Ibu yang Sehat Bantu Maksimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil



Sejak tahu bahwa saya hamil, saya mencoba melakukan yang terbaik untuk calon bayi saya. Belajar dari pengalaman anak pertama, ada hal-hal yang menurut saya kurang optimal saya lakukan. Karenanya di kehamamilan  kedua ini saya berusaha memperbaikinya. Sebab bagaimanapun setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. 


Terlebih 1000 hari pertama kehidupan (HPK) yang dapat menentukan kualitas hidup manusia terhitung sejak masa awal kehamilan. Untuk itu, penting bagi kita sebagai ibu untuk memperhatikan asupan nutrisi demi mendukung kesehatan ibu dan perkembangan buah hati dalam kandungan. Sudah pasti Ibu yang sehat akan membantu maksimalkan tumbuh kembang si kecil


Hal-hal yang saya lakukan untuk mengoptimalkan masa awal 1000 Hari Pertama Kehidupan nya sbb:


1. Menjaga Asupan Makanan

Apa yang kita makan juga akan sampai pada si kecil. Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak atau karbohidrat, ibu hamil juga wajib memenuhi asupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan juga minyak ikan yang merupakan sumber DHA

Saya berusaha untuk menghindari mengkonsumi makanan yang dapat berpotensi mengganggu pertumbuhan si kecil selama di dalam kandungan. 


2. Menjaga Pikiran Agar Tetap Tenang

Jujur saja, hamil membuat saya memikirkan banyak hal. Ada banyak kekhawatiran. Otak rasanya nggak bisa berhenti untuk tidak travelling kemana-mana, terlebih mendekati persalinan. 

Untuk mengurangi berbagai kekhwatiran mengenai si janin,  saya melakukan kontrol setiap bulan agar tahu tumbuh kembang si janin. 


3. Mempersiapkan ASI

Belajar dari pengalaman. Di kehamilan pertama dulu tante saya yang seorang bidan mewanti-wanti untuk mempersiapkan ASI dengan banyak makan sayuran. Waktu itu saya iyakan, dan saya lakukan apa yang beliau suruh. Tapi mungkin apa yang saya lakukan kurang  maksimal, sehinga ASI saya tidak langsung keluar. Itu pun tidak terlalu banyak. 

Alhasil dulu saya sempat frustasi, karena mengASIhi si kecil tanpa tambahan susu formula merupakan hal yang sangat saya impikan. Namun Alhamdulillah, dengan berbagai usaha akhirnya si sulung bisa lulus ASI juga.

Karenanya di kahamilan kedua ini saya berusaha memperbaiki segalanya. Lebih memperhatikan payudara dan melakukan perawatan, serta rutin mengkonsumsi sayuran. Alhamdulillah, Allah SWT maha baik. ASI untuk si Adik sangaaat cukup. Bahkan tak jarang saya harus mengganti baju karena baju basah kuyup kena rembesan ASI. 



4. Konsumsi Suplemen

Mengkonsumsi suplemen selama kehamilan dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil sejak dalam kandungan. Sebab 1000 hari pertama kehidupan (HPK) merupakan hal yang sangat penting untuk si kecil, bahkan dapat menentukan kualitas hidupnya hingga ia dewasa. 

Banyak zat penting yang kita butuhkan selama kehamilan, misalnya DHA. Salah satu manfaat dari asupan DHA yaitu mampu mendukung perkembangan mata janin dan otak janin untuk merangsang kecerdasan sampai setelah lahir. DHA dinilai mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kelahiran prematur, menurunkan resiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga perkembangan jangka panjang anak.

Salah satu sumber DHA yang baik adalah melalui konsumsi ikan. Untuk itu, Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi kepada wanita hamil untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 225– 350 gram ikan per minggu atau 300mg DHA setiap harinya. Kenyataannya, berdasarkan survei terakhir, 21% wanita hamil tidak mengkonsumsi ikan selama kehamilan dan 75% wanita hamil hanya mengkonsumsi kurang dari 115 gram selama seminggu.

Sayangnya kadang makanan yang kita konsumsi tidak mencukupi angka kecukupan gizi yang dibutuhkan. Terus kalau sudah begitu kita harus gimana dong? Solusinya dengan mengkonsumsi suplemen. Biar tidak repot, saya cari vitamin dengan berbagai kandungan sekaligus. 


Jika kemudian saya memilih Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, itu  bukan tanpa alasan. Sebelumnya saya sudah membaca berbagai ulasan, ditambah rekomendasi dari beberapa kawan. 



Alasan Memilih Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold







Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, mengandung banyak sekali kebaikan yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan si kecil selama masa kehamilan dan menyusui. Tidak hanya baik untuk bayi, tapi baik juga untuk ibu agar selalu sehat. 


Jadi, kenapa pilih Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold? Berikut alasannya:

1. Diperkaya Asam folat dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin

2. Tinggi DHA untuk perkembangan otak janin

3. Mengandung tinggi kalsium untuk kesehatan tulang ibu dan pertumbuhan gigi janin

4. Mengandung zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi

5. Membantu menjaga kualitas ASI selama menyusui

6. Bersertifikat Halal

7. Kemasan botol kaca untuk menjamin kualitas & ramah lingkungan

8. Komposisi bahan natural, sehinggga aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. 

Meskipun aman, mengkonsumsinya harus sesuai aturan, yaitu 2 kapsul perhari. Suplemen dengan kemasan kaca ini tersedia dalam jumlah 60 kaplet dan 180 kaplet.





Manfaat Nyata Setelah Konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold 



Pengalaman adalah guru yang sangat berharga. Saya bertekad tidak mengalami kembali hal yang menggangu pada kehamilan dan kelahiran anak pertama. 


Dimana selain ASI yang seret, ada satu hal yang sangat mengganggu saya di awal kelahiran anak pertama, yaitu badan terasa remuk. Terutama dibagian punggung hingga pinggang. Belum lagi rasa lelah, letih, serta lesu. Terkadang badan terasa seperti tak bertulang. Dan itu serius nyiksa banget. 


Banyak faktor yang bisa jadi penyebabnya. Adaptasi dengan perubahan tubuh serta hormon. Kelelahan karena begadang dan mengurus si bayi. Lalu harus saya akui mental juga agak kena-kena dikitlah.  Bawaannya jadi pengen nangis terus. Sedihlah pokoknya kalau diceritain. Hahhaa 


Beruntungnya saya punya lingkaran pertemanan yang mau berbagi banyak hal. Saya diberi tahu bahwa untuk mengatasi perasaan badan terasa remuk adalah dengan mencukupi nutrisi, terlebih kita sedang menyusui. Nah, kalau kebutuhan vitamin dan mineral dari makanan yang kita konsumsi dirasa kurang, boleh kok konsumsi suplemen. Bukankah tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat


Untuk supplemen sendiri sebenarnya ada banyak merk di pasaran. Yang jelas kita harus memastikan bahwa suplemen tersebut aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi saya sendiri sudah terlanjur percaya dengan Blackmores. Bagi saya  Blackmores Always Does More




Alhamdulillah, setelah kelahiran anak kedua ini, perasaan badan remuk seperti tak bertulang itu tidak lagi datang. Capek yang dirasa ya sewajarnya, saya masih bisa mengerjakan aktifitas lain. ASI juga alhamdulillah, bahkan merembes kemana-mana. Beda dengan anak pertama dulu. Bisa dibilang perjuangannya cukup berdarah-darah. Saya lakukan, karena ASI adalah hak bayi saya. Perjuangan itu setimpal dengan manfaat yang diperoleh si kecil. Terlebih tidak ada susu formula yang dapat menggantikan kebaikan ASI.




Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini saya konsumsi sejak masa kehamilan. Tapi kalau kalian terlewat, dan sudah memasuki masa menyusui mulai aja sekarang. Lebih baik terlambat dari pada tidak, sebab segala kebaikan kandungannya sangat bermanfaat bagi kita dan si kecil. 



BLACKMORES PEDULI NUTRISI BUNDA


Pentingnya asupan nutrisi di masa kehamilan ini mendorong hadirnya Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda yang diinisiasi Blackmores menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi. 


Blackmores Peduli Nutrisi Bunda merupakan program yang bertujuan mendukung ibu hamil khususnya di Kota Solo dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil. Kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Solo.


“Blackmores senantiasa melakukan lebih bagi konsumen, salah satunya dengan berkomitmen memberikan yang terbaik bagi Ibu dan Si Kecil, karena kami percaya percaya tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, salah satu produk unggulan dari Blackmores, memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan dan menyusui.

Beberapa di antaranya seperti asam folat, minyak ikan, zat besi, kalsium, serta vitamin & mineral lainnya. Minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini juga merupakan sumber DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak & kognitif Si Kecil mula dari hamil hingga menyusui”, ujar Tiffany Pratiwi Suwandi selaku Senior Brand Manager Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold


Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold


“Di masa kehamilan dibutuhkan asupan mikronutrien yang lengkap untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan Ibu di masa kehamilan. DHA merupakan salah satu mikronutrien yang penting karena defisiensi DHA selama kehamilan dapat menimbulkan beberapa resiko. Biasanya sering dihubungkan dengan kelahiran prematur, resiko preeklampsia, dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang belum teredukasi untuk memenuhi asupan nutrisi mikronutriennya termasuk DHA. Padahal salah satu cara mudah untuk mendapatkan asupan DHA bisa melalui minyak ikan sebagai sumber utamanya.” ujar dr. Boy Abidin, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Kandungan.


Seorang bayi dikatakan mengalami BBLR jika saat lahir berat badannya kurang dari 2,5 kg. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 17,59% kasus bayi lahir BBLR di Kota Solo. Salah satu penyebab BBLR ini dikarenakan kurangnya asupan mikronutrien seperti termasuk zat besi, asam folat, kalsium, vitamin B12, dan zink, termasuk minyak ikan.

Dibandingkan dengan kota lain di Jawa Tengah, kasus yang terjadi di Kota Solo tergolong tinggi.

“Kasus BBLR menjadi perhatian kita bersama untuk bisa memberikan edukasi kepada para ibu hamil, khususnya di Kota Solo. Kasus BBLR seringkali disebabkan karena kurangnya asupan miktronutrien yang dibutuhkan ibu hamil, salah satunya DHA. BBLR menimbulkan keprihatinan bagi kami dan jumlah angka tersebut harus terus ditekan. Kami berterima kasih kepada Blackmores, yang telah memulai inisiatif kepeduliannya dengan memberikan aksi secara langsung untuk membantu mengantisipasi terjadinya BBLR lewat pemenuhan kebutuhan multimikronutrien dari suplemen,” ujar Reni Andri Lestari, ST, MM selaku Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPPEDA Kota Surakarta


Selain BBLR, stunting merupakan issue yang menjadi sorotan pemerintah kota Solo. "Masih ada sekitar 800 anak kasus stunting, target kita bisa menurunkan 3 persen setiap tahun. Ini memang berat tapi kita gandeng banyak pihak untuk mendukung, karena tidak hanya sekedar sosialisasi dan edukasi saja tapi juga harus diberikan bantuan vitamin dan makanan sehat juga," ujar Selvi Ananda Gibran, Ketua TP PKK Kota Surakarta.




Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda merupakan upaya untuk menekan angka BBLR di Kota Solo, sehingga kebutuhan nutrisi sebagai awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi. Blackmores Peduli Bunda berjalan sejak bulan April lalu, dan akan berlangsung hingga bulan September mendatang. Untuk mengikuti perkembangan program ini teman-teman bisa follow instagramnya di sini @blackmoresid 

Terakhir, tidak ada salahnya seorang ibu meluangkan waktunya untuk mengupgrade pengetahuan. Sehingga apa yang mengganggu dapat dicarikan solusinya. Jika selama kehamilan dan menyusui ada ganguan kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter. Ingat, kesehatan seorang ibu itu sangat berharga. Karena jika kita sehat, kita dapat membantu anak-anak tumbuh optimal. Salam sehat buat semuanyaaa... 


24 komentar

  1. Qadarullah ya, Mbak .. untuk hal-hal yang tak terjangkau, kita bisa pasrah saja. Ketika diberi kesempatan untuk melakukan hal yang baik, dengan Blackmores bisa juga.

    BalasHapus
  2. Menjaga pikiran itu poin banget ya mba karena secara tidak langsung akan nyambung juga ke anak dalam kandungan. Tapi ya gitu semua nggak ada yang kebetulan. Allah ciptakan sikon pandemi tapi satu sisi produk untuk menjaga kesehatan juga laris manis membantu kita semua kan.

    BalasHapus
  3. Nutrisi dari bayi dimulai dari dalam kandungan. Pastinya ibu yang hamil perlu vitamin dan makanan bergizi. Wah Blackmoore skg sudah bisa dibeli di sini. Perlu bertanya kepada dokter ngga sebelum konsumsi?

    BalasHapus
  4. Ketika menjadi Bumil, banyak banget ya hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan masa awal 1000 Hari Pertama Kehidupan, sepeti poin2 di atas. Biar keduanya sehat.
    Dan untungnya ada Blackmores untuk ibu hamil dan menyusui, Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang mengandung banyak sekali kebaikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan debay selama masa kehamilan dan menyusui.

    BalasHapus
  5. Wanita hamil pikiran harus tenang biar lahiran lancar. Selain gizi seimbang juga perlu vitamin

    BalasHapus
  6. Anak-anak itu adalah titipan dari Sang Pencipta. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk merawat dan mendidiknya dengan baik, sebagai titipan dari-Nya. Salah satu bentuk tanggung jawab kita adalah dengan memastikan nutrisi si anak terjaga, bahkan sejak pertama kali ia dinyatakan di rahim.. hingga lahir, tumbuh, dan seterusnya.

    BalasHapus
  7. senangnya ibu menyusui sekarang tersedia Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, karena saya dulu susah banget cari sayuran/buah-buahan/ rempah untuk memperbanyak ASI
    ketika udah dapet, mengolahnya juga rumit

    BalasHapus
  8. Aku tadinya gak tau banget, kak..kenapa hamil kudu konsumsi lebih banyak suplemen.Namun akhirnya setelah membaca kandungan dari Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, aku jadi paham bahwa ada banyak makro dan mikro nutrisi yang harus dipenuhi.

    BalasHapus
  9. Sebelum memberikan yang terbaik untuk anak, memang seorang ibunya harus sehat dulu. Baik nutrisi lahirian ataupun juga nutrisi batin (seperti menjaga pemikiran). Dan tentunya juga didampingi suami di awal-awal setelah melahirkan.

    BalasHapus
  10. Insight yang bagus ini buat saya sebagai calon ibu, dan bisa juga menjadikan Blackmores ini buat hadiah ke teman yang pasca melahirkan

    BalasHapus
  11. Saya respek banget sama para suami yang mau membelikan istrinya suplemen hamil dan suplemen menyusui selama masa-masa 1.000 hari pertama kehidupan anak ini

    BalasHapus
  12. Setuju banget ya kalau yang namanya sehat itu tidak instan. Kesehatan bayi pun seperti itu, dimulai sejak dalam kandungan sehingga benar-benar sehat dan bisa berskesinambungan ketika sudah lahir. Informasinya sangat bermanfaat buat aku yang akan merencanakan promil nih.

    BalasHapus
  13. Penting banget berbagai nutrisi saat hamil ya mbak.
    Blackmores ini emang bagus untuk ibu hamil...

    BalasHapus
  14. blackmores memang rekomended sih untuk sebagai penambah nutrisi tubuh. Untuk versi ibu hamil dan juga kita yang muda.

    dan saat temenku terkena covid, juga disarankan minum obat ini oleh dokter dia.

    BalasHapus
  15. Penting banget menjadi ibu sehat dengan asupan nutrisi yang baik saat hamil
    Blackmores ini juga jadi nutrisiku selama hamil

    BalasHapus
  16. Terkadang kita fokus ke anak dan lupa dengan nutrisi diri sebagai bumil atau busui.

    Alhamdulillah, adanya Black mores sangat membantu dan memudahkan terpenuhinya nutrisi

    BalasHapus
  17. Pastinya bukan hanya anak saja yang perlu dinutrisi ya. Ibu sehat akan menjadikan anak pun sehat nantinya. Beberapa teman ada juga yang sudah mengkonsumsi Blackmores nih karena manfaat dan kandungannya banyak.

    BalasHapus
  18. Akupun konsumsi blackmores di kehamilan kedua ini Mbaak, Alhamdulillah jadi lebih aware pentingnya jaga nutrisi ibu selama hamil.

    BalasHapus
  19. Blackmores ini penting buat 1000 hari pertama kehidupan ya, aku pakai ini juga sejak hamil anak ke 3

    BalasHapus
  20. Blackmores yang pink ini memang bagus banget buat ibu hamil dan menyusui. Apalagi program Blackmores pedulinya, keren deh

    BalasHapus
  21. Betul banget jika anak mau sehat dan bahagia, berawal dari ibu yg sehat , oiya aku juga pas menyusui rutin konsumsi Blackmores

    BalasHapus
  22. Bener banget nih. Bagaimana si anak bisa tumbuh sehat kalau ibunya tidak sehat? Pastinya kesehatan Ibu juga menjadi prioritas terlebih dahulu, agar ibu bisa lebih maksimal dalam mempersiapkan tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  23. Selain dengan asupan yang seimbang bagi sang ibu, periksa minimal 4 kali selama hamil juga cukup penting untuk menjaga janin lahir sehat.

    BalasHapus
  24. Aku pun senang bisa konsumsi Blackmores ini
    Anak jadi senang karena nutrisinua tercukupi
    Ibu senang karena anak anteng

    BalasHapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^