kami belum pernah pergi liburan. Yah, kalau liburan tipis-tipis di Bekasi sih lumayan sering. Tapi you know-lah ya Bekasi. Di sini mayoritasnya adalah lahan industry, panas, dan macet. Ruang terbuka hijau juga sangat terbatas.

Ada beberapa faktor sih yang menyebabkan kami jarang berlibur ke luar kota.

Pertama kendala waktu. Maklum hari libur suami hanya hari minggu. Jadi kalau hendak liburan ya mesti nunggu ada long weekend, atau memanfaatkan jatah cuti.

Kedua, ketika Rayhan masih umur beberapa bulan sempat mikir, kasihan lah kalau anak kecil diajak jalan jauh. So, akhirnya ada rasa khawatir dengan kenyamanan anaka selama di perjalanan atau selama berlibur itu sendiri.

Ketig
a, kadang karena merasa nyaman di rumah aja, yaudah akhirnya tidak kemana-mana. Ndusel-ndusel aja bertiga di rumah. Rasanya kebersamaan di rumah akan jauh lebih berkwalitas dibanding menghabiskan waktu di jalan.

Tapi, setelah sekian lama nggak kemana-mana, rasanya ada sesuatu di dalam diri ini yang mendesak. Semacam rindu yang serindu-rindunya. Teringat jaman masih gadis dulu. Jiwa petualang rasanya memanggil. Dan, lagi pula kalau cuma sesekali rasanya sah-sah aja lah ya. Toh, emak-emak yang seharian berkutat di dapur dan ngurusin anak ini juga punya rasa jenuh. Dan kalau tidak diatasi, khawatirnya kewarasan berkurang. Wkwk

Alhamdulillah, setelah ngobrol sama mas suami, dalam waktu dekat kami merencanakan liburan ke Bandung. Iyes, sebagai permulaan kita pilih kota yang nggak terlalu jauh. Apalagi Bandung gitu lho, banyaaak banget destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Baik itu wisata alam maupun perkotaannya.

Nah, karena ini merupakan liburan pertama bareng si kecil, beberapa hal ini tak boleh saya lewati demi lancar dan terciptanya momen special bagi si kecil.

1. Perencanaan Yang Matang
Mungkin ini gak berlaku buat semua orang. Tapi bagi saya, liburan harus direncanakan sebaik mungkin. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Booking Akomodasi  Sejak Jauh Hari.
Cara ini memiliki dua keuntungan. Pertama ada kemungkinan agar biaya lebih murah, dan kedua supaya tidak kehabisan tiket. Bayangkan gimana lesunya kamu ketika semuanya sudah direncanakan tapi mendadak batal di menit terakhir. Duh, asli melasin. Hahha

Jaman masih gadis sih tidak masalah jika dapat bangku cadangan, bis seadanya, panas dan bau rokok. Sekarang? Big NO. Sayang anak..sayang anak.. hihi

3. Perlengkapan Si Kecil Yang Harus Dibawa Saat Liburan
Mulai dari pakaian, obat-obatan, popok, hingga gendongan. Yups, namanya masih kecil yak, sudah pasti sebagian waktunya ada dalam gendongan. Karenanya harus bawa gendongan yang nyaman. Ada sih yang nyaranin bawa stroller. Tapi saya bingung bawanya, berat say. Secara kitakan naik kendaraan umum. Nggak kebayang aja kalau harus ngegeret-geret si stroller ini. Hiks

4. Pilih Wisata Yang Ramah Anak
Harus ya? Kalau saya dapat pertanyaan ini ketika masih gadis, sudah pasti jawabannya tidak. Berhubung sekarang sudah punya si kecil, kenyamanan dan keselamatannya adalah yang utama.
 
Nah untuk Bandung sendiri, beberapa wisata ramah anak yang rencananya hendak kami kunjungi adalah sekitaran daerah Lembang. Seperti Floating market lembang, karena di dalamnya ada fasilitas permainan anak. Apalagi di sana ada miniature kereta. For your info, saat ini Rayhan adalah railfans. Tiada hari tanpa ngomongin taappiii (kereta api).

5. Hotel Yang Nyaman dan Tidak Terlalu Jauh dari Destinasi Wisata Yang Hendak Dikunjungi

Nggak mungkinkan Bandung-Bekasi PP. Yang ada malah senep bukannya senang. Nah ketika berlibur bersama si kecil ada baiknya memilih hotel yang tidak terlalu jauh dari tempat wisata yang dituju. Ini merupakan salah satu cara agar kita tetap waras selama berlibur. Bukankah asik ketika kita penat setelah seharian berwisata, tak lama kemudian kita bisa selonjoran dengan nyaman di hotel.

Nah, sebagai orang yang cukup awam dengan daerah Bandung, tentu saya harus banyak bertanya dan mencari informasi. Setidaknya saya harus punya referensi, hotel di sekitar Lembang yang sesuai dengan saya. Mulai dari biaya, fasilitas, serta jarak dari lokasi destinasi wisata kami.

Berhubung rencana liburan kami akhir pekan, maka saya mulai hunting  sejak jauh hari. Udah pada taulah ya, akhir pekan Bandung teh selalu ramai. Konon  katanya hotel dan penginapan jarang ada yang kosong.

Setelah searching sana-sini, akhirnya saya nemu hotel yang pas di Traveloka. Harga yang ditawarkan Hotel Traveloka ini lebih murah dan pilihan hotelnya juga lebih lengkap baik di seluruh Indonesia maupun dunia . So, karena sudah nemu yang cocok, langsung saya booking.

Kalian ada rencana liburan kemana nih Moms? Cobain deh booking hotel di Traveloka ini. Proses pemesanannya ngga ribet, pembayarannya juga mudah dan cepat.
 
Yeay. Asiiikk..kita liburan.

18 komentar:

  1. Iya mba setuju, kadang malah yg sudah direncanakan suka meleset dari planning yg ada. Tp kita sdh bisa mensiasati nya krn kan sdh ter planning. Gimana ngga ter planning ya

    BalasHapus
  2. Aahh, Traveloka mah favorit mbaa, kami juga rencana mau ke Bali pas liburan semesteran nanti.
    Sudah booking hotel pakai Traveloka, banyak banget diskon kalau booking jauh2 hari :)

    BalasHapus
  3. Emang pakai traveloka udah paling pas kalau liburan bareng anak, karena semuanya udah terencana, jadi gak ribet masih ngurus hotel, dsb. Lebih murah juga jatuhnya yaa :)

    BalasHapus
  4. Waktu anak-anak saya masih kecil memang agak sedikt ribet kalau mau liburan. Persiapannya lebih detil dan bawaannya lumayan banyak. Tapi, ya memang dibawa asik aja. Yang penting anak-anak jadi nyaman

    BalasHapus
  5. asik emang liburan pake traveloka, gak perku khawatir akomodasi yang dipesa ternyata udah digunakan sama orang lain.. apa lg kalau pas dapet promo-promo gitu.. makin bahagia rasanya :D

    BalasHapus
  6. Wisata ramah anak di Bandung jangan lupa ada Taman Lalu Lintas atau Taman Ade Irma Suryani Nasution. Abis dari Bandung langsung ke Cianjur yaaa... Ada Taman Bunga ada juga Kebun Raya Cibodas dan masih banyak lagi...

    BalasHapus
  7. Paling seneng ke Bandung enggak jauh juga dari Jakarta Barat tempat tinggal saya ..Banyak lagi pilihannya mau wisata alam, kuliner, belanja...semua ada. Tinggal cusss booking penginapan lewat Traveloka. Praktis dan ekonomis!

    BalasHapus
  8. Asik nih mau liburan ke Bandung. Kalo aku sih pengen liburan ke Semarang sama keponakanku sih rencananya.

    BalasHapus
  9. Ini banget nih. Belum pernah liburan sama anak, soalnya masih kecil dan takut repot. Tapi udah baca blog ini jadi terinspirasi untuk liburan. Hihi.. traveloka memang idola semua ya..

    BalasHapus
  10. nah bener banget liburan sama anak tuh banyak yang harus disiapkan y mba. untung ada traveloka bisa booking jauh-jaun hari

    BalasHapus
  11. Kalau liburan sama si kecil penting banget emang kudu direncanakan dengan baik ya mbak :D
    Trus bawa perlengkapannya kudu lengkap hehe

    BalasHapus
  12. setuju, mom. hal2 itu yang harus diperhatikan saat membawa anak berlibur.
    aku juga suka pesan hotel di traveloka :)

    BalasHapus
  13. Kalau liburan sama anak tuh paling utama yang aku lakukan ya menyiapkan kebutuhanan anak. Termasuk mainan mainan dan makanan kesukaannya

    BalasHapus
  14. Sejak punya 3 balita, saya juga milih banget lokasi tempat liburan. Paling nggak yang udaranya sejuk, tidak terlalu bising. Dan yang penting memang harus direncanain semuanya mulai hotel, akomodasi, dsb jauh Hari.

    BalasHapus
  15. nomer 5 penting bangeeeet. apalagi kalau sama anak-anak ya mba. biar nggak gempor hahaha. jadi pengen liburan juga hahaha

    BalasHapus
  16. ahhh makasih mba sharing tipsnya

    ini penting banget, apalagi aq ada anak 2 tahun jadi kadang bawaannya males buat travelling karena gak mau ruwet dan rempongnya.

    BalasHapus
  17. Iya banget nih tipsnya mba. Saya juga kalau bawa anak2 beli tiketnya jauh2 hari. Biar wellprepare pas berangkat

    BalasHapus
  18. jadi banyak hal yg mesti aku catat nih dari artikel ini Mba :) secara kalo ajak anak pergi2 aku ga pernah sedetail ini.. trimakasih untuk sharingnya..

    BalasHapus