Resep Dadar Gulung Isi Apel untuk yang Tercinta

Dadar gulung isi apel
Dadar gulung isi apel 


 Resep Dadar Gulung untuk yang Tercinta

Bundsay, selama di rumah aja tuh bawaannya pengen ngemil terus nggak sih? Sepertinya sudah kodratnya begitu ya. Kecuali nih buat mereka yang punya tekad sekuat baja dan pastinya memilki pemahaman yang mumpuni mengenai kesehatan, pasti menghindari banget yang namanya ngemil berlebihan. Karena memang semua hal berlebihan itu tidak baik ya bunds.. Semoga ke depannya saya juga secara perlahan bisa menahan diri dan benar-benar memfilter makanan yang saya konsumsi. Aamiin, kan yuk bunds…

Nah kembali lagi bicara tentang cemilan, kali ini saya akan membagikan resep dadar gulung untuk keluarga tercinta. Dari pada jajan di luar lebih baik bikin sendiri di rumah. Secara bahan dan kebersihannya bisa kita kontrol. Selain itu kita juga bisa lebih berhemat. Duh bunds, pandemi gini kita itu kudu banget yang namanya berhemat. Kecuali kalau keluarga bunda memang punya materi berlebih ya. 

Tentu lain cerita kalau niat bunda untuk membantu tetangga atau siapa pun agar jualannya laku. Itu sah-sah saja kok.

Untuk dadar gulung kali ini sebagai isiannya saya tidak menggunakan unti, melainkan buah apel. Kalian bisa menggunakan buah apel merk apa saja kok moms. Kebetulan saja di rumah saya ada stok apel Washington. Cara membuatnya pun gampang banget, nggak jauh beda dengan dadar gulung yang biasa kita makan.

Langsung saja yuk kita eksekusi resepnya.


Bahan isi dadar gulung isi apel:

- 300 gram apel, cuci bersih lalu kupas dan cincang kasar saja

- 100 gr gula merah atau bisa diganti dengan gula putih.

- 100 ml air

- 2 potong kayu manis

- sejumput garam

Masukkan semua bahan ke dalam wajan, aduk rata sampai air menyusut. Jika sudah matikan kompor, dan sisihkan sampai dingin.


Bahan kulit dadar gulung :

- 150 gram tepung terigu protein tinggi

- 3 sdm santan kental instan

- 1 butir telur

- 300-350 ml air

- Secukupnya garam

- Pewarna makanan sesuai selera (me - hijau, kuning dan merah)


Cara membuat:

1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah. Aduk rata. Bisa menggunakan whisk, blender atau mikser. 

2. Pisahkan adonan ke dalam beberapa wadah lalu beri warna sesuai selera.

3. Panaskan Teflon, bentuk motif yang diinginkan dengan sendok di dasar telfon. Tunggu sebentar lalu tuangkan satu sendok makan adonan putih diatasnya. Ratakan dengan memiring-miringkan/memutar teflon. Tunggu sampai matang, tandanya sudah tidak menempel di teflon. Sisihkan, lalu ulangi sampai adonan habis.

4. Jika adonan kulit sudah selesai, selanjutnya ambil satu persatu kulit dadar gulung yang telah kita buat, masukkan isian yang sudah disiapkan sebelumnya. Lipat dan gulung secara perlahan. 

5. Dadar gulung istimewa sudah siap dinikmati bersama keluarga tercinta.

Bagaimana, bunds? Cara membuatnya cukup mudah, kan?

Dadar gulung isi apel
Apel untuk isian dadar gulung


Tips:

a. Kulit dadar gulung sebaiknya tidak terlalu tipis atau terlalu tebal ya bunds. Kalau terlalu tipis nanti dia mudah sobek. Dan jika terlalu tebal, proses menggulungnya nanti bakal rumit. Ujung-ujungya pecah juga deh nanti. 

b. Isiannya jangan terlalu banyak tapi juga jangan terlalu sedikit. Kenapa? Karena kalau terlalu banyak takutnya kesempitan dan berujung kulitnya sobek. Nah kalau terlalu sedikit nanti bentuknya kurang menarik. 


Menurut saya dadar gulung isi apel ini rasanya unik. Ada manis dan asam-asamnya dikit. Tapi tentu saja tidak seasam tatapan dari dia yang jelas tidak menyukaimu, sih..wkwk 

Selamat mencoba ya bunds..


Tidak ada komentar