Perkenalkan, Total Almeera Detergen Halal Pertama di Indonesia Sebab #HALALituharusTOTAL

Pertama kali melihat secara tidak sengaja TVC (TV Commercial) di atas, tidak terlintas sedikit pun di pikiran saya bahwa ini merupakan iklan sebuah merk detergen. Apalagi menjelang bulan ramadhan gini.  Dan yang lebih membuat saya merasa “wow”, ternyata detergen ini  berani mengusung label halal pada produknya.  Total Almeera nama detergen dalam TVC tersebut.

Selain tak terduga, yang membuat saya tidak bisa berpaling dari iklan ini adalah adanya dominasi sosok ayah. Sebagaimana yang bisa dilihat, di TVC tersebut digambarkan tentang perjalanan kedekatan seorang putri dengan ayahnya. Seorang putri yang tadinya begitu imut, setelah beranjak dewasa mulai membangkang dan mengabaikan sang ayah. Lalu, katakanlah, hidayah akhirnya menyentuh hatinya. Dengan berhijab dan mulai memperbaiki hubungannya dengan sang ayah.
Ada semacam perasaan iri sekaligus rindu yang menyeruak seketika. Ingin rasanya memiliki momen seperti yang ada di tvc tersebut. Tiba-tiba ingin rasanya menyentuh tangan ayah dengan takzim. Sayangnya saya hanya bisa melantunkan doa untuknya yang telah berpulang terlebih dahulu. 

 Tentang Pembuatan TVC Total Almeera Yang Membekas Di Hati
Bertempat di Bebek Bengil Jl. H. Agus Salim Jakarta Pusat,  PT. Total Chemindo Loka (15/03/2017) secara resmi memperkenalkan produk barunya “Total Almeera” detergen HALAL pertama di Indonesia, dengan mengundang media dan 30 blogger yang mayoritas hijabers. Dan di acara tersebut juga terdapat talk show tentang halal yang di hadiri oleh Direksi PT Total Chemindo Loka Bapak F. Gunawan beserta Team, Ustadz Aa Hadi dan Konsultan Komunikasi Total yaitu Bapak Firman dan Mr Jefry.
Yaps, Bapak Firman dan Mr Jefry menjelaskan proses pembuatan TVC Total Almeera yang mengangkat tiga tema sekaligus. Yaitu religius, culture, dan tradisi.
Mr Jefry (yang ternyata seorang mualaf dan  bukan orang Indonesia) mengatakan bahwa proses pembuatan TVC ini lumayan berat karena secara komunikasi mereka harus tahu market yang disasar. Mereka harus mempelajarinya secara detail agar komunikasi sampai dan bikin meleleh. Dalam penyampaiannya pun harus unik yang sifatnya singkat dan tepat sehingga selalu diingat dan membekas di hati calon konsumen.
Bapak Firman juga menambahkan bahwa selama ini untuk kategori detergen, semua mengklaim busa melimpah, lembut di tangan, dan wangi. Namun apa yang diminta Total kali ini beda dari yang lain, Total ingin TVC yang emosional. Sesuai dengan spirit agency.
Masih menurut Bapak Firman, biasanya pendekatan seperti itu dilakukan oleh perusahaan yang smart, dan TVC yang melakukan pendekatan secara emosional kebanyakan adanya menjelang ramadhan.
Dalam dunia periklanan metode ini disebut ESP (Emotional Selling Proposition), merk dibuat berbeda secara emosional melalui gaya, sikap, jenis musik, dan talent. Sehingga apapun kelebihan produknya secara fungsional, jika sudah nancep di hati, maka bahkan dengan tutup mata konsumen hanya akan mencari produk tersebut.
Nah, biasanyakan setiap iklan detergen yang jadi sosok utamanya pasti ibu. Saya sempat bertanya-tanya juga nih, kenapa dalam TVC Total Almeera justru menghadirkan sosok ayah. Dan pertanyaan itu tuntas dijawab oleh Bapak Firman.

Menghadirkan karakter ayah merupakan sebuah tantangan berkomunikasi di hutan rimba komunikasi iklan khususnya detergen yang selama ini melakukan pendekatan yang sama. Jika ditilik, iklan ini sebenarnya bukan buat ayah, iklan ini tetap buat ibu. tentang bagaimana dulu proses kedekatannya dengan sang ayah dari kecil hingga dewasa sehingga menyentuh emosi terdalamnya, ujar pak Firman siang itu.
Tentang Total Almeera, Detergen HALAL Pertama di Indonesia
Membuka perbincangan, Bapak F. Gunawan, Deputy CEO PT. Total Chemindo Loka, mengatakan bahwa ia sadar betul bahwa nantinya banyak yang bertanya kenapa detergen harus halal. Bukankah selama ini yang namanya halal itu identik dengan makanan dan minuman? Namun, menampik segala keraguan, Bapak Gunawan yakin betul bahwa setiap niat baik pasti akan menemukan jalannya dan berujung baik pula.
Brand TOTAL sendiri sudah ada sejak tahun 1985 dan merupakan salah satu  merek deterjen cuci baju lokal pertama dan terbaik di Indonesia. Di tahun 2005, TOTAL diambil alih oleh manajemen baru dari PT. Total Chemindo Loka. Manajemen baru tersebut berhasil membuat TOTAL menjadi lebih sukses.
Menurut Pak Gunawan, alasan perusahaan mengeluarkan produk halal Total Almeera adalah karena pada umumnya detergen menjual wangi, bersih, dan lembut. Setelah 10 tahun, rasanya kok itu-itu saja yang “dijual” industri detergen. Sehingga terpikir untuk menempatkan diri di tempat lain. Dasarnya, total ini akan dibawa ke mana sih? Pastinya perusahaan ingin membawa merk Total ke tempat yang lebih tinggi.
"Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 250 juta mayoritasnya Muslim. Setelah dibedah lagi, ternyata 20-30 persen perempuan islam di Indonesia menggunakan busana muslim. Identik dengan hijab. Ini menjadi potensi besar dalam penerapan aspek halal dalam dunia bisnis. Dan tak sedikit produk yang menggunakan predikat halal untuk jadi alternatif pilihan konsumen" kata beliau dalam acara peluncuran tersebut.

 
Total Almeera Detergen Halal Pertama di Indonesia Sebab #HALALituharusTOTAL
Total Almeera Detergen Halal Pertama di Indonesia Sebab #HALALituharusTOTAL. Dok EO
Total Almeera Halal, Apakah Merk Lain Haram?
Ternyata kata Almeera diambil dari bahasa arab yang artinya puteri raja, bisa juga berarti wanita cantik. Saya rasa matching dengan kemasannya yang berwarna hijau. Memberikan kesan yang sejuk dan  elegan.
Pada awalnya Pak Gunawan merasa pasti orang-orang akan menganggapnya aneh dengan mendaftarkan produk detergen untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Pihak MUI pun sempat mempertanyakan alasan Pak Gunawan sebagai produsen, mengapa sampai terinspirasi membuat sertifikasi halal untuk produk sekelas detergen. Apalagi faktanya ia sendiri bukan seorang muslim. 
Alasannya ternyata cukup masuk akal. Total,ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumennya. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman itulah maka Total mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal dari MUI
Pak Gunawan juga mendapat pencerahan yang menguatkannya. Ternyata dalam undang-undang, tepatnya Undang-undang No.33 tahun 2014 menjelaskan bahwa negara  berkewajiban  memberikan  pelindungan  dan  jaminan  tentang   kehalalan   produk   yang   dikonsumsi   dan  digunakan masyarakat.
Bukan hanya makanan, tapi termasuk obat, kosmetik, bahan kimia maupun senyawanya. JPH (Jaminan Produk Halal)  sendiri bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Suatu produk dikatakan halal apabila sesuai syariat islam.
Pak Gunawan memberikan penjelasan bahwa halalnya Total Almeera bukan berarti produk lainnya haram. Hanya saja dengan sertifikasi halal dari MUI yang melekat pada produk ini tujuannya sekali lagi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen. Dari segi proses telah diaudit oleh MUI, bahan yang digunakan dalam produk Total Almeera juga telah melalui pemeriksaan dan cek mendalam oleh MUI dan dinyatakan halal dengan sertifikat A, yang artinya excellent.
Lagi pula, bukankah HALAL itu harus Total? Tidak hanya halal makanannya, tapi juga semua yang menyangkut hidup kita sehari-hari.
Pada dasarnya untuk mendapatkan sertifikat halal itu butuh waktu 3 bulan. Namun berkat team yang bekerja siang malam, dan koordinasi secara masif dengan MUI, akhirnya sertifikasi bisa dilakukan sesuai target.
Adapun bahan dasar setiap detergen biasanya adalah Surfaktan (surface active agent) . Turunan dari minyak bumi yang sifatnya membersihkan dan mengangkat kotoran. Sayangnya untuk memenuhi bahan tersebut masih harus import.
Total Almeera Detergen Halal Pertama di Indonesia Sebab #HALALituharusTOTAL
Total Almeera Detergen Halal Pertama di Indonesia Sebab #HALALituharusTOTAL

Target Pasar Total Almeera
Dalam sesi tanya jawab, Bapak Gunawan mengatakan bahwa sebelumnya  Total sudah mengusai 20% pasar Indonesia. Target untuk Total Almeera sendiri maunya sih sebesar-besarnya. Namun Pak Gunawan tidak ingin sesumbar. Ia yakin ketika niat kita baik, Insya Allah mendapat ridho dan mendapatkan hasil terbaik.
Oya pada umumnya detergen itu pasti bersih, wangi, dan berbusa. Namun dari sisi wangi, berdasarkan tanggapan konsumen, Total Alameera punya wangi yang memberikan kesan adem dan sejuk. Bisa jadi karena adanya sertifkat halal, sehingga menimbulkan rasa aman dan berimbas timbulnya kesejukan.
Saat ini Total Almeera sudah bisa didapatkan di berbagai supermarket dan minimarket yang tersebar di Indonesia. Untuk harganya bervariasi, sesuai dengan ukuran kemasannya.
Untuk yang berupa bubuk
Berat  900gr dibanderol dengan harga Rp 17.500
Berat 500gr dibanderol dengan harga Rp 9.500,
Sachet dibanderol dengan harga Rp 1.000
Total Almeera Liquid baru akan beredar bulan April mendatang dengan kisaran harga Rp 18.000 hingga Rp 1.000.
Total Almeera ini aman untuk segala jenis pakaian, termasuk pakaian dalam. Sedangkan untuk pakaian bayi, Pak Gunawan menyarankan untuk menggunakan detergen khusus bayi. Namun jika pun tetap ingin menggunakan Total Almeera sebaiknya mengurangi takaran pemakaian.
Pemaparan dari Pak Gunawan ditutup dengan harapan semoga Total Almeera menginspirasi produk-produk lain untuk mendapatkan sertifikasi halal. Hal ini wajar, karena Indonesia dengan penduduk mayortias muslim harusnya semakin mudah menemukan produk halal. 
 
Total Almeera Detergen Halal Pertama di Indonesia Sebab #HALALituharusTOTAL
Aa Hadi memerikan pencerahan tentang kesempurnaan beribadah
Kesempurnaan Beribadah Dalam Islam by Ust Aa Hadi
Tausyiah yang disampaikan Aa Hadi ini menurut saya terbilang ringan dari segi penyampaiannya. Ustadz yang memiliki karakter suara yang hampir mirip dengan Aa Gym ini sukses membuat kami terbawa suasana dan benar-benar meresapi apa yang beliau sampaikan.
Mengenai produk halal Total Almeera, Aa Hadi berharap  pengguna Total Almeera mendapat berkah, cocok dan menambah keharmonisan keluarga. Bukan hal mustahil suami istri yang sedang renggang dan bermasalah jadi rapet lagi berkat rasa aman dan nyaman serta wangi adem yang diberikan Total Almeera.
Bicara tentang hidup berkah, semua orang pasti berharap hidupnya berkah dan sukses. Sukses dan berkah itu tidak hanya berkaitan dengan sesuatu yang dimakan atau dipakainya harus halal, melainkan dengan berusaha menyempurnakan ibadah dari semua asfek.
Nah, kami diberi tahu bahwa kuncinya sukses dan berkah itu ada 6 poin. Seperti apa sih? Yuk simak!
1/ Hubungan dengan Tuhan Yang Maha Kuasa Harus Baik.
Meskipun harta berlimpah, jabatan tinggi, dan hal-hal duniawi telah digenggamannya namun ketika hubungannya dengan Tuhan gagal, maka hidupnya tidak berkah, gelisah tidak tenang, dan cemas. Karena ia tidak pandai bersyukur pada sang penitip segala nikmat yang diperolehnya. Karenanya kita harus memperbaiki hubungan dengan Tuhan. Niscaya kita akan merasakan ketenangan dalam hidup
2/ Perbaiki Hubugan dengan Orang Tua dan Mertua
Walaupun sabunnya sudah halal. wajah tampan, cantik, dan harta melimpah tidak akan berkah ketika orang tua kita tidak ridho terhadap kita. Hidup tidak akan berkah, tidak akan sukses, dan tidak akan tenang hidupnya.
Ridho orang tua, sangat penting. Jangan sombong, kita bisa sampai pada titik tertinggi yang sekarang  pada dasarnya berkat perjuangan orang tua. Doa dan usahanya orang tua kita ada di sana. Kita tidak akan pernah mampu mengembalikan dan membalas perjuangan yang sudah mereka lakukan untuk kita.
Gaji kita sebaiknya sisihkan sebanyak 20% untuk orang tua. Jangan ditumpuk, apalagi dengan niat membeli rumah, mobil dan bermewah-mewahan. Sedangkan orangtuanya entah apa kabarnya. Bagi Allah mendatangkan dan mengambil sesuatu yang ia kehendaki merupakan perkara mudah.
Perkara menyayangi dan menghormati ini juga berlaku pada Mertua. Walaupun mereka sudah meninggal, ingat untuk selalu mendokan
3/ Rajin Sodaqoh
Uang atau rejeki yang kita miliki pada dasarnya di dalamnya ada hak orang lain. Keluarkanlah zakatnya. Punya usaha apapun kalau sedekahnya bagus, usahanya juga bakal lancar. Khususnya pada faqir miskin, kaum duafa dan nak-anak yatim, sebab merekalah yang kelak akan mengantarkan kita menjadi orang sukses.
4/Muliakan Orang Yang Ada di Rumah
Jangan pernah menyakiti orang di rumah. Jadi suami jangan suka nyakitin istri begitu juga sebaliknya. Pada dasarnya masalah setiap keluarga sama saja. Hal sederhana yang bisa dilakukan seorang istri agar tidak menyakiti suaminya adalah dengan tidak memakai daster bolong, atau motifnya jangan hello kitty semua, cari gambar lainnya. Atau tanya apa yang suami inginkan, kalau suami ingin yang gambar power ranger, cari yang gambarnya power ranger.
Tidur harus cantik, jangan dzolim terhadap suami, jangan sampai tidur di sebelah suami dengan rambut jigrig, mata kanan bengkoang, mata kiri timun, bau seledri, bau minyak kau putih, belum lagi minyak tawon, garis merah-merah di punggung.
Suami juga jangan aneh-aneh. Ketika kita merasa lelah, pusing, dan merasa tidak tenang, jangan-jangan ada dosa ke istri. Perlu dicatat bahwa semulia-mulianya seorang suami ialah yang paling baik terhadap istrinya. Jangan itung-itungan. Sebab menyenangkan hati istri itu menggugurkan 1/3 dosa seketika. Caranya sederhana, jika istri ingin dtergen, belikan sebanyak-banyaknya, dua karung misalnya. Hahha
Seperti yang dikatakan Rasulallah, ada dosa seorang suami yang tidak akan hilang bahkan dengan wukuf di arafah, atau sholat terus menerus, hilangnya ketika suami menyenangkan hati istrinya.
Istri pengen cireng, kasih cireng, pengen duit, kasih duait. Pengenberlian, ajaaak ke toko berlian, liat-liat aja dulu. Wkwk. Istri pengen jalan jalan keluar negeri, kasih brosurnya. Deeuuhh..
Jangan dzolim pada anak, demikian juga dengan orang-orang yang bekerja di rumah kita. 
Duh, ternyata perkara dzolim itu bisa bermula dari hal-hal sepele seperti ini, ya. Sungguh nggak kepikiran eeuuy.. 
5/ Perbaiki Hubungan Kita Dengan Sesama
Belajarlah untuk bersaudara dengan tulus dan ikhlas.  Jika ada yang salah dimaafkan. Jangan menyimpan benci dan dendam.
Tidak ada lagi cerita saling bermusuhan dan saling memaki sebab semuanya bersaudara. Kita punya ujian masing-masing. Belajarlah untuk saling memaafkan. Negeri ini butuh orang-orang yang mau berjuang. Jangan karena perbedaan pilihan, perbedaan agama, menyebabkan kita berantem. Duh ini ada banget contoh nyatanya.
Kita harus akur dan rukun. Tidak akan diterima ibadah seseorang yang memutuskan tali silaturahmi, bahkan jika itu hanya kepada satu orang saja. Bahkan kepada hewan peliharaan dan tanaman. Kita punya tanggung jawab terhadap hewan peliharaan dan tanaman kita yaitu menjaga dan merawatnya dengan baik.
6/ Berhati-hatilah Dalam Hal Apapun
Apalagi jaman sekarang. Salah ucap, salah tulis, dapt jadi pemicu retaknya sebuah hubungan. Dan tentu saja ini akan mempengaruhi kwlitas ibadah kita.
Mengenai kebersihan, Aa Hadi mengutip salah satu ayat Quran yang artinya “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al-Baqarah: 222)
Jadi suci yang diinginkan Allah atas diri kita adalah lahir batin. Buka hanya hati tapi yang lain juga arus bersih. Bukan hanya uang  yang dipakai untuk membeli itu harus besih dari unsur korupsi tapi juga ada faktor lain. Yaitu cara berpakain yang sopan, dan cara mencuci juga harus benar.
Tuntutan yang ada sejak jaman Rasulallah, islam itu harus pintar, menggunakan akal, dan sekolah setinggi-tingginya untuk bisa menemukan formula seperti ini. mudah-mudahan kedepannya muncul lagi produk-produk serupa yang menerapkan label halal di produknya. Yang memang diinginkan keluarga muslim yang ingin kaffah dalam berislam. Yang segala sesuatunya mengandung berkah, dan rasa aman serta nyaman
Mudahan dengan adanya Total Almeera ini  jadi penyempurna kebahagiaan kita semua, apalagi dengan adanya sertifikat halal. Namun satu hal yang harus diingat baik-baik, walaupun ini halal, jangan coba-coba dimakan.
Guyonan yang sekaligus penutup dari Aa Hadi ini sukses membuat kami tergelak.

Kesimpulan Tentang Detergen Halal Total Almeera
Karena penasaran, satu hari setelah acara saya mencoba mencuci menggunakan Total Almeera. Hal pertama yang saya alami adalah, aromanya yang lembut dan benar-benar memberikan efek adem. Selain itu lembut di tangan. Setelah diberi air maka akan berwarna hijau. Dan setelah cucian kering, saya perhatikan tidak ada residu yang tertinggal menempel di pakaian. 
Total Almeera Detergen Halal Pertama di Indonesia Sebab #HALALituharusTOTAL
Total Almeera: butirannya lembut, tidak bikin tangan kasar.

Total Almeera: Keluar warna hijau ketika kena air
Total Almeera: Keluar warna hijau ketika kena air
Jika teman-teman merasa sertifikasi halal pada detergen itu merupakan hal aneh dan menimbulkan tanda tanya akan kehalalan pada produk detergen lain,  tenang, kamu ada temannya, yaitu saya. Tapi setelah mengikuti acara peluncuran ini saya mulai faham. Bahwa:
1/ Tujuan sertifikasi Halal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen, khususnya yang muslim.
2/ Sertifikasi juga tidak didapat asal-asalan, namun melalui tes dan audit ketat dari MUI.
3/ Halal itu harus Total. Masuk akal gak sih? Ya kalau kita ingin menerapkan kehidupan yang serba halal, kenapa nggak secara total (kaffah)? Termasuk dengan menggunakan detergen yang sudah jelas bersertifikasi halal, dari MUI.
Nah buat yang pengen kenal lebih dalam dengan Total Almeera ini, bisalah ngintip kemari..
Twitter : @TotalAlmeera
Instagram: @TotalAlmeera
Fanpage : Total  Almeera
Photo bersama Direksi dan Aa Hadi
Bunda-bunda kece dari Wajah Bunda Indonesia

19 komentar

  1. Wah, alhamdulillah ya bun, sekarang jadi aman dan nyaman karena ada detergen halal 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya bun. Jadinga was was lagi. Alhamdulillah

      Hapus
  2. Wah, alhamdulillah ya bun, sekarang jadi aman dan nyaman karena ada detergen halal 😊

    BalasHapus
  3. Waah tausiyahnya lengkaaaap. Buat reminder Supaya ga dzolim ke suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mba. Ternyata dzolim itu bisa bermula dari hal yang sangat remeh. Dudududu

      Hapus
  4. Lengkap sekali info nya mbak, makasih ya...
    Jadi kalo mo yg HALAL itu harus TOTAL ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Jangan setengah setengah. Mbok ya #HALALituharusTOTAL thoo..

      Hapus
  5. Inih namanya sangat KAFFAH 😇😇😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyeluruh. Alhamdulillah ya bun.

      Hapus
  6. Inih namanya sangat KAFFAH 😇😇😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Sebuah inovasi yang patut ditiru

      Hapus
  7. Alhamdulillah, saya juga sudah pakai deterjen ini jadi lebih tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanginya juga bikin adem ya mba. Sukak!

      Hapus
  8. Halal itu harus TOTAL ya, senang sekali kalau sudah pasti halal begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mba. Halal ya jangan setengah setengah, mesti Total dah.

      Hapus
  9. karena halal itu harus total
    ga boleh setengah2, makin tenang ibadah dong ya..secara udah ada jaminan sertifikasi halal MUI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya say. Intinya ibdah jadi lebih tenang

      Hapus
  10. Deterjennya halal, biar lengkap semua kebutuhannya halal ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba. Halal jangan setengah setengah. Mesti Total.

      Hapus