Hoala dan Koala, Animasi Lagu Anak Indonesia yang Mengedukasi

 

Animasi 3D Hoala dan Koala

Hallo Bunda, apakabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya. Karena sehat di masa pandemi ini merupakan salah satu hal penting dan sangat berharga. Sebab dengan tetap sehat kita bisa melakukan banyak hal. Apalagi untuk para bunda yang punya sederet aktivitas yang selalu menunggu untuk diselesaikan. 

Salah satunya mendampingi anak di rumah. Mulai dari menyiapkan asupan bergizi untuk tubuhnya, hingga asupan untuk jiwa dan kecerdasannya. Bagaimana mengajarkannya tentang sopan santun, saling membantu, dan tidak suka mengganggu oranglain. Intinya, tentang hal baik dan buruk yang seharusnya dipegang teguh oleh anak. Sayangnya sering kita lalai memperhatikan hal tersebut karena terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan domestik. Iya, apa iya Bunds? Haha 

Contohnya, membiarkan anak sibuk dengan gadjet tanpa kita filter apa yang boleh dan tidak boleh dia mainkan dan tonton. Terlebih perkembangan dunia digital sekarang ini sangat pesat. Sebagi orangtua kita harus update, bagaimana perkembangan dunia di luar sana. Agar anak-anak kita tidak tenggelam dalam pusaran perkembangan tanpa kontrol. 

Contoh kecilnya maraknya penggunaan tiktok belakangan ini. Memang asik sungguh asik, saya akui. Tapi akibatnya, anak-anak bernanyi nyanyian yang bukan untuk umurnya. Ditambah badan meliuk-meliuk, asik mengikuti hentakan musik yang diputar. Sekilas lucu, ngegemesin, tapi kalau mau dinalar tidak seharusnya kita biarkan anak-anak kita seperti itu. Memang sih kendalanya ada pada lesunya perkembangan dunia musik anak-anak belakangan ini. 

Nah karena nggak mau kebablasan itu, akhirnya saya mencoba mencari alternatif hiburan untuk anak saya. Yang sifatnya menghibur sekaligus mengedukasi. Tak kalah penting, sesuai umurnya. Dan beruntung ada teman yang menyarankan salah satu chanel youtube lagu dan animasi anak, dengan kriteria yang saya cari, Hoala dan Koala namanya. Seneng banget deh. Apalagi setelah saya telusuri konten-konten yang ada di dalamnya. Sangat mengedukasi. 


Tentang Hoala dan Koala

Hoala dan Koala Lagu Anak Yang Mengedukasi

Hoala dan Koala digambarkan sebagai sepasang sahabat yang gemar menyanyi. Kehadiran keduanya diharapkan dapat menyemarakkan lagu anak Indonesia.

Terciptanya karakter Hoala dan Koala berangkat dari keprihatinan sang kreator terhadap lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Tepatnya kedua karakter ini tercipta pada akhir tahun 2020. Kedua karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D. Adapun karakter keduanya dibuat sesuai perkembangan anak-anak sekarang, yang sangat dekat dengan dunia digital. 

Karena keduanya sangat gemar bernyanyi jadi jangan heran kalau karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. Itu juga yang mendorong sang kreator menggambarkan karakternya dalam bentuk 3D. Dengan harapan karakter di dalamnya tidak lekang oleh waktu, serta dapat berkontribusi dalam dunia musik anak-anak Indonesia dalam waktu yang lama. Tanpa khawatir tentang fakta bahwa anak-anak kelak akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. Animasi ini akan tetap bisa dinikmati oleh lintas usia, lho. 

Bernyanyi dan Belajar Bersama Hoala dan Koala


Dan yang tidak kalah istimewa nih, ternyata selain Hoala dan Koala, semua karakter dalam animasi musik ini bisa bernyanyi dengan merdu. Seperti karakter ayah, ibu, miss jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara dalam animasi musik ini, tentunya tidak hanya anak-anak yang bakal terhibur. Kita sebagai orangtua juga jadi ikut terhibur saat mendampingi putra-putri mendengarkan lagu dan Hoala dan Koala. 

Sejauh ini Hoala dan Koala bahkan sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak yang siap menghibur dan mengedukasi putra-putri kita nih, bunds. Kita bisa menikmati lagu-lagu itu lewat Youtube, Spotify, hingga iTunes. 


Nilai Edukasi dalam Animasi 3D Hoala dan Koala 


Anak Diajak Mengenal Bermacam Alat Musik

Dalam animasi Hoala dan Koala ini anak-anak diperkenalkan dengan berbagai alat musik. Bahkan yang tidak lazim digunakan dalam lagu anak-anak, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. 

Hal ini menunjukkan keseriusan kreator dalam memajukan musik anak-anak Indonesia, yang selama ini tidak mendapat perlakuan khusus dan istimewa dari segi penggarapannya. Hoala dan Koala digarap dengan serius dan matang. Tak tanggung-tanggung, bahkan melibatkan banyak musisi internasional dalam pembuatan aransemen musiknya. 

Edukasi lewat Animasi Hoala Koala


Pesan Kebaikan Dalam Lagu 

Anak-anak diajak bersabar untuk di rumah saja sampai keadaan memungkinkan. Sekolah juga di rumah saja dulu. Itu pesan yang disampaikan lewat lagu dengan judul lagu “di rumah saja” dan “kembali bersekolah”. 


Lewat lagu berjudul “Cuci Tangan”, anak-anak dikasih tahu kapan dan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik. Lain lagi dengan lagu “Saling Bantu”, anak dianjurkan untuk saling bantu dan selalu berbuat baik terhadap orang-orang di sekitarnya,  walaupun ia sendiri sedang mengalami hal buruk.  

Di lagu “Minta Ayah”, anak diedukasi bahwa tak baik jika terlalu banyak menonton tv dan main hp. 

Mengenal Berbagai Genre Lagu

Dalam animasi Hoala dan Koala ini ada berbagai variasi musik yang disajikan. Tidak hanya genre children pop, tapi ada jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. 


Bagaimana? Bervariasi sekali bukan, bunds? Lewat animasi Hoala dan Koala ini, anak-anak dan bahkan kita belajar banyak hal. Tentunya semua isi di dalamnya bisa kita jadikan bahan diskusi bersama anak-anak di rumah. 

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^