#JustALittleTalk: Tentang Video dan Photo


Just A Little Talk
“Gantungkan cita-citamu setinggi gunung, sedalam lautan, bahkan seluas belantara hutan. Karena selapar apapun kita nanti... ilmu tidak akan pernah mati.” ― Andin
Sabtu, 11 Februari 2017, bertempat di Litle Talk Coffee, sebuah kafe yang letaknya  di Insitu Bumi Wedari - Vida Bekasi, saya mengikuti sebuah acara yang bertajuk  #JustALittleTalk. Bincang santai yang sarat ilmu. Ya, ilmu, dorongan terkuat yang membawa saya ke acara tersebut. 

Sebagaimana makna yang terkandung di quotes di atas, ilmu memang demikian adanya. Tidak akan pernah mati.Pun dalam menuntut ilmu, tidak terbatas ruang, waktu apalagi usia. semakin maju zaman, maka semakin banyak ilmu yang mesti diupgrade, terutama yang berhubungan dengan tehnologi.

 Oya, mengenai Vida Bekasi saya tidak asing meskipun sebelumnya saya belum pernah kesana. Saya tahu nama Vida Bekasi ini karena saya mengelola sebuah akun IG komunitas berbagi info seputar Bekasi.  Banyak follower yang membagikan fotonya saat berada disekitaran Vida, yang khas itu kincir anginnya. 
 Masterplane Vida Bekasi via www.vidabekasi.com
  
Sebagai informasi, Vida Bekasi ini dikembangkan oleh Gunas Land dengan luas mencapai 130 Ha. Hunian yang mengusung konsep Tropical Urbanism ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban akan kwalitas hidup yang lebih baik. Didalamnya terdapat berbagai fasilitas seperti lifestyle center, apartment, rumah sakit, area olah raga, dan lain-lain. Nah area hijau diciptakan untuk memberikan suasana nyaman bagi mereka yang tinggal di dalamnya. Ada 3 pilihan tol untuk mencapai Vida Bekasi, yaitu tol Bekasi Barat, Bekasi Timur yang menghubungkan tol Jakarta-Cikampek dan Tol Jati asih yang menghubungkan JORR.
  

Balik ke acara Just A Little Talk
Just A Little Talk! adalah sebuah obrolan santai terbuka untuk umum dengan tagline "Ringan, Cerdas dan Inspiratif". Ringan karena obrolan disajikan secara santai di kedai kopi bernama Little Talk Coffee, Cerdas karena obrolan ini juga menyampaikan informasi yang edukatif, serta Inspiratif dengan harapan orang-orang yang hadir menjadi merasa terinpirasi setelah mengikuti obrolan ini.
Lebih kurang begitu isi undangan yang saya terima.  Semangat saya terpacu lebih lagi saat melihat tema yang diangkat, yaitu tentang “Vlogging & Shooting Like A Pro”. Waow! Sebagai seorang blogger (ngakunya-duuhh) saya merasa penting banget ikut acara ini.

Hal-Hal Yang Perlu diperhatikan Tentang Vlog Agar Menarik Untuk Ditonton 

Sampai di lokasi saya disambut ramah oleh penyelenggara. Salah satunya Mas Yusman. Kebetulan situasi masih cukup sepi ketika saya sampai jadi bisa menikmati sekeliling, namun tidak lama kemudian acara resmi dibuka.

Nah pembicara pertama kemarin ada Mas Anggun Adi yang memiliki “nama panggung” Goenrock, seorang Youtube Content Creator. Mas Anggun ini rupanya sudah lumayan lama malang melintang di dunia v-logging dan sudah punya penggemar sendiri. Kenapa saya bilang begitu? Karena saya lihat di Ig dan FB-nya rame, belum lagi di akun youtubenya. Selain menikmati video-video yang dia unggah, ternyata followernya juga menjadikan Mas Anggun semacam panutan dalam membuat video. Makanya saya merasa sangat beruntung bisa ikut acara ini. Btw saya merasa ketinggalan banget kok ya baru tahu sama yang namanya Goenrock. Hahha 
Foto bersama via @Goenrock
Membuka materinya, Mas Anggun menampilkan sebuah video yang mengandung  unsur vlog. Mas Anggun mengatakan bahwa “Sebuah video bisa dikatakan vlog jika didalamnya mengandung personal opinion, bukan titipan”. 

Untuk saya sendiri, kendala utama ketika mau bikin vlog itu ngga PD bicara di depan kamera. Jadinya ya gitu-gitu doang. Paling disisipin teks pendukung yang setelah dicek lagi ternyata kurang informatif. 
  
Menurut Mas Anggun, ciri Vlog Yang menarik Untuk Ditonton sbb:
1.       Informatif : Video yang kita unggah harus mengandung informasi
2.      Faktual : sesuai kenyataan. Bukan asal penonton senang
3.      Enetertaining: guyon dalam video kita itu boleh tapi harus tetap ada koridornya
4.      Interaktif : Yaps, yang bikin akun kita “hidup” kan karena adanya penonton. Nah mereka pastinya bakal senang kalau sapaan dan pertanyaannya dijawab. 

Dalam hal mengupload video tidak harus tiap hari. Yang penting konsisten. Misalnya dengan membuat jadwal tertentu. Dan yang tak kalah penting, sebaiknya membuat shoot list per scene agar tidak ada adegan yang miss sehingga video menjadi janggal.
“Sebenarnya tidak ada durasi ideal untuk membuat vlog sebab vlog bukan tv. Batasannya bukan durasi melainkan kuota” @Goenrock
Kocak yak? Tapi emang bener sih. Saya beberapa kali pengen upload video di youtube selalu mikir kuota. Wkwk
Hal terpenting dalam membuat vlog itu konten harus padat, menarik, dan durasi efektif dengan durasi berkisar 3 - 5 menit. Terutama ketika awal ngevlog, jangan sampai membuat subscriber menyesal karena buang-buang kuota. 
Minimnya peralatan tidak seharusnya membatasi seseorang untuk berkarya. Equipmentnya tidak perlu  memaksakan diri. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan masing-masing saja, misalnya HP. Bahkan vlog dengan hp punya kelebihan tersendiri karena bisa langsung edit dan upload.

Learning by doing. Pertama mungkin video yang kita hasilkan masih terlalu standar. Namun dengan berjalannya waktu kita akan mengerti video seperti apa sih yang bagus. Perlahan-lahan kita akan menyadari tentang tehnik pengambilan gambar yang benar itu seperti apa, sebab ini berguna untuk mempertajam informasi yang hendak disajikan pada penonton. 

Untuk memoles video yang dihasilkan kita butuh video editing nih. Ada beberapa aplikasi yang direkomendasikan oleh Mas Agung, sbb:

Desktop : Imovie, Movie Maker, Adobe Premiere, Final Cut, atau Vegas

Smartphone: Videoshow, Adobe Premiere Clips, Quik, Power Director, dan Filmorago.

Nah untuk music dan sound effect biar ngga kena klaim hak cipta, pakailah jalur yang benar. Haha. Saya pernah kena nih. Asli ngga tau kalau masukin music ke video youtube itu bakal dicekal. Jadi ya sempat males juga mau ngeyoutube lagi. Untungnya kemarin dapat bocoran tempat dapetin music atau sound effect  yang ramah youtube. Bahkan ada yang gratis.

Sebagai penutup, Mas Agung mangatakan bahwa dalam proses editing posisikanlah diri kita sebagai viewer, jangan egois dengan membuat video yang terlalu panjang yang jatuhnya bertele-tele dan nggak informatif.


Photo Editing by Smartphone

Materi selanjutnya disampaikan oleh Jonathan. Seorang Arsitek yang doyan jalan-jalan. Kalau dipikir siapa sih yang gak suka jalan-jalan.

Fokus tema yang ia sampaikan adalah tentang photo untuk instagram. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan merencanakan feed seperti apa yang kita inginkan. Utamakan sesuai dengan ketertarikan kita, tidak perlu terlalu banyak berpikir tentang penilaian orang lain apakah photo yang kita share bagus atau tidak. Apalagi mikirin jumlah like. Duh!! Pokoknya dalami apa yang kita suka. 

Nah sebelum upload tentunya kita harus berusaha untuk mendapatkan gambar terbaik. Hal-hal yang perlu diperhatikan:

1.Grid

Salah satunya dengan menyalakan grid pada saat pengambilan gambar. Hal ini bertujuan sebagai acuan pengambilan gambar agar titik fokusnya jelas.

2.Cahaya

Jangan lupakan pencahayaan, sebab pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam menghasilkan gambar yang bagus, terutama cahaya alami. Untuk mendapatkan cahaya alami waktu pengambilan gambar perlu diperhatikan. Misalnya pagi atau sore hari akan memberikan kita cahaya yang soft. Bisa dilakukan dekat jendela atau outdoor sekalian.

Namun demikian kita tidak perlu takut bermain dengan warna yang agak strong. Karena dapat memberikan efek dramatis dan nuansa yang berbeda pada gambar yang kita hasilkan.

3.Angles

Cobalah mencari angles yang berbeda sebab angles yang berbeda selalu memberikan kesan yang lebih menarik. Misalnya mengambil gambar kerumunan orang dari ketinggian. Oya mengambil gambar bayangan juga akan terlihat menarik dan berbeda, lho. Coba aja. 

wajah-wajah serius, via @umenumen

Beri jarak atau ruang bagi objek kita agar ia tidak merasa terganggu, dan kita bisa mengeksplore angles sesuai yang kita inginkan. 

Dan yang terakhir, jepret, jepret, jepret. Kita akan belajar dari kesalahan dan pengalaman. 

Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Bagi yang merasa kurang puas dengan materi yang disampaikan atau masih banyak yang ingin diketahui, para narasumber mempersilahkan peserta untuk wawancara eksklusif, langsung di tempat atau via Japri. Baik banget yak. 

Photo bersama menandai berakhirnya acara. Waktu 2 jam rasanya berjalan terlalu cepat bagi saya dan mungkin bagi peserta lain. Selain karena materinya yang oke, didukung oleh suasana yang juga santai. Oya acara ini rencananya akan dilakukan rutin setiap bulan, tentunya dengan tema yang berbeda ya. Jadi kamu jangan sampai ketinggalan info. Biar tahu juga seperti apa sih konsep Little Talk Coffe dan ada apa saja di Vida Bekasi. Saya aja rasanya pengen balik lagi ke sana.

 

20 komentar

  1. Ternyata di Bekasi ada tempat nongkrong yang asik, Little Talk Coffee, keren tempatnya. Dapat ilmu baru juga tentang blog dan fotografi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Recommended banget tempatnya.

      Hapus
  2. Ternyata seru yak vlog. Blm pernah coba sekalipun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mak. Lama-lama juga ketagihan. Wkwkkw

      Hapus
  3. bagi2 ya info ilmu vlognya ya say..masih minim ilmu nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mba. Kita belajar sama samaa..

      Hapus
  4. Tempatnya asyik bgt sptnya,kayak di Bali ��

    BalasHapus
  5. asyik..asyikk dpt ilmu photography dan vlog semakin meningkatkan kualitasnya nih. itu tempatnya cozy bgt y..seru kayanya buat hangout bareng tmn2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, hangeout sambil futu-futu cantik asik kyanya. Kuy lah.. Hahah

      Hapus
  6. Sebenarnya tertarik bikin vlog cuma belum bisa editing seperti menggunakan Adobe Premiere atau Vegas soalnya RAM laptop kurang dari 2 GB jadi loading terus he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun mas. Udah gitu emang belum ngerti banget ilmunya. Paling seadanya pake hp. Huhhuu

      Hapus
  7. Ajarin nge-vlog dong mb. Boleh dong ilmunya bagi2 ke saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mba. Kita belajar bareng2.. Hihhii

      Hapus
  8. Aku belum pernah nge vlog Mbak. Gaptek juga, baca postingan ini jadi pingin bisa juga nih. MAkasih sharingnya, salam kenal. Aku follow blognya, folbek ya :)

    BalasHapus
  9. wawww makannya bikin ngiler aja nih... jadi laper nih,,,hehe

    BalasHapus
  10. aku belum tertarik tuh sama vlog, soalnya di blog jug masih newbie hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, buat nambah-nambah pengetahuan dan mempwrkaya konten blognya mba. :D

      Hapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^