Solusi Multifungsi Untuk Masak Cepat dan Sehat



Multitasking bisa dikatakan merupakan sebuah keharusan untuk seorang ibu. Ada banyak hal yang harus ia kerjakan, namun diwaktu bersamaan ada anak yang minta diperhatikan. Pusing gak tuh? Kalau saya sih, ho oohh—tenan.. hahha 

Multitasking juga sebuah kebanggaan bagi seorang ibu. Bayangkan dalam satu waktu bisa mengerjakan 2-3 pekerjaan sekaligus. Nyuci, masak air, nyuapin anak. Gimana gak bangga. Walaupun di banyak kesempatan, kebiasaan multitasking kadang malah bikin linglung. Dan lama kelamaan kemampuan untuk fokus jadi menurun. Tak jarang masakan berujung gosong, akhirnya terbuang sia-sia. 

Sebenarnya pengen banget di rumah tuh fokus membersamai anak saja. Nemenin si sulung belajar. Kasih si adek stimulasi ini dan itu, tanpa pusing mikirin nanti masak apa, makan pakai apa. Memang sih ada pilihan mudahnya, yaitu beli. Tapi saya khawatir kebiasaan membeli makanan di luar terus akan memengaruhi keuangan keluarga. Ya maklum, saya bukan setipe sultan Andara. Apalagi keadaan perekonomian dunia sedang tidak baik-baik saja. Ketika pengeluaran semakin besar sedangkan pemasukan masih begitu-begitu saja, maka satu-satunya yang bisa saya lakukan adalah dengan mengerem pengeluaran. 


Namun saya mendapat pencerahan setelah mengikuti Live Cooking Demo bersama Chef Beatrix beberapa waktu lalu. Masak gak harus menyita waktu, namun kebutuhan gizi keluarga tetap bisa terpenuhi. 


Live Cooking Demo Polytron x Farmers Market x Blibli


Bertempat di Farmers Market Grand Wisata Bekasi, Sabtu (1/10) saya mengikuti  cooking demo bersama Komunitas Emak Blogger (KEB). Acara ini sendiri merupakan kolaborasi antara Polytron dengan Farmers Market, dan Blibli. 

Sampai di lokasi acara, Chef Beatrix sedang menyiapkan perlengkapan dan bahan yang akan digunakan untuk acara Live Cooking Demo tersebut. Oh iya, buat yang mengikuti acara ajang kompetisi memasak pasti nggak asing dengan Chef Beatrix yang merupakan kontestan MasterChef Indonesia season 4 (2015). 


Awalnya saya tidak menduga kalau hidangan yang akan beliau masak adalah Siomay Bandung. Maklum selama ini taunya tinggal makan alias beli. Secara saya terlalu takut untuk mencoba membuatnya, dan saya pikir pasti akan memerlukan banyak waktu. Ngebayangin si kecil nangis minta digendong ketika saya sedang asik meyiapkan bahan-bahannya saja sudah berhasil membuat saya meringis. Dikit-dikit ditangisin itu lelah besttiee..hiksss 


Untungnya Chef Beatrix mau berbagi tips dan resepnya. Ternyata dengan peralatan yang tepat emak-emak rempong seperti saya masih bisa bebikinan yang menyehatkan tanpa menyita waktu terlalu banyak. Kuncinya ada pada peralatan yang kita miliki, harus tepat guna. Benar saja, dengan produk dari Polytron yaitu Rice Cooker Donabe dan Tiara Pot Pro, 2 masakan istimewa terhidang dalam waktu cepat. 


Siomay Bandung dimasak dengan Rice Cooker Donabe dari Polytron 


Ketika Live Cooking Demo dimulai, , Chef Beatrix menjelaskan bahan-bahan apa saja yang digunakan. Selanjutnya bahan-bahan yang telah disiapkan tersebut dimasak (kukus) menggunakan Rice Cooker Donabe dari Polytron. Jadi di acara Cooking Demo ini sama sekali tidak menggunakan kompor. Sehingga aman juga untuk para pengunjung yang hadir. Sambil menunggu matang, Chef Beatrix menyiapkan keperluan yang lain. Jadi selama memasak aman-aman saja jika ditinggal. Kita tidak harus sdtandby di tempat. 

Setelah matang dan diracik dengan bumbu kacang, kami berkesempatan untuk mencicipi kreasi Chef Beatrix tersebut. Rasanya, hmmm.. enak bangett. Bumbunya meresap hingga ke dalam, dan yang tidak kalah penting masakannya juga matangnya rata, empuk. Nah buat yang penasaran, nih resepnya..




Resep Siomay Bandung

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

175 gram daging ikan tenggiri, dicincang halus

75 gram paha ayam fillet, dicincang halus

4 siung bawang putih, dihaluskan

1 sendok teh garam

1/4 sendok teh gula pasir

1/2 sendok teh kaldu bubuk

2 putih telur

1 batang daun bawang, diiris halus

100 gram tepung sagu


Bahan saus:

250 gram kacang tanah goreng, diulek kasar

3 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan

8 buah cabai merah keriting, digoreng, dihaluskan

100 gram gula merah sisir

1 1/4 sendok teh garam

350 ml air hangat

2 sendok teh air asam, dari larutan 2 sendok teh asam dan 2 sendok teh air


Bahan pelengkap:

5 buah kentang ukuran kecil, direbus, dikupas

1 buah tahu putih, dipotong 8 bagian segitiga, dikeruk tengahnya

250 gram kol, direbus, digulung

4 buah jeruk limau

3 sendok makan kecap manis


Cara membuat siomay:

1. Campur daging ikan tenggiri, daging ayam, bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, dan putih telur dan daun bawang. Aduk rata. 

2. Masukkan tepung sagu. Uleni rata

3. Sisihkan 1/4 adonan. Isi ke dalam tahu. Kukus di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.

4. Bulatkan sisa adonan dengan sendok. Sendokkan ke dalam kukusan yang sudah diberi alas daun pisang dan dioles tipis minyak. Kukus di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.

5. Saus kacang, aduk rata kacang tanah, bawang putih, cabai, gula merah, dan garam.Tuang air panas sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan air asam. Aduk rata.

Sajikan siomay bersama saus kacang dan pelengkap.


Kelebihan Cooker Donabe dari Polytron 




1/ Donaheat 3D, memungkinkan pemanasan lebih merata dari 3 arah sehingga kualitas makanan yang dihasilkan maksimal. Bahkan nasi masih enak dikonsumsi hingga 48 jam setelah dimasak. 

2/ Magic Com Kapasitas Besar, Rice Cooker (Magic com terbaik) Donabe mampu menampung 2 liter nasi. Sehingga tidak perlu repot masak nasi untuk keperluan keluarga.


3/ Ceramic Coating, dengan Material ceramic coating, Rice Cooker Donabe memiliki lapisan lebih tebal dari panci biasa. Selain itu panci ini juga sudah pasti food grade sehingga aman untuk keluarga dan awet dalam penggunaan sehari-hari. 


4/ 3-in-1 Cooking, Rice Cooker Donabe dapat berfungsi untuk memasak, memanaskan dan mengukus, hal ini tentu membuat urusan dapur jadi lebih praktis.


Rice cooker Donabe memiliki pengaturan suhu yang modern yang dibutuhkan saat ini, dengan fitur Defrost System, yaitu thermostat yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. Pada saat memasak, nasi yang dihasilkan oleh rice cooker Donabe dapat matang lebih merata, lembut dan pulen. 



Masak Steamed Fish Menggunakan Tiara Pot Pro dari Polytron




Untuk hidangan selanjutnya adalah  Steamed Fish yang dimasak dengan  Tiara Pot Pro dari Polytron. Hasilnya Steamed Fish yang sama sekali nggak amis. Rasanya segar, bumbu merata dan ikan matang sempurna. Apalagi dengan lada hitam di dalamnya, hmm.. bikin pengen nambah lagi. Tapi kan malu kalau minta nambah. Untung chefnya baik hati, jadi saya bisa praktekin menu ini japan saja. Thanks, chef…


Resep Steamed Fish

Bahan:

Ikan kakap/ Dori/ Tilapia - 1 ekor (500 gram)

Air perasan jeruk nipis - 1 sdt

3 sdm Kecap Asin 

5 siung Bawang putih, cincang 

5 cm Jahe, iris korek api 

3 buah Cabai merah besar, potong korek api

1 batang Daun bawang, iris tipis 

1 sdm Minyak wijen 

2 sdm Saus tiram - 

1 sdm Gula pasir - 1 sdt

Merica - 1/2 sdt


Cara Membuat:

1. Siangi dan bersihkan ikan kakap. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Taruh ikan dalam wadah atau pinggan tahan panas.

2. Panaskan panci kukusan. Kukus ikan selama 5 menit saja. Angkat.

Ajaib gaK Tuh, hanya dengan memasak 5 menit saja, masakan bisa matang sempurna dan bumbunya meresap banget. Nikmat banget heeyyyy…


Kelebihan Tiara Pot Pro dari Polytron 



1. 12-in-1 Function Cook

Tiarapot Pro dilengkapi 12 fungsi mode untuk memasak berbagai macam masakan kesukaan Anda, mulai dari Pressure Cooker hingga Slow cooker. Hanya dengan menekan satu tombol Anda bisa memasak berbagai jenis masakan dengan satu pot, mulai dari pilihan mode sup, daging rebus, presto, bean/chili, slow cook, tumis, nasi, biji-bijian, bubur, kukus, yogurt dan manual/sous vide.


2. Smart Steam Release

Tiarapot Pro merupakan panci yang memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak.


3. Faster Family Meal

Panci multi fungsi dari Tiarapot Pro membuat proses memasak 70% lebih cepat dibanding metode masak tradisional, sehingga menghemat waktu dan lebih praktis.


4. Clear & Simple Control

Smart Multi Cooker dari Tiarapot Pro dilengkapi dengan fitur Smart Program, sehingga proses memasak menjadi lebih mudah cukup dengan menekan satu tombol anda dapat mengetahui kapan makanan Anda siap dengan mudah dan praktis.


5. Design

Penampilan Tiarapot Pro terlihat sangat kokoh, terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Dilengkapi juga dengan layar display dan lampu LED sehingga proses dan waktu memasak dapat Anda ketahui sesuai dengan tampilan dilayarnya. Cukup pilih mode memasak yang Anda inginkan dan siapapun bisa memasak seperti chef profesional dengan Tiarapot Pro.


Kesimpulan dan Kesan 

 


Multitasking mungkin tidak bisa dipisahkan dari peran ibu. Selain banyak yang harus dilakukan, kita juga secara tidak langsung dituntut untuk bekerja cepat. Karenanya penting sekali adanya peralatan memasak yang dapat meringankan pekerjaan kita. Sehingga hidangan untuk keluarga bisa tersaji cepat namun tetap sehat. 

Dan tampaknya Polytron tahu betul dengan kebutuhan tersebut. Terlebih saat ini semua lini kehidupan memang dituntut untuk cepat, tepat, dan sehat. Dengan menghadirkan peralatan memasak yang canggih dan multifungsi kita tidak perlu susah payah mengganti perabotan setiap hendak memasak. Yang artinya juga dapat mengurangi jumlah perabotan di rumah. Apalagi zaman sekarang kebanyakan rumah bentuknya minimalis. Terlalu banyak perabotan akan mempersempit rumah yang memang sudah sempit. 

Saya sih naksir banget dengan Tiarapot Pro atau Rice cooker Donabe ini. Bismillah, kita sholawatin dulu, semoga bisa beli dalam waktu dekat.. 

Tidak ada komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^