April

Dalam pembagian bulan pada tahun hijriah tidak ada yang namanya April. Tapi sebagai muslim yang baik (^_^) sekaligus makhluk sosial, pastinya kita harus mengikuti perkembangan dunia. Toch agama juga tidak melarang ( ya iyalah,,, sebatas itu tidak melewati batas yang sewajarnya…).
Sesungguhnya hidup manusia adalah kehendakNya. Tidak ada dan tidak boleh ada yang membantah hal itu. Kecuali mereka yang hatinya tidak mengenal tuhan atau bahkan hatinya telah membatu.
Kehidupan ini dibentuk sedemikian rupa secara bertahap dan pastinya dalam setiap tahapannya mengandung makna yang sepatutnya kita fahami dan mengerti.
Dari pembentukan embrio, dihembuskannya ruh dan akhirnya terlahir ke dunia fana ini. Sungguh semua ini atas kuasaNya.

Menyinggung masalah kelahiran terkadang aku bingung sendiri. Bagaiman tidak?,ada tiga tanggal lahir sekaligus. Tapi, mana yang benar sudah tidak terlalu menjadi priorotas ku untuk mengetahuinya.
Yang jelas aku terlanjur menyukai April dibanding Desember. Yachh…..karena aku terlanjur percaya bahwa bulan kelahiran ku adalah bulan April (setidaknya sebelum aku melihat akte kelahiran dan kartu keluarga yang dibagikan kelurahan).
Aku merasa ada banyak keistimewaan pada bulan April.
Bulan April aku lahir tanggal 5.
Setiap 5 tahun sekali, pada tanggal 5 April (namun untuk tahun ini ga tau kanapa di undur jadi tanggal 9 April) Negara Demokrasi yang baru beranjak menjadi “kepompong” ini mengadakan hajatan besar, yaitu Pesta Demokrasi (Itu Lhooo….pemilihan anggota legislatif).

Hmmm…Pesta??? Selama ini aku Cuma manut saja setiap diadakan pemilihan pemimpin itu dikatakan pesta.
Sekarang aku baru ngerti kenapa disebut pesta, setidaknya inilah opini ku ;
“Pesta…setelah dipikir-pikir ternyata ga jauh-jauh amat Dari makna yang sebenarnya. Karena setiap ada pemilihan pastinya ada “penghamburan materi”.
Para calon-calon pemimpin itu hanya memikirkan bagaimana caranya agar mereka menang. Mereka tidak memikirkan apa yang mesti mereka lakukan selanjutnya. Janji-janji pra-pemilu berlalu seiring berlalunya lembayu, semua hanyalah teori, taktik, dan janji-janji palsu.
Politik isinya pasti politik (^_^)
Di dalamnya ada ambisi (menang, berkuasa, tenang……)
Tak-tik untuk menang, trik untuk berkuasa. Mereka mestinya tidak perlu berkilah, bahwa semua dilakukan untuk kesejahteraan anggota dan pengikutnya (hmm..mungkin ga semuanya seperti itu...).
Selanjutnya, tidak heran jika kemudian terjadi konflik, saling menyerang dan menyudutkan…

Politik…..namanya…….

April, bulan kelahiran pejuang wanita yang bagi ku sangat fenomenal. Bagaiman tidak, kesetaraan Gender yang sekarang mulai menunjukkan tajinya bukanlah tanpa perjuangan. Dialah R.A Kartini, yang lahir pada tanggal 21 April di jepara.
Pada usia 12 tahun sudah masuk pingitan, tidak ada istilah membantah atau mempertahankan apa yang diyakini. Dalam masa pingitan inilah, Kartini banyak menulis surat. Kebanyakan surat-suratnya tertuju pada orang-orang Balanda yang berkuasa di daerah tersebut, yang kebetulan dikenalnya.
Dipaksa menikah hingga akhirnya meninggal setelah 3 hari melahirkan putra tunggalnya. Sepeninggalnya, surat-surat yang pernah ditulisnya dikumpulkan hingga akhirnya berbentuk buku yan berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Saudara-saudara sepupu ku juga ada sebagian yang lahir di bulan April. Tentu semua ini hanyalah kebetulan, tapi aku menyukainya (^_^).

Bulan April, beberapa tahun terakhir ini dilaksanakannya UAN (Ujian Akhir Nasional). Hmmm…ujian yang menentukan nasib anak-anak sekolahan, termasuk aku ( 2 tahun yang lalu).
Sebuah wadah, yang menurut pemerintah epektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri tercinta ini. Mereka tidak tahu apa sebenarnya yang terjadi…. Bahwa semua itu justru merusak moral dunia pendidikan,,, didalamnya penuh dengan kebohongan dan kecurangan.

Owhhh pemerintah yang terhormat….
Cobalah sekali-kali menunduk
Jangan hanya bisa mendongak doanK

Bulan Desember, tanggal lahir ku jatuh pada tanggal 30. ga ada yang terlalu istimewa di bulan Desember. Natal..??? tentu itu berarti untuk mereka “anak-anak gereja”.
Pergantian tahun..??? YupsS….Cuma itu doang….
Oya, kakak “pas” ku lahirnya bulan desember….

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^