Waspada Obat dan Makanan dengan HALO BPOM




Ngomong-ngomong tentang BPOM, teman-teman pastinya udah pada taulah ya apa itu BPOM. Ternyata BPOM merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. BPOM berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Dan tidak lepas dari koordinasai dengan kementerian kesehatan.

Nah, dalam rangka merayakan hari jadi yang ke-16 tahun, tanggal 21 Februari 2017 lalu saya dan teman-teman blogger mengikuti Open House Komunitas Blogger yang diakan BPOM di bilangan Percetakan Negara Jakarta Pusat. Dalam kesempatan tersebut blogger juga berkesempatan melihat secara langsung labortorium, seperti Laboratorium Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen (Lantai 1), Laboratorium Bidang Pangan (Lantai 2), Laboratorium Bidang Produk Terapeutik dan Bahan Berbahaya (Lantai 3), dan Ruang Kerja Contact Center Badan POM 1500533. 

Melalui acara ini, blogger diharapkan menjadi duta BPOM untuk menyampaikan informasi dan edukasi tentang  obat dan makanan pada masyarakat. Khususnya jika ada hal yang mencurigakan mengenai obat dan makanan yang kita temukan. 

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rasanya, jarang sekali saya menemui acara yang dibuka dengan lagu kebangsaan ini. Dan ini tuh sukses menaikkan tensi cinta tanah air bagi saya. Hehe

Sebagai pembicara pertama ada Ibu, Riati Anggriani, SH, MARS, M.Hum, selaku Kepala Biro Hukum dan Humas, menjelaskan tentang latar belakang BPOM. Mulai dari kedudukan, fungsi dan wewenang BPOM. 

Menurut Ibu Riati, fungsi badan POM diantaranya:
1/ pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan obat dan makanan;
2/ pelaksanaan kebijakan tertentu di bidang pengawasan obat dan makanan;
3/  koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas Badan POM;
4/ pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah dan masyarakat di bidang pengawasan obat dan makanan

Sedangkan beberapa wewenang BPOM adalah Penetapan persyaratan penggunaan bahan tambahan(zat aditif) tertentu untuk makanan dan penetapan pedoman pengawasan peredaran obat dan makanan, dan Pemberian izin dan pengawasan peredaran obat serta pengawasan industri farmasi. 


Materi presentasi, oleh Bapak Tepy
Selanjutnya  Drs. Tepy Usia, Apt, M.Phil, Phd. Selaku Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN), mengatakan bahwa laboratorium pusat  BPOM sudah terakreditasi ISO 17025 juga diakui secara nasional, bahkan telah diakui akreditasinya oleh WHO. 
Setelah mendengarkan penjelasan dari Bapak Tepy, kami diajak melihat lebih dekat laboratorium yang letaknya tidak jauh dari gedung C. di sini kami bisa melihat secara langsung fasilitas dan beberapa kegiatan yang dilakukan di Lab. Tak salah jika WHO pun telah mengakui akreditasinya, karena dari apa yang saya lihat, dan dari pemaparan yang disampaikan masing-masing koordinator lab, dapat saya simpulkan bahwa memang, peralatan dan tingkat keamanan maupun sterilisasi Lab sangat terjaga. Ketiga hal ini tentunya sangat berpengaruh pada hasil penelitian.




Kegiatan Lab, photo oleh Humas Bdan POM

Pengawasan obat dan makanan yang beredar sejatinya bukan hanya tanggung jawab pemerintah dalam hal ini BPOM, melainkan masyarakat secara keseluruhan. Dan untuk memfasilitasi hal tersebut, maka BPOM menyediakan layanan contact center, Halo BPOM 1500 533. 

Halo BPOM ini merupakan suatu bentuk pemenuhan harapan masyrakat terhadap layanan informasi publik seperti: kemudahan aksesibiltas, setiap waktu layanan, kapanpun dan melalui saluran apapun, pelayanan yang konsiten dan sifatnya langsung ditangani tanpa adanya penundaan. 

Terhadap obat dan makanan yang beredar, masyarakat diharapkan untuk melakukan, Satu tindakan untuk masa depan, baca label sebelum membeli. Lakukan dengan KIK, yaitu

Kemasan dalam kondisi baik,
Memiliki Izin edar
Tidak melebihi Kadaluwarsa

Jik ada yang tidak beres atau mencurigakan, langsung deh hubungi Halo BPOM agar kita mendapatkan informasi yang falid dan bisa menyampaikan keluhan ataupun pengaduan. Selain melalui 1500 533, Halo BPOM juga bisa lewat email, SMS, atau email.Jadi sekarnag kita tidak perlu bingung kemana harus mengadu jika ada kekhawatiran dengan obat, kosmetik atau makanan yang beredar di sekitar kita. Salam sehat! ^^



17 komentar

  1. Terima kasih, informasi ini harus disosialisasikan agar masyarakat kian cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bund. Semoga masyarakat semakin teredukasi mengenai hal ini.

      Hapus
  2. Sebagai warga Indonesia, kita terbantu banget yah dengan adanya lembaga seperti BPOM seperti MUI . Jadi lebih mudah memilih mana yg sesuai untuk kita konsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Masyarakat bisa merasa lebih aman dengan adanya badan2 semacam ini.

      Hapus
  3. semoga penerapan standart pengawasan diperketat, sehingga tidak mudah kecolongan adanya zat berbahaya yang dapat dikonsumsi oleh rakyat.
    #Salud dengan yang saat ini, Tingkatkan Kerja, Kerja dan Kerja !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya setiap instansi atau badan berusaha memperbaiki kinerjanya. Semoga dampak positifnya meluas pada masyarakat ya mba.

      Hapus
  4. Senengnyaaaaaa, jd tau nih harus lapor kemna klok ktemu obat yg mencurigakan. Tengkiu infonyaaaa, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. Kita jadinya gaudah bingung. Tinggal hubungi Halo BPOM. Alhamdulillah...

      Hapus
  5. dengan semakin banyak beredar makanan2 yg "ajaib" (boraks,pewarna,dll), kehadiran BPOM ini penting untuk melindungi konsumen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajaib emang mba. Pinter2 kita aja Sebagai konsumen.sebab para penjualnya kadang hanya peduli dengan keuntungan semata, tanpa memikirkan dampak negatifnya bagi pembeli.

      Hapus
  6. Jadi bisa langsung tanya ke BPOM ya mb, kalau ragu dengan suatu produk kosmetik & obat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Dan ternyata kita ga perlu nunggu terlalu lama untuk diprosesnya laporan atau keluhan kita.

      Hapus
  7. wow keren, jadi kalo ada obat atau makanan yang meragukan, bisa langsung calling pihak bpom :D

    BalasHapus
  8. Konsumen cerdas karna bpom yg mengajarkan. Mari tanggulangi masalah obat makanan palsu dan kita sebagai konsumen harus saling kerjasama dengan pihak terkait biaryg namanya aspal bisa di berantas.

    BalasHapus
  9. penting bgt dg adanya peran BPOM ini ada pengawasan terhadap produk yg tersebar di pasaran

    BalasHapus
  10. terimaasih info yang sangat berguna nih!

    BalasHapus
  11. Inovasi BPOM keren, semoga aja layanan teleponnya mudah untuk menerima telpon ya. Karena kalau banyak yang telpon bisa susah ngangkatnya hehehe. Dengan adanya layanan ini tentu kita bisa langsung cari info apakah produk yang mau dikonsumsi aman atau tidak ya :)

    BalasHapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^