Selasa, 10 September 2019

Bebeland Mendorong Tumbuhnya Rasa Peduli Si Kecil


Bebeland Mendorong Tumbuhnya Rasa Peduli Si Kecil


Sabtu pagi saya bangun lebih semangat dari biasanya. Pagi itu saya juga sempatkan untuk memasak, lauk untuk sarapan bagi saya dan Rayhan.

Sama halnya dengan Rayhan, pagi itu dia terbangun tanpa drama. Dimandikan pun tanpa upaya melarikan diri. Iya, dia mah suka gitu kalau diajak mandi. Sampai kadang bundanya lelah dan mengalah. Haha. Bahkan, pagi itu dia sarapan tanpa disuapi. Duh, jagoan bunda!

Penyebabnya sederhana, saya bilang kami akan jalan-jalan. Naik kereta. Kesukaannya. Matanya pun menyala, berbinar penuh semangat. Nyala semangatnya makin mentereng ketika tahu tujuan utama perjalanan kami saat itu. Bebeland! Rayhan senang karena di Bebeland dia bisa melakukan berbagai permainan edukatif. Pokoknya Rayhan jadi anak yang hebat di Bebeland ini.
Ohya hampir lupa, Bebeland itu merupakan sebuah wahana permainan edukatif dan interaktif yang menstimulasi rasa peduli sehingga si kecil terdorong untuk memecahkan masalah dan mencari solusi melalui daya pikirnya.

Bebeland ini merupakan persembahan –  tanda cinta Bebelac untuk anak-anak Indonesia agar tumbuh menjadi anak yang hebat. Tidak hanya hebat secara pertumbuhan fisik, tapi hebat juga dalam pengendalian emosi, pandai dalam bersosialisasi, dan tentu saja kecerdasannya

Cara Masuk BebeLand:

Hanya dengan membeli paket susu Bebelac di counter kita sudah bisa bermain bersama si kecil di Bebeland. Ada 4 jenis paket nih. Masing-masing paket menentukan berapa permainan yang boleh kita coba. Asyiknya nih, dan saya yakin ibu-ibu pasti syuuukkaaa, setiap paket yang kita beli itu ada hadiahnya. Ini mah untung banyak kitanya. Bawa pulang susu untuk asupan gizi anak, bermain dan belajar di Bebeland, dapat hadiah pulak. Duh, banyak yang khilaf gak ya kemarin itu. Haha



Kembali ke arena Bebeland, di sini ada 15 permainan edukatif yang terbagi menjadi  3 zona permainan. Setiap zona masing-masing ada 5 permainan. Apa saja? 

1.    Bebetown, anak diajarkan mencari solusi untuk memperindah kota.

Light the city
Build The Bench
Fix the Gears
Move the Log
Save The Animal 




2.    BebeForest, mengajarkan anak bahwa melestarikan hutan merupakan tanggungjawab kita semua.

Rescue the Cat
Save the Forest
Save the Earth
Feed The Animals
Find the Way 

3.    BebeSea, anak-anak belajar menemukan solusi untuk menyelamatkan lautan.

Fix the Bridge
Clean the Ocean
Helping Friends
Preserve the Turtle
Coral Savior


Semua permainan edukatif ini telah direview dan direkomendasikan oleh Psikolog Anak, Roslina Verauli, M.Psi,. Psi. Bebeland yang dilaksanakan di Summarecon Bekasi ini berlangsung dari tanggal 7-8 September 2019.

Satu hal yang menjadi perhatian saya secara pribadi adalah, setiap permainan di Bebeland ini ternyata dirancang dengan alur cerita “masalah – solusi”. Si kecil dilatih mengasah rasa pedulinya, sehingga kemudian anak terlatih daya pikirnya agar cepat tanggap mencari solusi dari permasalahan yang ada.

Misalnya ketika saya mengajak Rayhan masuk ke permainan Save the Forest. Di sini dia melihat sebuah lahan yang mulai mengering. Dalam permainan ini Rayhan diajak untuk memahami situasi dan keadaan hewan yang kesusahan mencari minum, pun tanaman juga mulai mengering. Pokoknya semua kehidupan di sekitar lahan tersebut terganggu. Di permainan ini, Rayhan diajak mempelajari arah untuk mengalirkan kembali aliran sumber air ke lahan melalui media digital sekaligus mengasah kemampuan memecahkan masalah pada Anak.



Lain halnya ketika Rayhan memasuki area Feed the Animals. Ya, rata-rata anak sepertinya suka dengan hewan ya. Nah di permainan ini Rayhan bertemu dengan binatang-binatang yang kelaparan. Lalu dengan sigap dia memberikan makanan yang tepat dengan binatang tersebut. Misalnya Panda, makanannya adalah bambu. Duh, melihat Panda saja Rayhan udah senang banget. Bolak-balik dikasih makan deh tuh Panda.

Pokoknya Rayhan senang banget bermain dan belajar di Bebeland ini. Sampai teman-teman yang lain sudah pulang kami masih di sana. Pengen main dan main lagi, gak ada bosannya.



Mengasah Rasa Peduli dan Daya Pikir si Kecil


Sebagai ahli, Roslina Verauli, M.Psi, Psi (psikolog anak), mengatakan “Mengasah rasa peduli dapat dilakukan orang tua sejak dini sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang bervariasi, dimulai pada usia 1-2 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun, hingga usia 7 tahun ke atas. Pada usia 3-4 tahun, misalnya, ajak anak untuk membantu atau menolong orang lain, atau saat anak berusia 5-6 tahun, libatkan si Kecil dalam ‘emotional talk’ dimana mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan berikan pujian dan penghargaan untuk setiap hal baik yang mereka lakukan.”

Beliau juga  menekankan bahwa dengan empati dan rasa peduli, si Kecil mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, bersimpati, hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain. Dengan begitu si Kecil mampu menyikapi sebuah permasalahan serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Deska Hapsari Nugrahaini selaku Brand Head Bebelac yang mengatakan, “Bebelac percaya bahwa rasa peduli dapat mendukung daya pikir Si Kecil berkembang lebih baik untuk mencari solusi atas masalah yang ada disekitarnya. Apabila rasa peduli anak berkembang seiring daya pikirnya, ia akan tumbuh menjadi Anak Hebat yang memiliki rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi dalam menghadapi lingkungannya.”


Pada akhirnya melalui pengalaman permainan yang edukatif dan interaktif di Bebeland, diharapkan orang tua dapat berperan lebih aktif dalam mengembangkan aspek kecerdasan emosi dan kecerdasan intelektual anak di usia satu tahun ke atas, usia di mana berbagai aspek kecerdasan si Kecil berkembang dengan sangat pesat.

Ohya, dalam waktu dekat, Bebeland akan hadi di Tunjungan Plaza Surabaya 28-29 Sept 2019 dan Plaza Medan Fair 26-27 Oct 2019. 

Ayo, bersama Bebelac asah rasa peduli agar daya pikir si Kecil dapat berkembang lebih baik di BebeLand!


16 komentar:

  1. Stimulasi yg super uhuyyy
    Bisa bermanfaat utk tumbuh kembang anak2 yaaa.
    Bravo Bebeland!!

    BalasHapus
  2. Waah anak kecil mana yang ga seneng kalau diajak ke playground. Apalagi palygroundnya edukatif begini macam Bebeland. Pasti seneng banget lah. Keren nih ide kreatif dari Bebelac. Semoga ada lagi nanti yaa.. soalnya anakku belum kuajak kemari. Habis jauuh sih di Bekasi.

    BalasHapus
  3. Asik banget kak rayhan, apalagi di wahana fix the gears, fokus banget. Wahana yang mengedukasi nih

    BalasHapus
  4. Semoga Bebelac bikin taman bermain di banyak tempat ya. Mgkn bs kolaborasi dgn rptra

    BalasHapus
  5. Produk yang baik buat pertumbuhan anak anak ya. Khas anak adalah bermain nih pasti senang dengan adanya tenpat ini ya

    BalasHapus
  6. Mengawasi dan mengarahkan anak memang menjadi sebuah tanggung jawab yang besar untuk orang tua, dengan bantuan dari Bebeland menjadikan kita lebih paham lagi jadinya.

    BalasHapus
  7. Orang tua memang benar-benar memegang peranan yang penting dalam mengawasi dan mengarahkan anak nya ya

    BalasHapus
  8. Waah...dapet susunya sekaligus bisa main di Bebeland yang seruuu..
    Rame banget yaa, kak...

    BalasHapus
  9. wah aku tunggu yang di Surabaya nih.. tar ajak anak2 kesini.. selain ser bermain.. dapet edukasinya juga.

    BalasHapus
  10. Playgroundnya asiik banget dan berkonsep...ini beneran tempat main anak yg menstimulasi sekaligus bikin hepi anaknya

    BalasHapus
  11. Waaa mupeng nih ke Bebeland. Semoga segera diadakan di banyak kota, termasuk Jogjakarta ya. Seru banget wahana edukasinya ya mom.

    BalasHapus
  12. Keren ini BEBELAC eventnya bikin bunda-bunda nambah ilmu soal parenting ya Kak
    Aku pengne ikutan kalau di Pekalongan ada nih.

    BalasHapus
  13. permainan edukatifnya bagus dan menarik ya mba, bisa menambah kepekaan anak akan lingkungan.

    BalasHapus
  14. Bebeland ini anak2 happy banget dan ga mau pulang, selain bermain anak diberikan edukatif sama kakak disana

    BalasHapus
  15. Sayang ya kita nggak ketemu di BebeLand karena lain hari. Area permainan yang benar-benar buat saya dan si Kecil lebih bebas mengeksplorasi motorik dan kecerdasan IQ dan EQ nya.

    BalasHapus
  16. Keren nih bebeland, si kecil jadi bisa bermain sambil belajar dan tentunya juga menyenangkan

    BalasHapus