Cerita di Balik Buku Paket Era 90an



Buku paket era 90an via www.keepo.me


Ada yang khas setiap tahun ajaran baru dimulai. Selain siswa yang berebut tempat duduk pastinya. :D
Yaitu pembagian buku paket oleh pihak sekolah. Buku paket ini merupakan warisan turun temurun milik sekolah. Maka beruntunglah mereka yang mendapat buku warisan yang masih dalam keadaan baik. Sebab kebanyakan kondisi bagus hanya ada pada pengguna pertama atau kedua. Selanjutnya ya seadanya. 



Dapat yang masih bagus ya syukur, dapat yang udah koyak pun tak bisa apa-apa. Kondisi terburuknya adalah koyak atau terbelah dua. Tinggal kitanya bisa merawatnya atau tidak.
Ya, dulu tidak seperti sekarang. Ketersediaan buku pelajaran tak seleluasa sekarang. Sehingga buku-buku pelajaran didapat dengan turun-temurun.

Namun setelah diperhatikan, dengan keterbatasan tersebut justru membuat siswa jaman dulu lebih rajin dan kreatif. Rajin mencatat pelajaran. Coba perhatikan, tulisan tangan orang-orang dulu itu bagus dan nyeni. Bahkan pernah di sekolah salah satu gaya tulisan tangan ngehits seantero sekolahan. Jadi semuanya pada ngikutin. Hhh

Dengan terbatasnya ketersediaan buku mau tidak mau siswa dituntut bertanggungjawab terhadap buku yang dipinjamnya. Sebab menjelang kenaikan kelas buku-buku itu harus dikembalikan. Nah untuk menjaga bukunya, siswa biasanya akan memberi sampul setiap buku. Baik itu berupa kertas coklat, dilapisi plastik, atau sekedar sampul koran. Apapun, asal buku dapat bertahan lama dan masih bisa digunakan.


Dengan hanya menggunakan buku paket yang dipinjamkan sekolahan otomatis buku siswa dalam kelas itu sama rata. Tambahan materi hanya bisa diharapkan dari buku pegangan khusus guru. Namun ketika materi tambahan itu diajarkan otomatis siswa dituntut untuk menulis lebih banyak. Nyatat! Berlembar-lembar.

Jadi seperti apa nostalgiamu tentang buku paket yang diwariskan turun temurun?

8 komentar

  1. Kalau sudah giliran pembagian buku paket biasanya kan disurug ke pustaka. Dulu saya biasnaya buru2 deh biar dapat oembagian di awal jadi bisa milih.. hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempatku biasanya paling yang disuruh itu ketua kelas. hahha

      Hapus
  2. aaah buku2 saya semua tuuh, enak yaa sekolah zaman dulu. gak harus punya banyak2 uang orang tua kitabuat beli buku paket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba. Kebayang dah kalau harus beli buku seperti sekarang. mana banyak gitu..

      Hapus
  3. Hahahah inget dulu kalau pembagian buku warisan yg sudah dipakai kakak kelas sebelumnya selalu berharap dpt buku yg bagus. Soalnya kdng ada yg udah coretan atau lepas sampulnya. Kan maunya buku2 yg bagus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi kalau udah dibagi dapetnya yang jelek ya mau gimana lagi. pasrah..wkwk

      Hapus
  4. Generasi 90an juga ya mbak... :) Iya ya jaman kita dulu murid-muridnya masih rajin nyatat, sekarang banyak yang malas... googling terus diprint deh :)

    BalasHapus
  5. Hihihii...emang ada suka-dukanya juga kalo inget buku-buku yang bisa diwarisin turun temurun itu, ya. Sangking hematnya, sampul juga udah pada lecek, teuteup dipake oleh adik-adik kelas dan sampulnya doank yang diganti. Lumayan lah, gak keluar biaya lagi selain buat beli sampul.

    BalasHapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^