Bekasi yang terkesan gersang sulit sekali menemukan lapangan terbuka hijau, taman dan sejenisnya. Namun demikian bukan berarti anak-anak Bekasi tidak memiliki taman yang bisa dijadikan tempat berkumpul. Cukup aktif di IG membuat saya sedikit banyak tahu tempat-tempat yang sering dijadikan tempat nongkrong, ngumpul atau sekedar numpang foto, di Bekasi.


Salah satunya adalah Taman Sehati. Taman Sehati ini menjadi titik keramaian baru di Bekasi tepatnya Cikarang. Taman Sehati terletak di depan Stadion Wibawa Mukti, Desa Sertajaya, Kec. Cikarang Timur.

Saya sebagai calon warga tetap Bekasi, kepo dong tentang taman ini. Secara dari namanya saja unik gitu. Ditambah kalau liat foto-foto yang dishare kok sepertinya beda dari taman-taman yang sudah ada pada umumnya. Mumpung suami libur dan saya kebetulan ngga ada acara kumpul blogger, maka untuk memenuhi rasa penasaran tersebut, hari minggu lalu saya dan suami menyambangi taman tersebut.


Stadion Wibawa Mukti


Informasi yang diperoleh suami dari temannya, Taman Sehati tidak jauh dari Sentral Grosir Cikarang (SGC). Nah, kebetulan hari minggu itu jadwal kami ke pasar di sekitar SGC, belanja sayuran untuk keperluan mingguan. Kenapa belanja keperluan sayuran untuk stock seminggu? Ya biar murah, kak. Hahah. Lagian biar sekalian beli banyak, biar ga bolak-balik. Ada sih tukang sayuran dekat kompleks perumahan, tapi ada kalanya pagi-pagi itu malas keluar. Apalagi musim hujan gini.

Oya, selain belanja mingguan, saya dan suami menyempatkan diri mampir di A&W untuk menikmati promo spesial bulan Februari ini. Mayan juga ada voucher. (Bumil doyan gratisan..ahaha)



Taman Sehati Cikarang - Bekasi


Taman Sehati ini menjadi titik keramaian baru di Bekasi tepatnya Cikarang. Taman Sehati terletak di depan Stadion Wibawa Mukti, Desa Sertajaya, Kec. Cikarang Timur. Sejauh yang saya perhatikan, sebenarnya daerah Bekasi agak jarang memiliki ruang terbuka hijau atau semacam taman kota sebagai ruang publik. Jadi tidak heran, walaupun taman ini belum seutuhnya jadi namun sudah banyak dikunjungi masyarakat untuk menikmati waktu santai bersama kerabat atau sahabatnya. Yang tidak ketinggalan pastinya foto-fotolah ya.

Taman Sehati sebenarnya terhubung langsung dengan Stadion Wibawa Mukti, yang menurut penglihatan saya masih belum rampung. Karena saat berkunjung saya melihat ada beberapa pekerja yang tampak sedang melakukan perbaikan.



Nah karena lokasinya menyatu dengan stadion, maka tak heran jika di taman ini kita akan menemukan berbagai fasilitas olahraga. Sehingga masyarakat yang datang tidak hanya sekedar mengulur waktu menunggu datangnya siang atau sore, mereka juga bisa melakukan beberapa olahraga ringan di area taman.





Di taman ini kita akan menemukan dua tower Supertree Grove semacam vertical gardens versi mini dari yang ada di “Flower Dome Gardens, Gardens By The Bay Singapura. Menurut saya meskipun tak seindah yang ada di Singapura, keberadaan Folower Dome ini cukup menarik. Kalau yang suka motret, bisa dijadikan point of interest dalam fotonya. mungkin karena masih dalam proses penyempurnaan, Flower Dome nya ini belum terlalu ditata. Karena masih banyak lobang yang belum ditanami. Atau mungkin sudah ditanami tapi gagal tumbuh.



Tapi, entah kenapa saya berpikir pengelolaan taman ini tidaklah maksimal. Terbukti dengan beberapa alat olahraga yang seolah diletakkan begitu saja. Plastik masih membungkus dan terkesan tak terurus dan hanya sebatas asal ada. Atau sebatas properti untuk meramaikan taman, sebagai pelengkap foto selfie para pengunjung.



Simbol Hati di Taman Sehati


Namanya juga taman sehati. Jadi wajar kalau kamu bakal menemukan simbol-simbol cinta yang bertebaran di taman ini. Berdasarkan pantauan saya di media sosial atau di lokasi langsung, lambang-lambang cinta ini merupakan daya tarik utama taman sehati tersebut. Akan terlihat lebih indah jika berkunjung malam hari sebab nyala lampu warna-warni yang membuatnya terlihat lebih indah.

Tidak dipungut biaya apapun untuk menikmati taman ini. cukup bayar parkir kendaraan yang dibawa. Iya, kita harus bawa kendaraan sendiri karena tidak ada ngkutan umum yang lewat sini. Untuk kendaraan roda dua dikenai tarif Rp 5.000,- saja.

Oya di samping taman juga ada semacam pasar dadakan gitu, lho. Jadi selain nyore, kita juga bisa sekalian belanja. Ahaha


Jujur saya sennag dan suka dengan taman ini. konsepnya yang unik membuatnya terasa berbeda. Hanya saja ada beberapa poin yang sedikit mengganggu. Entah apa yang membuat pembangunan taman ini belum selesai hingga sekarang. Saya bisa mengatakan ini belum selesai melihat tata taman yang belum rapi. Saya berharap taman ini tidak berhenti hanya dengan hiasan lampu warna-warni pada kawat yang berbentuk sign love dan ilusi Flower Dome yang tak ada bunganya. Akan lebih indah jika di tengah taman ditanami pohon perindang dan pot bunga yang mumpuni. Begitu juga dengan tanah yang bergelombang di sekitarnya akan terlihat lebih jika dirapikan.
Dan yang tak kalah penting, sampah yang berserakan. Sumbernya entah kurangnya kesadaran pengunjung untuk tidak buang sampah sembarangan, minimnya ketersediaan kotak sampah, atau tidak adanya petugas kebersihan. Entahlah.

Yang pasti taman ini menarik dan merupakan anugerah bagi warga Bekasi yang sebenarnya sudah lama mengidamkan adanya ruang terbuka umum. Karenanya sudah menjadi kewajiban bersama untuk menjaganya. Tidak hanya oleh  pengelola, namun pengunjung juga harus berperan aktif untuk menjaganya. Taman yang tertata, rapi dan bersih pasti akan lebih indah dipandang, dan bikin betah berlama-lama, bukan?


PS: Semua foto dokumen pribadi. Entah kenapa setiaap nulis di caption pas udah diposting captionnya ngga kebaca. huhhuu

24 komentar

Halo mb salam kenal. Orang cikarang jg ya?
Taman sehati dekat rumahku lho

REPLY

ih pengen kesanaaa, aku dulu waktu di bekasi biasanya ke grandwis

REPLY

Tapi kelihatannya kok panas ya? Kurang pohonnya.

REPLY

Semoga pembangunannya segera selesai biar pengunjung nyaman dan aman disini.

REPLY

wah keren ay mungkin krn baru dibangun ajdi pohon2 belum pada tumbuh ya

REPLY

Salam kenal jg mba. Makasih udh berkunjung.
Saya di cibitung.mayan deket lah..

REPLY

Ayo mba maen.
Mayan buat nyore.. Qkqk

REPLY

Iya mba. Terlihat gersang. Moga segera ada peningkatan nih.
Sayang aja kalau ga maksimal

REPLY

Aamiin.
Kalau rapi pengunjungnya jadi betah kan mba?

REPLY

Ya, semoga mba.
Kalau adem pengunjung jadi betah pastinya

REPLY

Rumah adikku d Cikarang mba villa mutiara Cikarang dekat gk?? Klo k sana nti kopdar yah,,

REPLY

Taman nya adiknya, bisa untuk ber olahraga.Tapi sayang kalau kebersihan nya tidak dijaga.

REPLY

Sering denger sih mba. tapi ga tau tepatnya dimana. wkwk
tapi bisa diaturlah.. ^^

REPLY

Iya nih mba. semoga sama-sama sadar untuk menjaga kebersihan tamannya biar lebih nyaman.

REPLY

Bagus mbaa coba lbih bnyk pohon lagii jg yaa kyaknya ada lahan kosong itu mba...moga ada perbaikan utk taman iniiii ❤️

REPLY

semoga makin hijau,,, itu aja sih masukan saya,, keliatannya masih lum selesai pembangunannya hihihi

REPLY

Itu bangunanya persis kayak museum tsunami yah.

REPLY

Tamannya bagus deh mbak suka apalagi yang ada love love nya. Hehehe. Fotonya mbak juga cantim cantik. Tapi sayang ya emang masalah sampah susah buat beres. Mudah mudah bisa segera beres tamanny supaya jadi tempat rekreasi keluarga yang nyaman dan bikin betah.

REPLY

Pengennya sih vitu mas. Saya dan pengunjung lain pasti bakal lebih betah deh.

REPLY

Tampaknya memang begitu mas..
Semoga secepatnya

REPLY

Masa sih mas? Saya belum pernah kesana. Hihhi

REPLY

Aku juga suka bagian itu mba. Bikin taman ini lbh istimewa.

REPLY

weitzzzz makin berbenah nih Bekasi
semakin berkembang wilayah ini

REPLY

Aaah kapan ya di Bandar Lampung ada taman yang begini. Bisa jadi tempat rekreasi murah meriah he he

REPLY

Azzura Lhi - Seorang Bunda dan Lifestyle Blogger . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates