Rupa-rupa Jajanan Masa Kecil Yang Membuat Rindu Masa Lalu

Ketika ditanya makanan favorit, sebagian kita pasti menjawab masakan ibu. Saya juga demikian. Walau sesederhana apapun makanan, jika itu masakan ibu pastilah yang terenak. Apalagi kalau lagi merantau, wuih, masakan ibu terngiang-ngiang. 

Ibu saya, sebagaimana ibu-ibu yang lain, kadang jika ada uang atau ada bahan sering membuatkan kue, makanan ringan tradisional. Diantara yang paling saya suka dan selalu bikin kangen untuk menikmatinya adalah Kue Lupis dan Klepon. Klepon di tempat saya disebutnya Andondeh. Makanya kadang saya salah tafsir kalau ada yang nawarin onde-onde, saya kira Klepon.


Kue Lupis
Nikmatnya Kue Lupis, bikin ngiler. via www.idememasak.com

Kue lupis merupakan makanan olahan yang terbuat dari ketan. Proses masaknya yang cukup lama membuatnya memang patut membuatnya istimewa ketika sudah dihidangkan. Pertama direndam terlebih dahulu, setelah ditiriskan dicampur air kapur sirih. Katanya biar rasanya lebih legit. Setelahnya memasuki proses yang menurut saya proses paling berat. Yaitu membungkusnya dengan daun pisang yang telah dijemur dan dibersihkan. Bagian ini sulit karena mesti membentuknya menjadi segitiga. Belum lagi kalau berasnya brojol-brojol. Haha.
Selanjutnya direbus lebih kurang 2 jam. Cukup lama, kan? Kue lupis paling enak dinikmati selagi hangat. Dicocol dengan Selai kelapa muda yang telah diolah sebelumnya dengan gula merah. 


Kue Klepon 
 
Taburan Kelapa muda yang bikin Klepon makin gurih dan nikmat. via
www.maksindo.com
Lagi-lagi ini terbuat dari ketan, dengan paduan gula merah. Bedanya kalau lupis tidak perlu di tepungkan. Nah klepon mesti dibuat tepung terliebih dahulu. Dulu suka bantuin masak. Paling senang di bagian klepon yang mengambang tanda ia telah matang. Danmenurut saya, klepon kurang nikmat kalau tidak di golek di parutan kelapa yang sudah dicampur garam. Jadi rasanya ada manis, asin dan legit.

Selain kedua olahan makanan tradisional di atas, masih ada jajanan khas jaman 90an yang bikin kangen.


***

Permen Rokok
Bentuk wadahnya saja yang seperti rokok. dalemnya sih permen. via http://haiineola.com

Serius, saya dulu setiap ada uang, jajannya ga juah-jauh dari permen ini. Selain rasanya enak, ya biar keren dikit. Haha. Entah apa yang saya pikirkan dulu. Kalau dipikir-pikir lagi, apanya yang keren yak.


Coklat Choyo-choyo
Coklat warna-warni via www.vemale.com

Ini khas banget. Coklat yang nggak hanya warna coklat. Warna-warni yang menarik selalu bikin pengen dan pengen lagi. Dengan uang jajan seadanya bisa nikmatin coklat. Meski kadang dibikin batuk sih. Sendok mini yang menyertai coklat ini mebuat coklat choyo-choyo terasa lebih nikmat. 


Mie Mamee
Tinggal remes, taburin bumbu, lalu nyam-nyaamm.. via http://haiineola.com

Mie dalam bentuk kering. Tinggal dikremes lalu taburi bumbu langsung ke dalam wadah plastiknya. Dan rasanya, nikmat banget.


Permen Yosan
Permen misterius..via http://haiineola.com

Permen karet yag selalu bikin penasaran karena ngumpulin huruf  Y-O-S-A-N dari setiap bungkusnya ngga pernah berhasil. Dan mungkin sampai sekarang masih merupakan misteri. Permen karet ini bikin teman sekelas pada jago pletak-pletok. Ada yang masih ingat caranya? Atau kamu salah satu yang masih ngga bisa sampai sekarang? Hahha 


Itulah makanan dan jajanan masa kecil yang sangat membekas, khas, dan bikin kangen sampai sekarang. Kalau kalian apa makanan atau jajanan masa kecil yang paling membekas?  

1 komentar

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^