Yak, menjelang hari terakhir tantangan ODOP Agustus-September yang diprakarsai Teh Ani, tema kali ini adalah laporan keuangan bagi blogpreneur. Sebenarnya semua orang kalau ngomongin uang pasti deh matanya pada ijo royo-royo. Tapi nggak semua orang sadar tentang membuat laporan keungan bulanan. Nah karena saya bukan pakar keuangan ataupun blogpreneur, maka tulisan ini sebisa mungkin bakal saya sampaikan berdasarkan pengetahuan sederhana yang saya miliki. 


Laporan keuangan ini lebih tepatnya disebut catatan keuangan karena pada dasarnya seorang blogger tidak memiliki atasan ataupun bos yang mengharuskannya melaporkan keuangan miliknya. Mencatat seluk beluk keuangan selama sebulan memang terdengar sepele dan gampang, tapi balik lagi, nggak semua orang melakukannya. Padahal dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan kita dapat menjadikannya sebagai acuan dalam merencanakan keuangan. Keterbatasan pengetahuan mengenai keuangan tidak lantas menjadi alasan bagi kita untuk tidak membuat catatan keuangan ini. Karena kita bisa memilih dengan metode yang paling sederhana, yang bisa kita baca dan mudah dimenerti. 

Lalu bagaimana dengan blogpreneur? Apakah mereka harus membuat catatan keuangan?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, sebelumnya  mari kita cari tahu apa itu blogpreneur. Kita ambil bagian preneur yang asal katanya adalah entrepreneur. 

Berdasarkan bisik-bisik om Wikipedia,
pengertian Enterpreneur atau dalam bahasa indonesia disebut wirausahawan, merupakan orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. 

Sedangkan blogger merupakan seseorang yang menuliskan hasil pemikirannya di blog. Berdasarkan hasil penelusuran di wiki lagi,  
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Jadi kesimpulannya, blogpreneur merupakan seseorang yang melakukan usaha di bidang blogging dan kini meluas ke media sosial lainnya.

Lalu pentingkah seorang blogger membuat catatan keuangan?

Saya rasa sih penting ya, banget malah. Apa lagi buat mereka yang memang sudah malang melintang di dunia blogging. Punya banyak acara dan bejibun invoice #uhhuukk


Beberapa alasannya sebagai berikut

  1. Sebagai acuan pemasukan dan pengeluaran
  2. Dari catatan pengeluaran ini, sewaktu-waktu kita dapat melakukan evaluasi terhadap kebocoran pengeluaran. 
  3. Dapat dijadikan acuan terhadap fee aktifitas ngeblog kita kedepannya.
  4. Dari catatan itu kita bisa tahu beberapa invoice yang mungkin belum dibayar sehingga kita tidak kehilangan jejak.
  5. Jika banyak dan memenuhi syarat, dapat dijadikan acuan untuk mengeluarkan zakat. Bukankah ada bagian saudara-saudara kita yang tidak mampu dalam kelapangan rizki kita? 
  6.  Intinya agar tidak rancu. Tidak campur aduk terhadap keungan-keuangan keluarga yang lain.
  7. Sekian

Alasan pentingnya pembuatan catatan keuangan di atas tidak berdasarkan pengalaman saya, sih. Karena sampai saat ini saya masih sebatas penggembira. Du du du. Semoga ya tidak lama lagi saya juga berkesempatan merasakan sensasi menerima pembayaran invoice dari kegiatan media sosial ini. Haha. Aamiin.

Etapi tetap sih, esensi ngeblognya dengan niat untuk aling berbagi, memberi manfaat bagi sesama.


4 komentar

Aku juga baru sadar kalau blogpreneur kudu bikin catatan keuangannya gara2 tugas dari teh Ani Berta, hihi. Ternyata manfaaatnya banyak juga lo :) Cuma kalau job nya belum banyak jadi gimana gitu keknya :D :D Sukses ya mbak!

REPLY

Kalau yang jobnya munculnya malu-malu kucing gimana Kak wkwkwkkww

REPLY

Hihhii.. Sama mbaaa.
Semoga dibukakan pintu rezeki nya yah..

REPLY

Yang penting pengeluarannya jelas mba.. Hihhii

REPLY

Azzura Lhi - Seorang Bunda dan Lifestyle Blogger . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates