Pendidikan: Investasi Terbaik Untuk Masa Depan Si Kecil


Setiap orangtua pasti menginginkan dan merencanakan hal terbaik bagi anak-anaknya. Termasuk mengenai pendidikan. Dan karena alasan itu jugalah yang mendorong saya untuk mengikuti open house yang dari Kids Republic. Kebetulan jadwal yang saya ikuti kemarin mengena banget dengan apa yang saya cita-citakan mengenai pendidikan si kecil kelak.


Saya meyakini bahwa akan seperti karakter seseorang pastinya dibentuk sejak ia masih kecil. Dalam hal ini apa yang dipelajari dan kebiasaan seperti apa yang anak-anak lakukan sangat mungkin memengaruhi karakternya kelak. Lagi pula, jika moms berpikir investasi terbesar bagi pendidikan anak-anak itu ada pada jenjang pendidikan di universitas, itu sangat keliru. Sebab di masa itu, kita sudah terlambat untuk membangun karakternya.

Nah, di acara Open House Kids Republic yang saya ikuti hari minggu (20/5/2018) di Grand Galaxy itu, benar-benar membuka wawasan saya. Dan metode pembelajarannya membuat saya sangat tertarik, yaitu dengan Metode Montessori.

 
Keunggulan Metode Montessori

Pendidikan dengan metode Montessori diperkenalkan pertama kali oleh dr Maria Montessori  yang berasal dari Itali, karenanya metode ini mengambil namanya. Beliau merupakan salah satu dokter perempuan pertama di Itali. Metode ini pertama kali kenalkannya pada tahun 1900.

Nah, dari paparan yang disampaikan dalam open house kemarin, berikut beberapa keunggulan metode Montessori yang saya tangkap:

1.     Goal pembelajaran pembelajarannya bukan tentang cepat melainkan proses. Dengan metode ini pelajaran tidak hanya didengar tapi disentuh, sehingga anak benar-benar memahami konsep terjadinya sesuatu. 

2.     80% isinya tentang character building. 

3.     Diajarkan tentang tanggungjawab. Ketika anak-anak belajar dengan map,setiap anak bertanggung jawab dengan mapnya masing-masing. Namun jika ada yang salah atau hilang, guru tidak serta merta menghukum melainkan mendorong si anak untuk bertanggung jawab. Missal berusaha menemukan bagian dari map yang hilang.

4.     Belajar tentang, bersahabat, menunggu, bergantian dan sabar. Ini karena dalam setiap kelas hanya ada satu alat. Jadi ketika ada kegiatan yang menggunakan alat tersebut, anak terbiasa untuk bergantian dan antri.

5.     Kapasitas kelas tidak berlebihan. Jadi dalam setiap kelas maksimal terdiri dari 25 siswa. Jadi pengawasan dalam belajar bisa lebih optimal.




Terbentuknya Kids Republic

Kids Republic ini terbentuknya berproses sejak tahun 2014. Adalah kakak beradik Futri Zulya, M.Bus dan Zita Anjani, M.Sc, yang memiliki visi dan misi yang sama dalam hal memberikan pendidikan dini bagi anak-anaknya. Rasa ingin tahu keduanya membawa ke pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dan pendidikan Montessori. Mereka meyakini bahwa bahwa tahun-tahun pertama anak merupakan masa emas, masa yang tepat untuk belajar dan membentuk karakter anak-anak sejak awal.

Tak ingin hanya berfokus pada perkembangan buah hati mereka semata, mereka bertekad untuk memberikan pilihan pendidikan yang berkwalitas dan cocok bagi perkembangan anak-anak Indonesia, khususnya Jakarta. 


Meski bermula dari sebuah ruko dengan space yang kecil, namun Kids Republic rupanya memiliki banyak peminat. Karena di Kids Republic sarana pendidikan anak usia dini yang disediakan bersifat one stop center, dimana sang anak tidak hanya fockus di area intellectual tetapi juga mendapatkan pelajaran agama, moral, kemandirian, leadership, dan juga physical education. 

Di tahun ajaran pertama (Juni 2014/2015) murid yang terdaftar sudah lumayan banyak lho, moms. Yaitu ada 35 murid Education dan 30 murid Gymnastic yang terbagi dalam beberapa kelas yaitu Mayor (2-3 thn) Governor (3-4 thn) dan Minister (4-5 thn). Untuk lembaga pendidikan yang terbilang baru, menurut saya murid sejumlah itu sudah lumayan banyak. Hal ini menunjukkan besarnya antusiasme para orangtua demi gemilangnya masa depan sang buah hati.
Atas dasar antusiasme orangtua ini, maka kemudian Kids Republic pindah ke lokasi yang lebih memadai yaitu di Jl. Cipinang Bali 1 no. 5A Kec. Jatinegara, Jakarta Timur. 




Program Pendidikan Kids Republic 


1.     Education
Program Pendidikan yang diterapkan di Kids Republic  bertujuan untuk  mempersiapkan anak memulai perjalanan pendidikannya mulai dari taman kanak-kanak hingga jadi pembelajar yang sukses. Program di sini dapat mendukung perkembangan sosial, emosional, fisik, nutrisi, intelektual, dan moral anak-anak secara keseluruhan.

2.     Gymnastic
Merupakan klub olahraga yang dirancang untuk bayi, anak-anak, dan remaja berusia 6 bulan hingga 16 tahun.
Di sini anak ditekankan untuk belajar kerja secara tim, keterampilan komunikasi, dan tentu saja fisik anakpun menjadi bugar karena banyak menggerakkan fisik. Bukankah di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat?

3.     Fun & Creative
Setelah kegiatan belajar, di sini disediakan fasilitas untuk anak-anak mengikuti ekskul. Seperti kesenian dan kerajinan tangan, belajar alquran untuk yang muslim, music, dll.

Selain itu akan ada kunjungan lapangan 2x setiap tahunnya. Masih ada Summer Camp, Birtday Party bagi anak yang ingin merayakan ulang tahunnya bersama teman-temannya di sekolah.

 
Di Kids Republic ini tersedia 6 kelas:
1.     Infants, untuk anak usia 6-24 bulan
2.      Mayor, untuk anak usia 2-3 tahun
3.     Governor, untuk anak usia 3-4 tahun
4.     Minister, anak dengan usia 4-5 tahun
5.     President, anak dengan usia 5-6 tahun
6.     Academy, untuk anak usia 6-16 tahun.

Perihal pengajar dan penunjang belajar mengajar di sini juga pastinya sudah terjamin. Apalagi untuk guru dan pendampingnya tidak asal saja. Mereka telah dibekali berbagai pengetahuan, dan bahkan masih ada training tiap beberapa bulan sekali. Keren kan yaa?



Kids Republic Bekasi Center

Nah buat Ayah Bunda yang ada di Bekasi, sekarang ga perlu khawatir tidak terjangkau tempatnya. Ngga perlu jauh-jauh ke Cipinang Karena sekarang Kids Republic sudah ada di Bekasi. Tepatnya di ; 
 
Jl.Pulo Sirih Barat, Ruko Arcadia
Blok Bd 111, 112, 115
Grand Galaxy City, Bekasi.

Lokasinya cukup asri dan mudah dicapai. Di sini kita tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang lalu lalang, karena lokasinya bersebrangan dengan danau. Menurut saya keadaan seperti ini nantinya dapat menunjang proses belajar si kecil.
Oya, karena cabangnya baru buka, maka dalam rangka penerimaan siswa baru kali ini diberikan beberapa promo menarik lho. Seperti potongan biaya masuk, dan lainnya.

So, Ayah Bunda jangan sampai salah lah ya dalam memilih lembaga pendidikan yang tepat buat buah hatinya. Pastikan kegiatan yang ditawarkan lembaga pilihan kita itu tidak hanya menunjang anak secara akademis, tapi juga mendorong mereka untuk hidup bersosial dengan baik. Sebab apalah gunanya cerdas secara akademis jika attitudenya tidak terpuji. Ya kan?



Untuk informasi lebih lengkap tentang Kids Republic, Ayah Bunda bisa cek di websitenya langsung atau media sosial seperti instagram Kids Republic ya..


Website : www.kidsrepublic.sch.id
Email : info@kidsrepublic.sch.id
Facebook : Kids Republic School
Instagram : @KidsRepublicSchool atau  @KidsRepublicCenterBekasi
Youtube : Kids Republic School
Telp: 021-29827245 atau 0821 200 77 600

22 komentar

  1. Sekolahan terbaik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat si kecil pastinya harus yg terbaik dong yaa

      Hapus
  2. Wah fasilitas dan material belajarnya lengkap bgt ya mb,semoga buka cabang lagi nih di sekitar Jakbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap banget Bund. Jempol banget niih

      Hapus
  3. Beberapa waktu yang lalu, aku juga lagi cari2 buat playground si Key Mba, begitu ada yg cocok eh sudah full quotanya. Menurutku penerapan materi belajar diKids Republic ini termasuk oke, tapi sayang lokasinya jauh.

    BalasHapus
  4. Wah si Dedek nanti dimasukin ke Kids Republic nih. Mama nabung dulu ya. Bagus pakai metodd montessori.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metodenya keren banget sih ya menurutku. Lebih ke character building si anak yang ditonjolkan

      Hapus
  5. Ya ampun fasilitasnya keren banget, tapi harganya pasti nggak akan bohong ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada harga pasti ada kwalitas sih ya mba. Hihhi

      Hapus
  6. Ya ampun fasilitasnya keren banget, tapi harganya pasti nggak akan bohong ya mba

    BalasHapus
  7. Wahh..kelasnya lengkap ya, muali dari usia 6 bulan sampai 16 tahun. Bisa jadi alternatif institusi pendidikan bagi yang membutuhkan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mba. Solusi banget ini mah buat emak2 macam kuta ini

      Hapus
  8. aih kok lucu bangeeet. kayaknya seru ya sekolah dan metodenya juga. sayang jauh. bakalan buka lagi di tempat lain ga ya? mupeng nih emaknya hahaha

    BalasHapus
  9. Pra sekolah yg menarik konsepnya, membentuk dan mendidik karakter anak dgn lebih mendalam. Bukan cuma skill tp juga attitude

    BalasHapus
  10. Boleh banget ini sekolahnya buat anak ya. Sesuailah harga sama fasilitasnya

    BalasHapus
  11. Aku udh main main kesana loh. Emang keren sih ini sekolah. Pendidikan anak itu emang ga boleh main main ya bun

    BalasHapus
  12. Kids Republik. Baru tahu nih. Sayangnya jauh dari Lokasi aku. Cocok buat yang tinggal di seputar Bekasi ya

    BalasHapus
  13. Wah serius ini ada yang di Cipinang? Cari info ah trial class-nya. Soalnya aku berminat dengan metode montessori.

    BalasHapus
  14. Tempatnya bqgus banget mbak. Sayang jauh ya, pengen masukin abhi nih

    BalasHapus
  15. karena program yang ditawarkan bagus jadinya banyak banget peminatnya ya

    BalasHapus
  16. Menunggu kadang anak suka rewel, nangis. Pendidikan dari kecil bikin terbiasa ketika dewasa

    BalasHapus

Harap tinggalkan komentar yang relevan ya teman-teman^^