Anemiaction, Perlawanan Terhadap Anemia Agar Hidup Lebih Produktif


Dampak Anemia (Dok dr.Anie)

Dari gambar yang bisa dilihat di atas, ternyata ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh Anemia. 

Karenanya, Merck, sebuah perusahaan sains dan teknologi terkemuka, pada tanggal 2 April 2017 bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tepatnya di halaman Keong Emas, bekerja sama dengan PDGMI yang merupakan organisasi profesi dibawah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), melanjutkan kampanye Indonesia Bebas Anemia, dengan menggelar sesi diskusi “Solusi Total untuk Indonesia yang Lebih Produktif & Bebas Anemia” untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan agar terbebas dari anemia sehingga dapat mengoptimalkan produktivitas.

Indonesia Bebas Anemia.(kiri ke kanan)  dr. Michael Triangto, SpKO (Spesialis Kedokteran Olahraga), Anie Rachmayani (Associate Director Marketing PT Merck), Mona Ratuliu (Duta Kampanye Indonesia Bebas Anemia), Holger Guenzel (Director of Consumer Health Division PT Merck Tbk), DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK (Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI)). (Dok  EO)
Anemia sendiri  merupakan suatu keadaan dimana kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari batas normal. Hemoglobin ini merupakan zat dalam darah yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh jaringan dalam tubuh. Mengapa Hb ini penting? Karena kurangnya Hb akan berdampak pada rendahnya oksigen yang terdistribusi dalam tubuh sehingga mengganggu kinerja otak dan otot.
 
Ngomong-ngomong, kecukupan Hb pada ibu hamil itu penting banget lho. Karenanya saya disarankan oleh bidan tempat biasa saya cek kandungan untuk tes darah. Katanya, mereka tidak ingin ambil risiko saat kelahiran nanti. Jadi, misal Hb saya kurang, mereka bisa menentukan perkiraan aksi medis seperti apa yang akan mereka terapkan pada saya nantinya. Tapi, alhamdulillah setelah diperiksa semuanya normal.

Kumpulan Emak-emak Blogger turut mendukung Indonesia Bebas Anemia. (Dok @Azzura_Lhi)
Nah, karena tahu betapa pentingnya memerangi anemia ini makanya saya sangat antusias mengikuti acara yang diadakan Merck dengan mengusung salah satu produknya, yaitu Sangobion.

Hadir di acara tersebut, DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK selaku Wakil Ketua PDGMI. Dr Anie mengatakan bahwa, 35% wanita pekerja wanita mengalami anemia. Dalam seminggu rata-rata menurunkan kinerja hingga 20% atau sekitar 6,5 jam. 
“Anemia beda dengan darah rendah. Timbulnya anemia ini bisa dipicu karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Sedangkan zat besi bisa diperoleh dengan konsumsi sayuran atau yang bersumber dari hewani. Namun sebaiknya keduanya dikonsumsi secara berimbang,” Dr Anie.
Aktifitas Fisik untuk lawan Anemia. Lakukan senam Anemiaction. (Dok @Azzura_Lhi)

(Dok @Azzura_Lhi)
Untuk memperlancar aliran darah, kita harus melakukan aktifitas fisik atau minimal lakukan olahraga ringan. Nah, kamarin itu Merck juga meluncurkan Senam Anemiaction yaitu senam pencegahan gejala anemia sebagai bagian dari total solusi Indonesia bebas anemia, serta melanjutkan kerjasama dengan Indonesia Mengajar. 

Dalam kesempatan yang sama, dr. Michael Triangto, SpKO, Spesialis Kedokteran Olahraga, mengatakan “Senam Anemiaction merupakan salah satu bentuk olahraga yang terdiri dari beberapa gerakan sederhana yang berfokus kepada beberapa bagian tubuh, yaitu: aktivitas peregangan bawah, tengah dan atas. Gabungan gerakan pada Senam Anemiaction berfokus untuk meningkatkan mitokondria yang merupakan generator dari sel pada tubuh manusia, sehingga siapapun yang melakukan senam tersebut mengurangi gejala – gejala anemia dan dapat menjadi lebih segar serta produktif saat beraktivitas.”

Dukung Anemiaction (Dok @Azzura_Lhi)
Seperti yang dikatakan dr. Michael, Senam Anemiaction ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Senam Anemiaction ini dikembangkan oleh para ahli sebagai solusi melawan anemia, dan hanya butuh waktu 5 menit saja. Tidak terlalu menyita waktu ternyata.
Dalam acara yang dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai daerah sekitar Jabodetabek ini, kita juga melakukan donor darah di lokasi acara, karena Merck bekerja sama dengan PMI yang menyediakan tenda bagi peserta yang ingin melakukan donor darah. Ternyata kemarin itu lumayan banyak lho yang mendonorkan darahnya. Tak peduli jika mereka harus antri. Salut!

Antrian Donor darah. (Dok @Azzura_Lhi)

Donor darah, menyehatkan. (Dok @Azzura_Lhi)


Selain donor darah, peserta juga dapat mengecek kadar Hb-nya di tenda terpisah. Seru banget bukan? Dan di penghujung acara, group band Nidji sukses menghibur para peserta dengan tembang-tembang andalannya.

Meriah dengan hadirnya Nidji. (Dok @Azzura_Lhi)

2 komentar

  1. Dulu aku juga punya darah rendah dan suka keliyengan, sekarang alahamdulillah udah nda kliyengan lagi berkat gemar makan ikan dan konsumsi gizi seimbang. Sneamnya mudah dan asyik ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Senanmnya gampang dan musiknya asik nih. Hihhi
      Saya jg termasuk yg sering kena darah rendah, dan kyanya sering ngaruh jd anemia

      Hapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^