Apa Saja Penyebab dan Gejala Bronkitis

Apa Saja penyebab dan gejala bronkitis
Mengenal Penyebab dan gejala bronkitis


Hallo Bunda, salam sehat untuk kita semua. Terimakasih telah berkunjung kembali ya. 

Bunds, kita pasti sering mendengar anjuran menutup mulut saat batuk dan bersin. Ternyata ini tuh bukan hanya sebatas untuk menjaga sopan santun. Kita tidak tahu apakah memang kita hanya batuk biasa atau karena faktor penyakit tertentu. 

Selain itu banyak penyakit yang gejalanya mirip antara satu dengan yang lainnya. Seperti bronkitis yang bisa saja dianggap batuk biasa, asma, sinusitis, pneumonia atau Gerd. 

Karenanya, agar tidak salah duga kita kenalan dulu yuk dengan salah satu penyakit yang banyak diidap orang-orang di sekeliling kita ini. Bukan apa-apa, hanya agar kita lebih hati-hati dan jika sudah tahu gejalanya kita bisa melakukan pengobatan lebih awal. 


Pengertian Bronkitis 

Bronkitis adalah terjadinya peradangan atau infeksi di saluran utama pernapasan atau biasa disebut bronkus. Bronkus merupakan saluran yang membawa udara dan dan menuju paru-paru. Penyakit bronkitis menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pernapasan, dan batuk terus menerus selama satu minggu atau lebih disertai dahak kental dan sesak napas.

Bronkitis sendiri ada dua macam yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Meskipun keduanya memiliki gejala serupa, namun keduanya merupakan penyakit yang berbeda. Adapun perbedaannya bisa dilihat dari jangka waktu sakit. 

Bronkitis akut, lebih umum terjadi dan merupakan penyakit jangka pendek. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang awalnya flu dan infeksi saluran napas. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. Meski begitu, keluhan batuk mungkin akan bertahan hingga 3 minggu atau lebih.

Bronkitis kronis. Terjadi karena terinfeksinya bronkus selama tiga bulan dalam satu tahun dan biasanya berulang pada tahun berikutnya. Bronkitis jenis ini banyak dialami orang dewasa usia 40 tahun ke atas. Bronkitis kronis memerlulan penanganan medis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 


Penyebab Penyakit Bronkitis 


Ketahui Penyebab dan gejala bronkitis
Mengenal penyebab penyakit bronkitis


Bronkitis akut terjadi karena infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus. Salah satunya virus flu yang juga menyebabkan ISPA. Virus akan menyebabkan peradangan setelah menyerang sel-sel bronkus.  .

Sedangkan bronkitis kronis penyebab umumnya adalah rokok. Entah itu perokok aktif atau perokok pasif. Hal ini karena adanya zat yang dapat merusak bulu-bulu halus dalam paru-paru di dalam setiap hisapan rokok. 


Beberapa faktor berikut meningkatkan risiko seseorang menderita bronkitis:

Tubuh memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Perokok aktif  maupun perokok pasif.

Tidak menerima vaksin influenza atau pneumonia.

Sering terpapar zat-zat berbahaya, seperti debu, amonia, atau klorin

Berusia di bawah 5 tahun atau lebih dari 40 tahun.

Menderita kondisi lain, seperti penyakit refluks asam lambung (GERD)


Gejala Penyakit Bronkitis

Gejala bronkitis yang paling umum terjadi adalah batuk, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak. Dahaknya juga tidak terlihat seperti pada umumnya, karena biasanya berwarna putih, kuning keabuan atau hijau. Pada kondisi tertentu kadang disertai sesak dan sakit tenggorokan bahkan nyeri dada.


Selain batuk, penderita bronkitis juga dapat merasakan gejala lain, seperti:

Lemas.

Demam

Nyeri dada

Sesak napas.

Sakit tenggorokan.

Sakit kepala.

Hidung tersumbat.

Badan terasa pegal-pegal.


Penyebab dan gejala bronkitis
Hubungi dokter agar mendapat diagnosis yang tepat


Apakah teman-teman atau keluarga dan sahabat kalian mengalami batuk yang berlangsung berminggu-minggu dan terdapat gejala-gejala penyakit bronkitis di atas? Coba cocokkan terlebih dahulu dengan faktor resikonya. Langkah selanjutnya adalah segera hubungi dokter untuk melakukan diagnosis dan agar dapat penanganan medis yang tepat. 

Untuk informasi seputar penyakit bronkitis dan berbagai penyakit lainnya teman-teman bisa akses di Halodoc, lho. Selain itu kita bisa konsultasi secara online dengan dokter berpengalaman di bidangnya masing-masing dan terferivikasi. 

Dengan layanan tanya dokter – Halodoc ini, kita tidak perlu keluar rumah untuk konsultasi dan diskusi mengenai keluhan kesehatan yang kita alami. Kita juga bisa mendapatkan rekomendasi obat dan rumah sakit rujukan. 

Bagaimanapun pastinya tidak ada orang yang ingin sakit. Namun jika kita mengalami masalah kesehatan langkah paling tepat adalah segera hubungi dokter agar bisa didiagnosis dan mendapat pengobatan yang tepat. Apapun penyakit yang kita derita sebaiknya mendapat penanganan secepatnya untuk mendukung keberhasilan pengobatan. 


Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^