Perlengkapan Ngeblog Yang Harus Dimiliki


Saat ini ngeblog bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat luas. Perkembangan dunia blogger bahkan melaju cukup pesat. Fenomena ini dikarenakan semakin banyaknya masyarakat yang menyadari kebutuhan ngeblog. 

Niat awal saya ngebelog dulu tak lain agar saya punya media untuk menuliskan apa yang saya lihat, rasa, dan dengar. Lebih tepatnya sebagi media curhat. Bentuk digital sebuah diary. Karena jaman sekolah, saya termasuk yang suka nulis diary. Nah setelah beberapa tahun buku diary saya dimakan rayap, lembab dan tak terbaca. Ada perasaan ngenes ketika pada masanya diary itu harus saya buang. Beda dengan diary digital, dia akan tersimpan rapi selamanya. Jadi selama kita bisa terhubung dengan internet ya tiggal buka aja. 


Belakangan blog dapat menjadi jalan bertambahnya penghasilan. Sah saja bukan? Sebab jalan rejeki bisa dari mana saja, asal halal. Nah, seseorang akan terasa lebih afdol jika punya alat perang dalam memenuhi hasrat ngeblognya. Ngga harus mahal. Sebab blogger tidak dilihat dari seberapa mahal dan canggih peralatan tempurnya, namun seberapa bernas dan kreatif hasil tulisannya. Dalam hal hasil tulisan, saya termasuk dia yang masih belajar dan belajar. Haha.

Sejauh ini alat-alat ngeblog yang harus dimiliki menurut saya sebagai berikut.

1.       Alat tulis
Pernah dengar pepatah “sebaik-baiknya ingatan jauh lebih baik sebuah pulpen” - kurang lebih seperti itu, saya agak lupa. Yang intinya, sebaik gimana pun ingatan kita, akan lebih baik kalau itu dicatat. Kalau lagi ada ide nulis bisa langsung dicatet. Atau kalau lagi ada seminar, penting banget bawa alat tulis buat oret-oret apa yang kira-kira dianggap penting. Dari catatan ini nanti bisa kita kembangkan menjadi artikel dan tulisan yang menarik.


2.      Handphone/ Smartphone
Lucu lho kalau lagi ada acara kitanya bengong doang. Tidak ada kegiatan online. Tidak ada dokumentasi. Rasanya tuh duhhh banget. Ini pernah saya alami. Bukan karena ngga punya hp. Tapi HP saya agak-agak gimana gitu. Lemot naujubileh plus batrenya cepet banget abisnya.

HP sebagai perangkat wajib ngeblog
a. Alat dokumentasi. Dapat berupa photo, video, atau rekaman suara. Pastinya ini nantinya digunakan untuk olah artikel.

b. Pengganti alat tulis. Seandainya kita lupa bawa alat tulis kita bisa tulis di HP. Menggunakan aplikasi notes dan sejenis. Notes di HP juga dapat digunakan untuk menulis draft atau outline tulisan.

c. Usahakan HP yang bisa multitasking. Dalam arti, tidak ngelag ketika sedang membuka beberapa aplikasi secara berbarengan.

d. Membantu kegiatas bersosial media. Yang namanya blogger sudah pasti mesti update sana-sini. Tujuannya agar dikenal. Baik oleh sesama blogger atau oleh agensi. Medsos juga dapat menjadi media branding bagi si blogger. Makanya kalau bermedia sosial harus santun.

e. Editing photo. Photo yang enak diliat secara nggak langsung dapat menarik pembacanya. 

f. Ngeblog. Yaps. Kalau kamu belum punya laptop, kamu tinggal download aplikasi blog dari playstore. Sesuaikan dengan blog yang kamu pake. Seperti blogger, wordpress, tumblr, dan lainnya. Bisa, namun kemungkinan hasilnya kurang maksimal karena keterbatasan beberapa tools.

3.      Power bank
Untuk jaga-jaga seandainya penggunaan HP kita cukup intens. Ini dikarenakan semakin intens kita menggunakan HP maka semakin cepat batre tersedot habis. Kan lucu kalau hp kita mati saat lagi seru-serunya sebuah acara.

4.      Kamera
Sekali lagi, photo yang bagus dapat menunjang tampilan blog bahkan menarik minat pembaca. Disini kamera berfungsi sebagai alat dokumentasi.
Memang fungsinya dapat digantikan oleh HP, namun terkadang resolusi gambar yang dihasilkan oleh kamera hp tidak semaksimal kamera digital.

5.      Laptop/Komputer
Saya pernah hiatus ngeblog karena alasan tak punya laptop. Lebih tepatnya, laptop ngga bisa dipakai. Memang, kalau niat saya kuat untuk ngeblog, harusnya saya bisa memanfaatkan Warnet. Tapi ternyata nggak segampang itu. Sebab faktanya saya ini termasuk orang yang cukup moody.

Begini kegunaan laptop sebagai perangkat ngeblog
a. Yang pasti, ngetik jauh lebih nyaman.

b. Membuat dan menyimpan draft atau outline. 

c. Editing photo. Nah ini, editing photo di hp sebenarnya bisa. Tapi balik lagi, ada tools atau aplikasi tertentu yang tak bisa ditanamkan di HP. Misalnya photosop.

d. Browsing. Laptop lebih memungkinkan kita untuk browsing dengan multitab. Dan lebih memungkinkan juga untuk membuaka multi aplikasi.

6.      Jaringan Internet atau Modem
Untuk menerbitkan sebuah tulisan di blog, kita butuh jaringan internet. Dapat berupa modem atau bisa tetring data dari hp yang kita miliki. Nah kalau lagi iseng bisalah melipir ke kafe-kafe terdekat. Haha

***

Semakin berkembangnya dunia, khususnya teknologi, maka kebutuhan manusia akan perangkat digital akan semakin meningkat. Dan blogger hadir untuk menyemarakkan. Dengan berbagi berbagai hal. Baik informasi birokrasi, kecantikan, teknologi, pariwisata dan lainnya. Semua itu punya tempat masing-masing untuk menemukan pembacanya. Untuk itulah kemudian saya memutuskan untuk lebih fokus ngeblog. Dengan tagline “Sharing is Caring”. Sebab menurut saya, berbagi adalah tanda peduli.
Menunjukkan kepedulian terhadap sesama ternyata sesederhana itu. Yaitu dengan menuliskan apa yang kita tahu. Menjadi blogger.  

14 komentar

  1. Iya nih, kalo buka tab banyak di hape cenderung bikin hape bengong alias heng ya.
    Dan kita samaan nih, ngeblog awalnya semacam diary digital hihihi etapi kadang masih suka gitu juga sih. Nggak semua foto di share di facebook, tapi kalo abis jalan-jalan nggak lupa pasti deh mosting cerita jalan2nya. Menyenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga jarang share photo2 perjalanan,paling beberapa yg cukup mewakili. Hihhi
      Nah masalah posting di blog maunya sih selalu, tapi kadang jauh panggang dari api. #tutupmuka 😂

      Hapus
  2. aku meskipun udah ada tab, tetep paling enak nulis blog pakai laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mba. Rasanya lebih lega aja. Lebih bebas.
      Karena kalau di hp kadang diganggu oleh notif sosmed. 😂

      Hapus
  3. Alat tulis itu termasuk buku agenda, ya? Aku biasa menuliskan alamat, jadwal, dan mencatat disitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi mba Windu. Seperti yg aku sampein d artikelnya, kadang alat tulis paling murah jauh lbh baik dr ingatan yg paling baik.

      Lagian bagus juga, buat ngelatih kelemasan tangan. Wkwk

      Hapus
  4. Setuju Mbk Azzura lhi, walau sepele tapi harus dipersiapkan ya hehe.
    Kamera nih yang belum punya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhaayy.. Semoga segera dapat dari ngeblog ya Bowo. 😄

      Hapus
  5. Setuju Mbk Azzura lhi, walau sepele tapi harus dipersiapkan ya hehe.
    Kamera nih yang belum punya wkwk

    BalasHapus
  6. mbak ada yg kurang tuh mbak kata "tinggal" di paragraf kedua akhir, kalo saya sih yg paling penting koneksi sama laptop kalp nulis di hp yg ada ngehang saya gabisa nulis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih banyak mas atas koreksinya. Jeli banget. Jadi terharu sayanya.
      Iya mas,saya sering mati gaya gegara hp ngelag dan kehilangan koneksi. 😁

      Hapus
  7. Jadi ingat dulu waktu HP masih butut, kalau ikutan event nggak bisa ikut lomba ngetwit T.T Sekarang udah ada hape bagusan, males ngetwit =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah ngalamin mba. Klw twitt ga tau knp loadingnya lambat bgt alhasil batre cepat habis. Lalu mati gaya deh 😅

      Hapus
    2. Saya pernah ngalamin mba. Klw twitt ga tau knp loadingnya lambat bgt alhasil batre cepat habis. Lalu mati gaya deh 😅

      Hapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^